Gaji Umr Bengkulu Terbaru

Diposting pada
Gaji Umr Bengkulu Terbaru
Gaji Umr Bengkulu Terbaru

Gaji Umr Bengkulu Terbaru – Pastinya dari kalian sudah ada yang paham bahkan mengetahui tentang Bengkulu, Dan untuk kalian yang belum mengetahui atau yang berada di luar pulau Sumatera tentu tidaknya tidak asing lagi pada nama Bengkulu, maka akan kami akan jelaskan sedikit tentang Bengkulu.

Provinsi Bengkulu sendiri didirikan pada tanggal 18 November 1968 berdasarkan UUD Nomor 9 Tahun 1967 tentang Pembentukan Provinsi Bengkulu. Undang Undang ini kemudian di resmikan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 1968 tentang Berlakunya UUD Nomor 9 Tahun 1967 serta pelaksanaan pemerintahan di Provinsi Bengkulu ini.

Provinsi yang satu ini mempunyai luas wilayah sekitar 19.919,33 Km2 yaitu memiliki jumlah penduduk kurang lebih 1.923.876 Jiwa dan akan makin bertambah pada setiap tahunnya. Untuk Provinsi Bengkulu ini terdapat suku dan keberagaman cukup beraneka yang menjadikan warna – warni tersendiri di wilayah yang satu ini. Suku yang ada  diantaranya adalah Suku Rejang, Suku Melayu Bengkulu, Suku Ketahun, Suku lembak, dan Suku Pasemah. Untuk Provinsi Bengkulu sendiri ini pun berada di Kota Bengkulu yang mana menjadi pusat pemerintahan nya.

Dan untuk Provinsi tersebut pun terdiri dari kurang lebihnya 10 kota dan kabupaten diantaranya yaitu Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara, Kaur, Kepahiang, Lebong, Rejang Lebong, Muko muko, Seluma dan Kota Bengkulu yang menjadi pusat pemerintahan di Provinsi yang satu ini. Dan di setiap kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu ini memiliki seni dan budaya masing masing.

Nah, kalian sudah cukup jelas bukan mengenai provinsi bengkulu ini, Dan kini banyak dari karyawan dan para pekerja masih mencari tahu gaji ataupun upah yang seharusnya mereka,Pada dasarnya inflasi ekonomi yan kian semakin meningkat bila tidak di barengi dengan adanya standarisasi penghasilan makan akan menyebabkan ketimpangan ekonomi.

Yaitu yang menjadikan para pekerjanya selalu meminta atas standarisasi yang seharusnya mereka terima, Apalagi pada saat dalam hari buruh Nasional adalah penghasilan UMR. Untuk disetiap wilayah di Bengkulu mempunyai besaran tertentu untuk upah UMR, termasuk gaji ataupun upah UMR Bengkulu.

Dan untuk gaji minimum di Bengkulu sangat dekat dengan beberapa istilah seperti UMR, dan UMK dan Baik selaku pengusaha ataupun karyawan, tentulah kalian harus memahaminya.

Baca Juga :  Gaji Office Boy

Gaji UMR

Gaji UMR Bengkulu

Yang dimaksud pada Gaji UMR adalah standar minimalnya yang digunakan oleh pemilik usaha dalam menentukan gaji para buruh/pekerja. ditetapkannya UMR berdasarkan alasan adalah untuk menjamin agar para karyawan ataupun pekerja mendapat penghasilan dengan penghasilan yang layak.

Menurut Ketetapan Transmigrasi nomor 7 tahun 2013. Permen itu memaparkan kalau UMR atau Gaji paling minimalnya Regional sudah ditetapkan oleh Gubernur sebagaai pemerintah pengaman dalam lingkup tempat Provinsi, terhitung gaji UMR provinsi Bengkulu.

Menurut pengertiannya dapat kami simpulkan kalau UMR adalah standard gaji minimum pada tingkat provinsi. Dulu aturan ini menjadi panutan atau dasar dalam pengesahan besaran Dalam UUD penghasilan, akan tetapi sejak diresmikan Kepmenaker No 226 Tahun 2000 makna gaji UMR tidak difungsikan kembali.

Gaji UMK

Gaji UMK Bengkulu

Dan untuk Gaji UMK sendiri ialah Upah atau pun gaji minimum yang disahkan di suatu wilayah kota /kabupaten. yang mana berarti untuk UMK merupakan upah bulanan paling rendah yang rinciannya berupa gaji pokok bahkan termasuk tunjangan tetap, yang sudah di sahkan oleh gubernur pada suatu kota/kabupaten.

Komponen UMK itu sendiri terdiri berupa gaji pokok saja, atau upah pokok + tunjangan tetap. yang mana bisa dapat di istilahkan dengan kata lain, UMK penghasilan pokok namun juga tidak.

yang mana itu semua sudah diatur dan di sahkan dalam Kepmenaker No 226 Tahun 2000 dan akhirnya dibuatlah istilah baru sebagai ganti gaji UMR yakni gaji UMK atau Upah Minimum yang berlaku pada suatu daerah Kota maupun Kabupaten.

Bagi kalian yang ingin tahu ataupun kalian yang memang tinggal berada di provinsi bengkulu itu sendiri, pastinya kalian penasaran dan selalu bertanya-tanya berapakah sebenernya gaji di Provinsi Bengkulu ini,

Maka kalian dapat simak langsung di bawah ini daftar upah minimum di Bengkulu dari beberapa tahun terakhir agar kalian mengetahui berapa kenaikan untuk di setiap tahunnya.

Baca Juga :  Gaji Paspampres
No.TahunUMP (Upah Minimum Provinsi)
1.2019Rp 2.040.406
2.2018Rp 1.888.741
3.2017Rp 1.730.000
4.2016Rp 1.605.000
5.2015Rp 1.500.000
6.2014Rp 1.350.000
7.2013Rp 1.200.000
8.2012Rp 930.000
9.2011Rp 815.000
10.2010Rp 780.000
11.2009Rp 727.000
12.2008Rp 690.000

Itulah daftar gaji UMR di Bengkulu, semoga dapat bermanfaat dan berguna buat kalian yang membutuhkan tentang besaran daftar gaji yang ada di UMR di Bengkulu ini.

Perbedaan Gaji UMR Dan UMK

Perbedaan Gaji UMR Dan UMK

Bila kalian secara seksama lihat mengenai banyaknya hal istilah yang mengulas tentang gaji minimum di Bengkulu kerapkali membuat kalian bingung. Karena bila dilihat dari jenis gaji di atas terkesan tidak jauh beda bahkan mirip, agar kalian punmudah membedakannya kalian bisa simak ulasan dari beberapa poin seperti berikut ini:

1. Pihak yang Bertugas Melakukan Penetapan

Bila kalian mencermati lebih jauh dan secara mendalam mengenai perbedaan antara UMR, dan UMK sebenarnya bisa kalian lihat dari beberapa point berikut. Salah satunya adalah berdasarkan pejabat yang memiliki kewenangan untuk mengesahkannya.

Dan pada UU Ketenaga kerjaan No.13 pada Tahun 2003 pun menjelaskan bahwasanya UMR telah di tentukan oleh Menteri dan Komisi Penelitian Pengupahan dan Jaminan Sosial Dewan Daerah. Beda halnya UMR dan UMK yang sudah ditetapkan oleh Gubernur melalui pertimbangan untuk kebutuhan hidup yang layak.

2. Waktu Peninjauan

Maka untuk UMR dan UMK pun dapat dibedakan dengan melalukan tinjauan Hal tersebut pun berdasarkan atas UU Menteri Tenaga Kerja Nomor 226 Tahun 2000 yang mengubah beberapa pasal di dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja No 01.

Dan didalam Undang Undang tersebut, di katakan bahwasanya ada beberapa hal yang membedakan lamanya dari durasi peninjauan yang dilakukan. untuk pengesahan besarnya gaji UMP paling lama 60 hari, beda halnya dengan UMK yang harus disahkan paling lambat 40 hari kerja, walau keduanya sama-sama dilakukan setahun sekali.

3. Masa Pemberlakukan Ketentuan

Seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnnya, karena UMR dan UMK memiliki jangka waktu penetapan yang berbeda. kalian pun bisa menemukan perbedaan dari kedua istilah gaji itu dari mulai pemberlakuan ketetapan untuk hal tersebut.

Baca Juga :  Gaji Pegawai KPK

Maka dapat dikatakan untuk gaji UMP mulai diterapkan secara bersamaan berdasarkan himbauan dari Gubernur tanggal 1 November. Dan berbeda dengan Gaji UMK yang disahkan paling lambat tanggal 21 bulan November.

4. Perhitungan Jumlah Kenaikan

Yang membedakan pada gaji UMR dan UMK itu juga dapat kalian tinjau berdasarkan peninjauan dan perhitungan besaranya nominal kenaikannya. Tentunya dalam hal tersebut dan dibuat dengan banyaknya pertimbangan beberapa hal penting contohnya kebutuhan hidup layak, dan memperhatikan produktivitas hingga pertumbuhan ekonomi.

Dalam UU Ketenagakerjaan disampaikan bahwasanya gaji tersebut pun bakal meningkat pada tiap tahunnya. untuk Jumlah perhitungannya pun mengacu dengan besaran inflasi dan ditambahkannya tingkat pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) dari Badan Pusat Statistik (BPS).

5. Besaran Nominalnya

Yang menjadi pembeda antara gaji UMR dan gaji UMK dapat di lihat pada besarnya nominal yang diberlakukan pada satu daerah tersebut. Sama dengan yang sudah dijelaskan sebelumnya,untuk tiap-tiap wilayah bisa jadi standar minimum gajinya berbeda.

Bila dibandingkan besaran nominal gaji UMK jauh lebih besar dari pada gaji UMP. Pastinya dalam hal tersebut pun dipengaruhi adanya faktor yang dipakai dalam perhitungannya. Karena itu tidak perlu heran jika besarnya nominal standar gaji di Kota atau Kabupaten cukup besar melebihi tingkat Provinsi.

Komponen Perhitungan UMR

Komponen Perhitungan UMR

Pada tiap – tiap kota memiliki nominal minimum yang berbeda-beda, dan untuk Bengkulu sendiri seperti apa kompenan dalam perhitungan UMR tersebut. Dan berikut element yang perlu kalian ketahui mengenai komponen perhitungannya dapat kalian simak sebagai berikut

  • Gaji tanpa Tunjangan

Upah ataupun gaji tanpa tunjangan adalah termasuk beberapa gaji yang diperoleh oleh para pekerja maupun pegawai yang berdasarkan pada model dan serta tingkat kerja dimasa tersebut. yang mana berdasarkan secara umum untuk jumlah upah yang diterima berdasarkan dan tergantung pada perjanjian perusahaan.

  • Gaji pokok termasuk Tunjangan

Sebagai upah maupun gaji yang diberikan kepada karyawan tanpa melihat prestasi, kinerja pegawai dan seperti hal lainnya, dan biasanya gaji tersebut dberikan kepada pekerja maupun pada kelurga para pekerja tersebut. Dan bentuk wujud tunjangan yang diberikan seperti berupa tunjangan kesehatan, tunjangan komunikasi dan lainya.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai gaji UMR Bengkulu yang dapat hargaido.com sampaikan hingga mengenai Perbedaannyaan pada UMR dan UMK Bengkulu tersebut. Semoga artikel yang kami berikan ini dapat menambah wawasan kalian terutama bagi para karyawan.

Baca juga,

Rate this post