Cara Memperbesar Pengapian Motor

Diposting pada

Cara Memperbesar Pengapian Motor – Nah bagi sobat semua yang menginginkan agar kendaraan motornya bisa mengahsilkan tenaga yang maksimal, ada satu cara yang dapat sobat lakukan sehingga dapat meningkatkan performa kecepatan pada sepeda motor yang sobat miliki.

Dalam hal ini yang perlu sobat lakukan ialah dengan cara meningkatkan/memperbesar pengapian pada busi.

Yang mana apabila pengapian -pada busi lebih ditingkatkan maka tentunya hal tersebut akan membuat bahan bakar yang dikeluarkan akan menjadi lebih optimal tanpa hambatan, kemudian tenaga yang akan dihasilkan akan semakin menjadi lebih besar.

Cara Memperbesar Pengapian Motor
Cara Memperbesar Pengapian Motor

Nah di bawah ini terdapat beberapa cara yang dapat sobat sekalian lakukan untuk meningkatkan kecepatan pada kendaraan motor sobat dirumah, simak ulasannya sebagai berikut.

Cara Memperbesar Dengan Menggunakan Groud Strap

Cara yang dilakukan untuk memperbesar pengapian yang seperti ini ialah merupakan teknik agar dapat lebih memaksimalkan kerja coil.

Adapun tujuan menggunakan cara Groud Strap sendiri ialah agar dapat meredam distorsi dan juga frekuensi liar yang berlangsung pada kabel busi.

Selain itu seperti yang kita ketahui bahwa aliran listrik yang berlangsung pada kabel busi yang diperoleh dari coil sendiri memiliki teganggan yang sangat tinggi.

Nah bagi sobat hargaindo.com yang ingin mencoba cara ini, maka hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu adalah, isolasi dan juga kabel tembaga.

Cara Memperbesar Pengapian Motor
Cara Memperbesar Pengapian Motor

Berikut beberapa langkah yang dapat kalian lakukan, seperti yang ada di bawah ini.

  • Tips yang utama ialah bukalah terlebih dahulu bagian sisi koil.
  • Kemudian kocek/kupas bagian pembungkus kabel tembaga jika kondisi kabel tembaga tersebut memang masih terbungkus.
  • Selanjutnya lilitlah alur kabel tembaga di kabel busi hingga rapat.
  • Kemudian salah satu bagian ujungnya bentuk terlebih dahulu untuk dudukan koil nantinya.
  • Sedangkan pada bagian ujung yang satu lagi harus beri jarak dan jangan sampai terlalu rapat terhadap kabel busi.
  • Setelah langkah diatas sudah dikerjakan, maka selanjutnya ialah bungkus kembali kabel busi yang sudah dililitkan oleh tembaga tersebut dengan menggunakan isolasi.
Baca Juga :  Penyebab Oli Keluar Dari Selang Pernafasan Mesin

Cara Memperbesar Pengapian Coil

Untuk melankukan langkah ini maka kita bisa mengambil contoh CDI dari motor RX-King yang mana terdapat suatu rangkaian kabel CDI yang dialiri oleh arus listrik dan menuju ke bagian coil. 

Namun pada Arus dari CDI yang menuju ke coil tersebut akan dikirim terlebih dahulu menuju kebagian kaki negatif kapasitor.

Namun untuk kaki yang positif dari pada kapasitor tersebut akan terus melanjutkan arus yang telah diperoleh sebelumnya dari kapasitor pada coil.

  • Pada kendaraan motor RX-King, pada umumnya warna kabel yang mengaliri arus dari CDI ke Coil itu biasanya berwarna Orange.
  • Kemudian sobat dapat mengubah arus dari kabel CDI yang mengalir menuju ke Coil, dengan kaki kapasitor yang negatif.
  • Namun terhadap kapasitor yang mempunyai kaki positif maka sobat bisa lanjut meneruskan agar bisa langsung menuju ke coil.

Cara ini tidaklah begitu sulit sedangkan cara untuk menghubungkan arusnya, sobat dapat langsung memotong kabel orange.

Selanjutnya akan langsung dihubungkan pada kaki negatif kapasitor, atau sobat juga dapat cukup menyoket sedikit kabel orange tersebut yang masih terhubung pada coil.

Cara Memperbesar Pengapian Motor dengan Kapasitor

Cara Memperbesar Pengapian Motor
Cara Memperbesar Pengapian Motor

Apa yang dimaksud dengan Kapasitor ? yakni merupakan suatu piranti elektronik yang biasanya kipasitor ini selalu terdapat pada setiap perangkat elektronik seperti misalnya TV, radio, tape sdan lain sebagainya.

Kemudian kapasitor sendiri memiliki ukuran yang sedang dan juga memilki dua kaki sebagai penyanggahnya yang melekat dipapan komponen yang unkuran kakinya tidak sama.

Dimana pada bagian kaki yang panjang dilambangkan dengan tanda (+) sedangkan pada kaki yang pendek dan konkret bersimbolkan (-) negatif. Nah, untuk memasang kapasitor ini juga merupakan hal yang sangat mudah.

Baca Juga :  Cara Mengecat Motor Dengan Pilox

Selai itu harga dari kapasitor sendiri dibandrol dengan harga yang cukup murah dan sangat mudah untuk didapatkannya.

Adapun cara yang bisa sobat sekalian lakukan unutk memperbesar pengapian dengan menggunakan kapasitor, ialah sobat hanya cukup menghubungkan kabel dari CDI menuju ke arah kaki yang mengalirkan arus negatif .

Kemudian pada kabel yang satunya lagi dapat sobat hubungkan ke bagian sisi kaki yang mengalirkan arus konkret yang langsung terhubung ke arus sisi koil motor.

Nah apabila kondisi motor anda masih standard jika kalian ingin meningkatkan pengapianya maka kalian cukup tinggal memanfaatkan kapasitor 4,7 uF.

Namun apabila sobat menginginkan tingkat pengapian yang lebih besar, maka sobat bisa memakai kapasitor yang berkapasitas lebih besar bisa menyuplai api yang lebih besar.

Namun dalam hal ini apabila sobat meningkatkan ukuran kapasitor,maka tentunya harus diiringi dengan meningkatkan juga ukuran pada spuyernya, yang mana dalam hal ini bertujuan supaya dapat menghindari piston menjadi bolong karena disebabkan pengapian yang sangat besar.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai cara memperbesar pengapian sepeda motor, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :