Indikator Bensin Motor

Diposting pada

Indikator Bensin Motor – Apa penyebab dari alat pengukur / yang biasa dikenal dengan indikator bahan bakar yang rusak, bahkan mengalami kematian?

Dimana seperti yang kita ketahui bersama komponen yang satu ini merupakan alat pengukur bensin yang sangat diperlukan untuk pengguna sepeda motor.

Berkat alat ini, kita tidak perlu khawatir tentang membuka tangki bahan bakar lebih awal untuk mengetahui berapa banyak volume yang tersisa.

Dengan hanya mengamati posisi jarum pada indikator, kita dapat segera menentukan apakah bensin di dalam kendaraan masih penuh, bagus atau bensin di dalamnya sudah habis/ kosong.

Masalah ini terjadi dimana pada saat alat pengukur gas / indikator sudah tidak lagi berfungsi dengan baik.

Dimana biasanya Posisi dari pada jarum penunjuk selalu menunjuk ke E (kosong) ketika bahan bakar hampir habis, tetapi sebaliknya masih setengah antara kosong dan penuh.

Kita yang tidak tahu bahwa indikatornya rusak segera percaya. Akibatnya, mesin tiba-tiba berhenti di tengah perjalanan dan tidak mungkin untuk menyalakannya kembali karena tidak ada bahan bakar.

Dalam hal ini untungnya, jika Anda segera menyadari bahwa alat pengukur bahan bakar rusak, maka dengan demikian Anda bisa dengan segera mengantisipasi terjadinya hal tersebut tepat waktu.

Penyebab Indikator Mengalami Masalah

Indikator Bensin Motor
Indikator Bensin Motor

Aki yang Drop

Perhatikan bahwa sebagian besar indikator bensin memerlukan arus searah (DC). Sumber energi ini diperoleh dari baterai.

Jika baterai rusak, aus atau jatuh, indikatornya praktis tidak menyala. Namun, ada juga display yang menggunakan listrik dari koil penerangan.

Baca Juga :  Harga Ban Tubeless Motor Matic Terbaik dan Termurah

Pelampung Bermasalah

Salah satu bagian dari indikator yang berkaitan secara langsung dengan bensin adalah pelampung. Di bagian ini volume bahan bakar ditentukan dan data dikirim ke jarum.

Apabila anda ingin melakukan pengecekan pada bagian ini, pertama-tama Anda dapat melepaskan jack kabel mengambang dan kemudian melompat soket dengan menghubungkannya ke kabel. Jika penunjuk bergerak, perenang dalam kesulitan.

Skema Listrik Terputus

Untuk mengatur perutean kabel, pengukur bahan bakar dilengkapi dengan saluran kabel.

Kegagalan salah satu dari jalur ini menyebabkan kegagalan sistem kelistrikan sebagaimana mestinya.

Tidak ada arus listrik yang diterima dari jarum penunjuk. Inilah yang membuat jarum tidak bergerak.

Spedometer Error

Komponen lain yang mempengaruhi kinerja indikator/ alat pengukur bahan bakar adalah speedometer.

Walaupun jarang sekali terjadi, namun adanya kerusakan pada bagian ini merupakan hal yang sangat menyulitkan karena sangat tidak mungkin untuk diperbaiki lagi.

Anda dapat memeriksa bagian ini dengan melepas cup speedometer dan komponen-komponennya. Kemudian periksa kondisinya dengan perangkat pengukur AVO.

Cara Memperbaiki Indikator Bensin Yang Mati

Pertama, Anda perlu memeriksa terlebih dahulu apa yang menjadi faktor penyebab indikator besin motor anda rusak/mati. Nah akan saya jelaskan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Buka soket yang terletak di tangki bensin.
  • Atur kontak dalam posisi ON.
  • Ambil kabel dan colokkan dua kabel ke dalam soket.
  • Periksa apakah layar bergerak atau tidak.
  • Kalau tidak, ada kemungkinan kerusakan bukan pada pelampung tetapi pada kabel atau speedometer. Pertama coba periksa kabelnya.
  • Jika indikator bergerak, itu adalah pelampung. Lakukan perbaikan pada pelampung. begini caranya.

Cara Memperbaiki Pelampung Indikator Bensin

Jika pengukur bensin mengambang atau rusak, Anda dapat dengan mudah memperbaikinya. Anda dapat membelinya di toko atau jika Anda ingin memperbaikinya, lakukan hal berikut:

  • Pertama anda bisa membuka pelampung indikator level bensin.
  • Setelah dibuka, lepaskan spi yang memegang kawat pelampung. dan cabut kabel pelampung.
  • Kemudian Anda akan melihat tab kabel tembaga yang terhubung ke pelampung. Bahasa ini biasanya dipakai, yang berarti bahwa tidak ada serangan yang dilakukan. Anda dapat melipatnya kembali untuk memasangnya, atau Anda dapat menambahkannya dengan timah dilas. Maaf, saya lupa memotret. Anda mungkin tahu bahwa tidak ada bahasa lain karena biasanya hanya ada satu.
  • Pasang kembali kabel pelampung dan soketnya.
  • Kemudian gerakan ke atas dan ke arah bawah. Apabila indikator tersebut bergerak, itu artinya Anda sudah berhasil memperbaikinya.
  • Kemudian yang terakhir, masukkan kembali indikator float ke dalam tangki.
Baca Juga :  Penyebab Busi Motor Cepat Mati

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkait pembahasan mengenai indikator bensin motor, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca juga :