Cara Meredam Suara Knalpot Racing Motor

Diposting pada

Cara Meredam Suara Knalpot Racing Motor – Dalam dunia otomotif, rasanya sudah tidak asing lagi sama yang namanya modifikasi.

Bahkan hampir sebagian para pecinta modifikasi membicarakan hal tersebut, seolahh hal itu menjadi sebuah keharusan.

Namun apabila kita membicarakan mengenai modifikasi, biasanya yang akan terbesit dalam fikiran kita adalah mengenai performa yang akan kita terapkan pada kendaraan kita.

Kemudian tidak akan lengkap rasanya jika kita tidak menggunakan knalpot yang sedang trend di era saat ini. Namun terkadang suara yang dihasilkan dari dalam knalpot tersebut terasa sangat bising dan sangat menggangu pendengaran.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa untuk knalpot juga adalah suatu saluran pembuangan gas dan juga merupakan salah satu fitur yang dapat mendukung performa pada kendaraan.

Cara Untuk Meredam Suara Knalpot

Cara Meredam Suara Knalpot Racing Motor
Cara Meredam Suara Knalpot Racing Motor

Nah di bawah ini terdapat beberapa cara yang dapat sobat sekalian jadikan sebagai sebuah acuan, untuk meredam kebisingan yang dihasilkan dari knalpot, yang dinataranya ialah sebagai berikut :

Memasang Busa Peredam Glasswool

Cara Meredam Suara Knalpot Racing Motor
Cara Meredam Suara Knalpot Racing Motor

Pada umumnya didalam tabung knalpot memang sudah dilengkapi sebuah busa peredam (glaswool) standar pabrikannya.

Namun tingkat kerapatan, ketebalan dan juga kualitas pada busa tersebut terkadang belum tentu memiliki kualitas yang baik.

Dimana seharusnya busa peredam yang baik ialah suatu busa yang dapat membuat knalpot menjadi tidak cepat panas dan menghasilkan suara yang tidak berisik.

Namun sobat tidak perlu khawatir sebab sobat dapat mengganti busa peredam tersebut dengan jenis busa glasswool baru.

Baca Juga :  Komponen Kopling Sepeda Motor

Bentuknya seperti serat memiliki warna putih atau kuning. Namun berhati-hatilah pada ketika hendak memasangnya karena busa ini bisa mengakibatkan gatal jika berinteraksi langsung dengan kulit dan juga bisa membuat sesak napas apabila terhirup.

Memakai Peredam dari Fiberglass

Cara Meredam Suara Knalpot Racing Motor
Cara Meredam Suara Knalpot Racing Motor

Kekurangan pada Busa glasswool ialah seratnya mudah habis apabila terbakar dengan suhu yang sangat tinggi.

Maka untuk alternatifnya ialah, sobat bisa memakai peredam yang terbuat dari bahan fiberglass.

Yang mana pada peredam ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan peredam busa sebelumnya.

Lantas apa kelebihan dari peredam fiberglass ini? yakni memiliki serat yang tahan akan panas karena bahannya yang terbuat dari kaca.

Menggunakan Peredam Steelwool

Cara Meredam Suara Knalpot Racing Motor
Cara Meredam Suara Knalpot Racing Motor

Kemudian bahan peredam yang memilki kualitas yang benar-benar baik selanjutnya ialah suatu peredam yang terbuat dari steelwool atau serat besi.

Dimana proses pembentukan peredam ini ialah dengan cara melilitkan /menggumpalkan berbagai serat besi.

Selain itu Peredam steelwool ini juga tidak mudah habis meskipun dibakar dengan suhu panas yang sangat tinggi.

Bahkan kualitas yang dimiliki dari bahan steelwool ini jauh lebih baik dibandingkan dengan peredam glasswol.

Akan tetapi jenis bahan peredam ini masih memiliki sebuah kekuarangan, yakni bahan ini akan menjadi bisa berkarat apabila digunakan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Memasang Karbon Kevlar

Kemudian peredam knalpot selanjutnya ialah jenis Karbon kevlar yang juga berfungsi untuk meredam suara knalpot.

yang mana jenis Karbon kevlar terbentuk dari suatu serat kaca yang sangat halus dan kemudian dianyam dengan sedemikian rapi dan memiliki tingkat kerapatan yang baik.

Nah dengan tingkat kerapatannya tersebut , sehingga menjadi sebuah kelebihan bagi peredam ini, sebab peredam ini tidak cepat mudah terbakar.

Baca Juga :  Cara Bobok Knalpot

Selain itu jenis peredam ini juga mempunyai keistimewaan yang amat baik yakni mampu meredam panas, bisa tahan terhadap karat dan juga tidak mudah lepas dari tempatnya.

Mengganti Knalpot dengan DB Killer

Kemudian apabila sobat sudah mencoba beberapa peredam diatas , dan masih belum merasa puas dengan hasilnya? Maka alternatifnya ialah dengan cara mengganti knalpot yang sobat gunakan sekarang dengan jenis knalpot DB killer.

Sebab dengan sobat memilih dan menggunakan jenis knalpot DB killer ini , maka tentu saja dengan hal tersebut sobat sudah tidak perlu khawatir dengan yang namanya suara bising.

Selain itu knalpot ini juga memilki Desain yang sangat menawan dan memiliki suara yang jauh lebih kalem dan juga tidak berisik.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai cara membuat knalpot racing tidak berisik, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :