Cara Setel Klep Satria Fu

Diposting pada

Cara Setel Klep Satria Fu – Halo sob.! Salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan performa motor adalah dengan cara melakukan penyetelan terhadap klep.

Dengan menerapkan cara ini merupakan sebuah metode yang sangat efektif agar dapat mengatasi motor karburtor yang kurang bertenaga.

Sebab dengan melakukan penyetelan pada klep motor, maka hal tersebut bisa membantu dalam mengatur campuran gas yang berasal dari karburator supaya bisa masuk dengan sempurna ke ruang pembakaran mesin.

Selain itu klep sendiri hampir sama peranannya dengan katup (Intake). Yang mana pada komponen tersebut memiliki fungsi guna mengatur masuknya campuran udara bersamaan dengan bahan bakar menuju ke mesin.

Maka jika setelan klep kurang sesuai, tentu saja hal itu akan mengakibatkan performa pada motor menjadi tidak optimal dan menjadi seperti loyo pada saat berakselerasi.

Apabila kita perhatikan yang mana klep pada mesin motor memiliki ukuran yang besar. Namun Meski begitu, klep sangat memengaruhi kinerja mesin motor.

Konsekuensinya, pemasangan klep harus benar-benar sesuai dengan standar pabrik. Posisinya tidak terlalu lunak atau terlalu sempit.

Jika Anda salah mengatur klep mesin motor, semua orang harus menerima konsekuensi sebagai berikut.

Cara Setel Klep Satria Fu
Cara Setel Klep Satria Fu

Akibat Jarak Klep Berlebihan Renggang 

  • Ini akan membuat tarikan mesin menjadi tidak bertenaga ketika berakselerasi
  • Keadaan mesin akan menjadi cepat panas
  • Kondisi mesin motor akan sedikit sulit untuk dihidupkan atau distarter
  • Mesin motor akan mengeluarkan bunyi ngelitik pada saat motor dinyalakan
  • Idle mesin motor jadi terganggu

Jika selama ini semua orang merasa bahwa mesin motor bertenaga kecil, meskipun telah menarik gas kuat- kuat, kemungkinan besar disebabkan oleh jarak klep yang berlebihan. Lebih buruk lagi, mesin terlalu panas dan suara menggelitik sangat mengganggu.

Baca Juga :  Penyebab Lampu Indikator Injeksi Vixion Menyala Terus

Akibat Jarak Klep Terlalu Rapat

  • Kompresi mesin berkurang karena kebocoran
  • Mesin motor menjadi boros bahan bakar
  • Mesin motor sulit untuk dinyalakan
  • Performa mesin motor akan berkurang secara signifikan sehingga gaya tarikan mesin lambat dan kurang bertenaga
  • Mesin motor tidak bisa idle

Konsekuensi paling serius dari penyegelan klep yang berlebihan adalah konsumsi BBM yang menjadi sangat mahal.

Mesin motor juga menjadi susah untuk dinyalakan, dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Agar tidak mencoba ini, perlu mengatur ulang klep motor.

Untuk menyesuaikan klep mesin motor, kita harus memperhatikan ruang di antara klep.

Ukuran jarak antara klep setiap mesin motor berbeda, tetapi secara umum memiliki jarak antara klep 0,05 mm.

Ini tidak sama jika semua orang menyesuaikan klep mesin motor Yamaha, karena mesin Yamaha memiliki penurunan klep dalam jarak 0,07mm.

Sebelum menyesuaikan klep mesin motor, pastikan Anda tahu semua ruang kosong yang benar.

Akan sia-sia jika kita menyesuaikan diri dengan sembrono, karena posisinya bisa menjadi pertemuan yang terlalu renggang atau berlebihan.

Selain itu, Anda semua juga diharuskan menyiapkan alat untuk menyesuaikan klep mesin motor. Adapun alat, lihat di bawah.

Alat Yang Dibutuhkan Untuk Setel Klep Motor

Alat Yang Dibutuhkan Untuk Setel Klep Motor

  • Feeler Gauge / Pengukur Perasa
  • Obeng kembang
  • Kunci sock
  • Kunci klep sepeda motor
  • Obeng minus
  • Kunci ring 18

Untuk menyesuaikan klep, kita harus memiliki semua alat di atas. Alat yang dibutuhkan tidak asal- asalan saja, karena harus ada Feeler gauge yang berfungsi seperti pengukur setelah klep.

Selain itu, kami juga membutuhkan kunci pas khusus untuk menyesuaikan klep mesin motor.

Untuk beberapa sepeda motor seperti Honda GL, kunci ring 8mm dan kunci 10mm juga diperlukan. Kecuali itu, kita diharuskan menyiapkan kunci sock untuk menyesuaikan ukuran klep dengan baut pada as magnet.

Baca Juga :  Penyebab Mesin Mati Saat Lepas Gas

Sekarang setelah menyiapkan semua alat yang disebutkan di atas, dan seterusnya kita mulai menyesuaikan klep mesin motor.

Cara Menyetel Klep Satria Fu 150

Berikut adalah langkah-langkah tentang bagaimana menyesuaikan ruang antara klep di mesin motor Suzuki Satria fu 150, untuk lebih jelasnya, lihat deskripsi di bawah ini.

  • Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah melepas penutup silinder terlebih dahulu dengan melepas 4 baut.
  • Kemudian langkah selanjutnya adalah memposisikan piston di posisi titik mati atas (TMA) dan dalam kondisi kompresi yang ditandai dengan kedua katup dalam kondisi bebas dan dikonfirmasi juga di lubang blok magnet tepat di T tanda.
  • Setelah menyelesaikan penyesuaian piston di TMA, kami sekarang menyiapkan alat yang disebut feeler gauge dan mengukur ruang katup dengan memasukkannya di bawah poros cam shaft (noken as).
  • Pada katup Suzuki Satria, jarak antara katup adalah 0,1 hingga 0,2 mm dan untuk ukuran katup IN. Sedangkan katup EX berukuran 0,2 hingga 0,3 mm (posisi dingin motor).
  • Jika Anda menemukan ruang yang tidak sesuai, Anda dapat melepaskan rumah shim dan Noken asnya, memperhatikan angka-angka yang ada di shim dan menggantinya dengan dimensi yang sesuai.
  • Sebagai contoh: ruang diukur pada 0,05 sedangkan ukuran standar adalah 0,1 dan shim yang digunakan adalah 1,80, oleh karena itu ruang tersebut adalah 0,1 mm, sehingga shimnya dirubah menjadi dimensi 1,75.

Demikianlah pembahasan yang bisa hargaindo.com paparkan kali ini mengenai semoga ulasan kali ini bisa memberi banyak manfaat untuk sobat semua.

Baca Juga :