Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras

Diposting pada

Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras – Suspensi menjadi sangat keras seolah merupakan sebuah penyakit yang sering dialami oleh para pengguna kendaraan roda dua.

Apalagi pada jenis kendaraan yang dikendarai memang telah mempunyai umur/ sedikit jadul.

Shockbreaker depan pada kendaraan anda menjadi keras bukan karena disebabkan oleh adanya kesalahan terhadap penggunaannya, akan tetapi hal tersebut bisa disebabkan karena berbagai faktor.

Nah di dalam artikel kali ini hargaindo.com akan sedikit memberikan sebuah tips tentang Cara untuk Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras.

Apabila Shocbreaker bagian depan motor anda keras, hal tersebut dapat karena disebabkan oleh sejumlah faktor seperti bisa karena disebabkan oleh oli shock mungkin sudah menjadi kental, kemudai as shock bagian depan sudah bengkok atau per shock yang ada di dalamnya sudah tidak bekerja dengan baik.

Akan tetapi apabila sobat ingin memperbaiki shock depan yang keras maka hal tersebut memerlukan biaya dan juga ketelitian dalam pemasangannya.

Kemudian untuk takaran mengenai ukuran olinya sendiri pengisiannya musti sesuai, apabila tidak maka akan mengakibatkan shock akan menjadi pincang.

3 Penyebab Shockbreaker Depan Keras

Cara Memperbaiki Shockberaker Depan Keras
Cara Memperbaiki Shockberaker Depan Keras

Di bawah ini terdapat beberapa penjelasan mengenai hal yang dapat menyebabkan mengapa shockbreaker depan bisa menjadi keras, berikut ulasannya :

Minyak Pelumas Shockbreaker Terlalu Banyak

Dalam hal ini apabila minyak pelumas yang terdapat di dalam tabung shock tersebut terlalu berlebihan dari batas yang sudah ditentukan/kebanyakan, maka hal tersebut akan menyebabkan Shockbreaker Depan akan menjadi bantat dan.

Baca Juga :  Cara Memasang Lampu HID Motor

Kemudian ada hal yang harus sobat ketahui, bahwa shockbeker pada kendaraan akan dapat bekerja dengan baik apabila pengisian pelumas didalam tabungnya terisi dengan pas, yakni tidak kurang ataupun berlebihan.

Sebab apabila pengisian pelumas pada tabung shock tidak memenuhi kebutuhannya atau terlalu sedikit, maka akan mengakibatkan shock tersebut akan menjadi sangat lembek.

Minyak Pelumas Shockbreaker Terlalu Kental

Kemudian setelah sudah mengetahui kapasitas yang sesuai untuk takaran minyak pelumas pada tabung shock.

Maka faktor penyebab Shockbreaker Depan Keras selanjutnya ialah biasanya karena disebabkan menggunakan jenis minyak yang terlalu kental.

Sebab apabila sobat menggunakan pelumas yang terlalu kental, maka hal terseut akan membuat proses pergerakan pada suspensi akan menjadi semakai berat sehingga akhirnya membuat shockbeker menjadi sangat keras.

Garpu Suspensi Bengkok

Kemudian yang menjadi faktor penyebab Shockbreaker Depan Keras selanjutnya ialah karena disebabkan adanya kebengkokan yang terjadi dibagian garpu suspensi.

Dengan terjadinya pembengkokan pada Garpu shockbeker, maka hal tersebut akan menimbulkan proses pergerakan suspensi akan menjadi tidak optimal ketika terjadinya tekanan naik/turun yang berlangsung di dalam tabung suspensi.

Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras

  • Cara Yang bisa sobat sekalian lakukan untuk memperbaiki Shockbreaker yang keras yang disebabkan karena garpu suspensi bengkok ialah dengan cara melakukan pengepresan pada garpu suspensi tersebut supaya bisa kembalui lurus. Namun apabila sobat mempunyai budget yang lebih, maka sobat dapat menggantinya dengan yang baru supaya motor bisa nyaman untuk dikendarai.
  • Kemudian Cara selanjutnya apabila Shockbreaker bagian depan bantat/keras yang disebabkan karena penggunaan minyak pelumas yang terlalu kental ialah sobat bisa dengan cara mengganti minyak tersebut dengan pelumas yang sudah direkomendasikan dari pabrikan.
  • Kemudian cara untuk memperbaiki Shockbreaker selanjutnya yang disebabkan oleh kapasitas minyak pelumas suspensi yang berlebihan ialah dapat sobat lakukan dengan cara mengganti pelumas yang baru, namun harus diingat, pada saat sobat ingin mengisi minyak pelumas kedalam tabung shockbreaker maka takarannya harus pas, jangan sampai kurang ataupun berlebihan.
Baca Juga :  Memahami Fungsi Oli Gardan dan Cara Menggantinya

Volume Oli Shockbreaker Depan

Volume Oli Shock Depan Honda

GRAND52 ML
SUPRA  X/FIT64 ML
KARISMA68ML
KIRANA70ML
VARIO75ML
GL 100/ GL 12580ML
WIN81ML
GL PRO/ MAX157ML
MEGA PRO159ML
NEW MEGA PRO163ML
TIGER126ML
NEW TIGER135ML
CS 154.5ML
BEAT76ML
BLADE65.5ML
NEW REVO 11065.5ML

Volume Oli Shock Depan Yamaha

Vega R61 ml
Vega ZR67 ml
Jupiter Z61 ml
Jupiter MX64 ml
Vixion230 ml
Scorpio spoke252 ml
Scorpio CW244 ml
RX king177 ml
Mio Soul / Mio53 ml
New Mio60 ml
Nouvo63 ml

Volume Oli Shock Depan Suzuki

Shogun 125 / F1 / Smash51 ml
Spin / Skywive / Skydrive55 ml
Satria F103,5 ml
Thunder 125150 ml
Thunder 250250 ml

Volume Oli Shock Depan Kawasaki

Blitz52,7 ml
Kaza52,3 ml
Kaze ZR64 ml
Ninja 250310 ml
BAJAJ
Pulsar 180145 ml
Pulsar 200165 ml
XCD 125145 ml

Demikianlah pembahasan yang bisa hargaindo.com sampaikan mengenai Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Keras, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga :