Penyebab Mesin Mati Saat Lepas Gas

Diposting pada

Penyebab Mesin Mati Saat Lepas Gas – Terkait mengenai topik yang akan kita bahas dalam artikel ini ialah merujukterhadap yang menjadi faktor penyebab mesin mati pada saat gas dikurangi.

Pernahkah Anda mengalami hal yang seperti ini, jika Anda pernah mengalaminya, maka kalian bisa menyimak ulasan yang ada di bawah ini.

Namun biasanya berbagai perkara seperti ini erat kaitannya dengan adanya masalah pada karburator motor anda atau bagian gas lainnya.

Nah di bawah ini sudah hargaindo.com sediakan beberapa informasi terkait permasalahan mengenai penyebab motor mati pada saat gas dikurangi, simak ulasannya sebagai berikut

Penyebab Mesin Mati Saat Lepas Gas

Penyebab Mesin Mati Saat Lepas Gas
Penyebab Mesin Mati Saat Lepas Gas

Biasanya kondisi seperti ini kerap terjadi pada sepeda motor yang masih menerapkan sistem karburator karena pasokan bensinnya masih dilakukan dengan cara konvensional.

Sementara untuk sistem berbasis komputer sudah diterapkan untuk jenis mesin motor injeksi untuk memasok bensin, tampaknya masalah seperti ini jarang terjadi:

Nah sejumlah hal yang mengakibatkan mesin mati ketika gas dimatikan, antara lain;

Setelan Karburator Yang Kurang Tepat

Dalam hal ini terdapat dua sekrup untuk mengatur karburator, yang pertama ialah sebuah sekrup yang berperan untuk menyesuaikan katup gas. Sedangkan yang kedua ialah sekrup guna menyesuaikan pasokan gas ke minimum.

Selain itu pada sekrup yang pertama berperan guna mengatur katup gas akan menyesuaikan ukuran angin dari filter yang akan masuk ke mesin. Pada saat sekrup ini disetel kencang, maka akan membuat katup gas akan terbuka lebih banyak.

Dengan hal ini sehingga dapat memicu lebih banyak angin yang masuk sehingga mesin idle lebih cepat naik.

Baca Juga :  10 Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Soak, Rusak, atau Mati Paling Ampuh

Namun apabila bagian ini dikendorkan, tentu saja hal tersebut akan membuat katup gas menjadi semakin tertutup sehingga mengakibatkan penurunan terhadap kecepatan mesin ke minimum.

Sedangkan pada sekrup yang kedua yang berperan untuk mengatur volume bensin bekerja dengan menggunakan ruang kosong di pilot jet.

Pilot jet ialah merupakan sebuah saluran yang dimanfaatkan guna mendistribusikan bensin dari tangki Karbu ke intake manifold pada ketika idle. Namun apabila dilonggarkan, maka akan terdapat lebih banyak pasokan gas oleh sebab kesenjangan pilot jet.

Kemudian apabila setelan sekrup karbu penerapannya kurang tepat, seperti apabila ukuran sekrup pilot jet terlalu kecil maka hal tersebut akan menyebabkan kekurangan bensin karena disebabkan kadar bensin yang lebih sedikit dari pada biasanya.

Sehingga akhirnya menyebabkan kondisi mesin akan sangat susah hidup di RPM idle.
Namun kondisi mesin masih akan tetap dapat dihidupkan dengan diiringi penarikan gas, hal tersebut bisa terjadi karena disebabkan terdapat saluran lagi yang disebut dengan main jet yang merupakan salah satu saluran yang berperan guna menyuplai bensin yang diperoleh dari mangkuk karbu ke intake manifold pada ketika katup gas terbuka.

Namun walapun begitu, pada saat gas kembali dilepas, maka secara otomatis katup gas akan menjadi tertutup dan main jet akan kembali tidak aktif lagi. Hal ini disebabkan karena akan membuat mesin mati kembali karena pensuplaian bensin dari pilot jet masih belum maksimal.

Kerusakan Pada Koil

Yang menjadi faktor selanjutnya adalah bahwa hal itu juga dapat disebabkan oleh kerusakan pada koil. Yang seperti kita ketahui bahwa koil memiliki fungsi untuk meningkatkan arus listrik melalui baterai yang hanya 12 volt meningkat menjadi ribuan volt.

Baca Juga :  Busi Iridium : Pengertian, Keunggulan dan Kelemahannya

Nah, biasanya penyebab mesin yang terkadang sering mati juga bisa disebabkan oleh koil yang tidak berfungsi dengan baik. Jadi salah satu cara untuk melupakannya adalah dengan mengganti kumparan dengan yang baru.

Pilot Jet Mampet

Faktor penyebab selanjutnya ialah karena disebabkan adanya yang menghalangi pilot jet.

Nah untuk problem yang sebelumnya, itu masih dapat diselesaikan dengan mudah jika Anda melakukan reset karetting.

Tetapi untuk masalah ini, tidak peduli betapa sulitnya mengatur karbu, masalahnya tidak hilang: alasannya adalah bahwa penyebab masalahnya bukan berasal dari jas karbu tetapi dari pilot jet karbu.

Dimana pada saat pilot jet terhalang, tentu hal tersebut akan mengakibatkan pilot jet berkurang bahkan jika sekrup pilot jet telah dilonggarkan sehingga pasokan bahan bakar masih tidak memadai.

Karburator Kemasukan Air

Kemudian yang menjadi penyeba selanjutnya ialah karena Air dan bensin yang saling bercampur, meskipun kedua merupakan suatu cairan akan tetapi memiliki jenis yang sangat berbeda.

Dimana Bensin ialah menjadi sebuah sumber yang berperan untuk menyalakan api, sedangkan air bisa membuat api menjadi padam/mati.

Maka pada saat ada air masuk ke karbu, maka nantinya air tersebut akan ikut terserap masuk ke dalam intake manifold dengan melewati jet utama sehingga akan menyebabkan mesin mati.

Namun bukan hanya itu saja, yang mana apabila gas mesin kembali diturunkan ke minimum, maka hal itu juga akan membuat mesin akan menjadi cenderung mati, hal itu disebabkan karena cairan yang keluar dari pilot jet tersebut merupakan hasil campuran air dan bensin sehingga akhirnya hanya sedikit bensin yang disuplay.

Busi ( Spark Plug )

Yang menjadi Alasan selanjutnya ialah disebabkan oleh komposisi busi. Busi aus atau usang tentu akan mempengaruhi kinerja kendaraan Anda.

Baca Juga :  Penyebab Busi Motor Cepat Mati

Umumnya, busi aus ketika bensin diterapkan ke mesin yang sering menemui hambatan. Salah satunya adalah bahwa setelah waktu mulai atau “berhenti” setelah mereka mulai, kendaraan tidak mau terbakar.

Selain itu, situasi konsumsi busi menyebabkan mesin tiba-tiba mati ketika jumlah bensin di motor anda berkurang. Ini karena busi pada kendaraan tidak berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi Mesin Mati Saat Lepas Gas

Ketika anda menemui masalah diatas, maka anda bisa lakukan hal ini ;

  • Pertama, masukkan dua baut karburator terlebih dahulu untuk menghidupkan mesin dan tahan gas untuk mencegah mesin mati.
  • Kemudian kencangkan sekrup udara / angin sekitar 2-3 putaran sehingga mesin tidak berhenti bahkan jika udara tidak tertahan.
  • Selanjutnya Longgarkan sekrup jet dan kecepatan engine meningkat.
  • Kemudian longgarkan sekrup hingga putaran mesin sekitar 1.000 rpm.

Tetapi jika solusi di atas tidak membuahkan hasil, ada kemungkinan pilot jet tersumbat atau memiliki air di karbu. Jika sepeda motor Anda sebelumnya telah hujan atau dicuci, karburator dengan air kemungkinan besar menjadi penyebabnya.

Masalah jet atau pilot Karbu-Jet yang terendam dalam air harus dihilangkan untuk pembersihan. Jika Anda merasa ini terlalu rumit, Anda dapat menghubungi bengkel terpercaya Anda.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :