Cara Menghilangkan Cat

Diposting pada

Cara Menghilangkan Cat Pada Body Motor Plastik – Seiring berkembangnya zaman banyak sekali berbagai jenis kendaraan sepeda motor yang dimodifikasi dengan menambahkan kesan artistik pada penampilan dan performa pada sebagian kendaraan.

Bahkan perubahan tersebut ada yang hanya sekedar menambahkan aksesoris motor, stiker, kemudian mengganti bahan jok, bahkan hingga mengecat kembali bodi motor agar dapat memiliki penampilan yang menarik dan terlihat seperti baru.

Namun pada beberapa waktu kemudian, ada yang sudah merasa bosan dan ingin mengganti/mengubah warna motornya tersebut menjadi warna dasar yang sebelumnya.

Nah mungkin ada diantara sobat semua yang merasa bingung bagaimana cara menghilangkan sisah cat yang suli dihilangkan dari bodi motor sobat, maka di bawah ini terdapat beberapa cara yang dapat kalian lakukan, berikut ini ulasannya.

Cara Menghilangkan Cat
Cara Menghilangkan Cat

Menggunakan Soda Api

Untuk sobat yang ingin menghilangkan cat pada kendaraan anda, bahan yang bisa kalian pilih ialah dengan menggunakan soda api, yang mana cara ini bisa kalian lakukan dengan sangat mudah.

Selain itu untuk mendapatkan soda api juga kalian bisa membelinya disejumlah toko bangunan yang dibandrol dengan harga yang cukup murah.

Kemudian kalian bisa mendapatkan bahan ini baik dalam bentuk cair dan juga kristal. Namun apabila sobat memilih dalam bentuk yang kristal, maka sobat harus melarutkannya terlebih dahulu dengan menggunakan air.

Dengan Menggunakan Mesin Sander

Kemudian cara yang dapat sobat lakukan untuk menghilangkan cat pada bodi motor selanjutnya ialah dengan menggunakan mesin sander, yakni sobat bisa mengamplas lapisan cat yang terdapat pada body motor atau helm.

Baca Juga :  Penyebab Tarikan Motor Lambat

Cara yang digunakan untuk membersihkan cat pada body motor/helm dengan memakai alat mesin sander ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama sebab sobat perlu mengganti amplasnya apabila permukaannya sudah habis.

Namun menggunakan mesin ini rasanya tidak begitu tepat/ dianggap cocok untuk menghilangkan cat pada body motor atau helm sebab apabila penggunaan mesin ini tidak bisa menjangkau disetiap celah-celah yang sempi.

Terlebih lagi apabila penggunaannya tidak waspada dan berhati-hati, maka hal tersebut dapat mangakibatkan goresan pada body motor/helm yang hendak akan anda cat.

Dengan Menggunakan Bensin

Kemudian cara yang satu ini terbilang sangat mudah dan sangat mujarab yang dapat kalian gunakan untuk membersihkan cat pada bagian body motor/helm bekas pilox.

Nah untuk cara yang dapat kalian lakukan apabila ingin membersihkannya maka hal pertama yang bisa kalian lakukan ialah dengan membersihkan bagian permukaan bodi terlebih dahulu.

Kemudian body/helm itu kalian beri bensin terlebih dahulu, lalu selanjutnya di lap atau bisa dengan memakai sikat.

Apabila permukaan bodi tersebut sudah benar-benar bersih maka selanjutnya kalian bilas dengan memakai kain lap yang halus.

Dengan Menggunakan Compound

Kemudian cara selanjutnya yang mungkin tidak kami rekomendasikan sebab apabila menggunakan cara ini bisa sedkit mengikis lapisan asli body motor/helm.

Namun apabila kalian tetap ingin menggunakannya, maka compound ini bisa kalian dapatkan disejumlah toko bangunan terdekat.

Nah bagi kalian yang mengaplikasikan cara ini yakni pertama persiapkan lap bersih, lalu bersihkan juga permukaan yang ingin kalian compound.

Selanjutnya lap bagian bodi yang sudah kalian compoun hingga cat yang terdapat pada bodi motor/helm benar-benar hilang.

Kemudian setelah itu kalian bilas dengan menggunakan lap bersih hingga benar-benar bersih.

Baca Juga :  Helm Half Face : KYT, INK, NHK Terbaik dan Termurah

Dengan Menggunakan Paint Remover

Kemudian cara selanjutnya yang dapat kalian lakukan apabila ingin menghilangkan cat pada bodi motor ialah kalian bisa menggunakan paint remover.

Nah Untuk mendapatkan produk ini terbilang sangat mudah dan harganyapun sangat terjangkau, kalian dapat memperoleh produk ini di toko bangunan atau ditoko cat terdekat.

Kemudian tentang cara penggunaannya ialah dengan cara kalian usap bagian cat bodi yang ingin dibersihkan dengan menggunakan kuas, lalu kuaskan hingga merata pada bagian bodi atau helm.

Langkah Yang Harus Diperhatikan Dalam Menghilangkan Cat

Di bawah ini terdapat beberapa hal yang harus kalian perhatikan untuk menghilangkan cat yang diantaranya ialah, berikut penjelasannya :

  • Pertama perhatikan terlebih dahulu terhadap bahan apa yang ingin anda bersihkan, kemudian bentuk permukaannya, sebab hal ini bisa sangat memengaruhi proses menanganinya.
  • Kemudian bersihkan /Hilangkan noda cat dengan memakai beberapa cara diatas atau dengan menggunakan bahan kimia lainnya, misalnya saja seperti thinner, aceton atau terpentin. Nah beberapa jenis bahan itu sangat kami rekomendasikan untuk anda oleh sebab bahannya sangat aman.
  • Kemudian upayakan pada saat anda ingin menghilangkan cat dari bahan atau bodi supaya tidak merusak bagian permukaan dari bodi/bahan tersebut.
  • kemudian ada baiknya apabila anda ingin melakukan pembersihan, maka terlebih dahulu buatlah percobaan terlebih dulu sebelum anda benar-benar menggunakan remover untuk membersihkan permukaan yang terkena cat.

Demikianlah yang bisa hargaindo.com sampaikan kali ini mengenai Cara Menghilangkan Cat Pada Body Motor Plastik, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :