Sistem Penerangan Sepeda Motor

Diposting pada

Sistem penerangan sepeda motor ialah merupakan suatu standar komponen yang harus dimiliki oleh kendaraan seperti sepeda motor, karena ini sangat penting untuk keselamatan pengendara dan lainnya. Fungsi sistem pencahayaan sendiri ialah sebagai penerang jalan pada saat sedang mengemudi pengemudi dan lainnya untuk ketertiban bersama dan keselamatan.

Sistem Penerangan Sepeda Motor

Sistem Penerangan Sepeda Motor
Sistem Penerangan Sepeda Motor

Yang masih merupakan bagian dari komponen system penerangan diantaranya ialah:

  • Lampu Kepala (Head Lamp)
  • Lampu Kota
  • Lampu Panel

Lampu Kepala (Head Lamp)

Adapun letak dari lampu kepala ini berada dibagian depan kendaraan, yang memiliki fungsi sebagai penerang jalan, sehingga posisi kita bisa dilihat oleh orang lain, khususnya pada malam hari.

Sistem Penerangan Sepeda Motor
Sistem Penerangan Sepeda Motor

Sistem headlamp terdiri dari lampu tinggi dan rendah, di mana lampu dekat digunakan sebagai penerangan jalan, khusunya di malam hari, sedangkan lampu tinggi kerap digunakan sebagai pengganti klakson, misalnya saat berkendara msedang melaju dan akan mendahului kendaraan lainnya.

Perbedaan panjang balok lampu utama (dekat dan jauh) terkait erat dengan konstruksi reflektor dari titik fokus dan posisi bola api. Reflektor adalah cermin cekung dalam bentuk fungsi parabola untuk memantulkan cahaya pijar sehingga sifat reflektifnya cukup baik, permukaan reflektor dilapisi dengan aluminium.

Ini dilakukan dengan melapisi permukaan parabola dengan aluminium atau kromium selama proses elektrolisis.

Sementara titik api ialah ketika sinar yang berasal dari titik api datang, maka sinar/cahaya tersebut akan langsung dipantulkan dengan sejajar terhadap sumbu utama reflektor.

Sistem Penerangan Sepeda Motor
Sistem Penerangan Sepeda Motor

Nah agar dapat menggunakan reflektor dengan satu cahaya yang bisa diatur baik jarak jauh dan dekatnya, maka biasanya sudah dibentuk yang terdiri dari dua filamen yang dibuat khusus sehingga sinar dari masing-masing filamen cahaya dapat memantulkan jauh atau dekat.

Baca Juga :  Cara Memasang Aki Mobil & Melepasanya dengan Benar

Keterangan

  • Ketika lampu dekat menyala, dimana filament yang ada di ujung titik fokus dan di bawah filamen akan diberi sebuah penutup, supaya sinar filamen akan secara langsung memanntulkan ke arah busur reflektor atas, sehingga arah refleksi itu cenderung mengarah ke bawah.
  • Kemudian pada saat cahaya jauh dinyalakan, maka filamen langsung di titik nyala reflektor, sehingga cahaya dipantulkan langsung pada sumbu reflektor.

Komponen Sistem Lampu Kepala

  • Baterai
    Berfungsi untuk sumber daya listrik DC, yang biasanya memiliki tegangan sebesar 12 Volt
  • Generator
    Merupakan salah satu sumber daya AC, dimana pada prinsip kerja generator ini berlangsung dengan berdasarkan putaran mesin.
  • Kunci kontak
    Nah untuk komponen yang satu ini berguna sebagai penghubung antara sumber tegangan baterai dengan rangkaian
  • Saklar lampu kepala
    Dimana pada komponen yang satu ini berguna sebagai penghubung antar arus utama agar bisa mengaktifkan rangkaian lampu bagian kepala
  • Saklar Dim
    Kemudian pada bagian ini berfguna sebagai sebuah saklar untuk mengatur dan memindahkan lampu jauh dan lampu dekat.
  • Lampu indicator jauh
    Kemudian pada bagian yang satu ini kerap digunakan sebagaui sebuah isyarat/tanda terhadap pengendara bahwa lampu jauh sedang menyala.
  • Bola Lampu Kepala
  • Ini adalah komponen yang mengubah energi listrik dalam bentuk cahaya menjadi energi panas, yang digunakan sebagai penerangan jalan untuk kendaraan dan oleh karena itu pengemudi lain mengetahui posisi pengemudi.

Secara default, lampu lampu depan secara otomatis dihidupkan bersamaan dengan lampu panel dan papan kota, sehingga deretan lampu dan papan kota umumnya merupakan bagian dari deretan lampu.

Tergantung pada sumbernya, sistem lampu depan sepeda motor terdiri dari dua jenis, yaitu sistem arus searah dan sistem arus bolak-balik atau dikenal dengan DC dan AC.

Baca Juga :  Cara Kerja Lampu Kepala

Lampu Sein

Lampu sen atau disebut juga Indikator arah yang marupakan salah satu jenis pencahayaan berikutnya. Lampu sinyal ini adalah perangkat yang harus terhubung ke semua jenis kendaraan bermotor.

Ini karena ia bertindak sebagai sistem keamanan aktif. Indikator arah tidak memberikan cahaya apa pun untuk menerangi jalan seperti suar. Namun, lampu ini digunakan sebagai lampu sinyal tempat kendaraan berjalan.

Sistem peringatan ini berfungsi guna menghindari kesalahpahaman di antara pengemudi sehingga mereka dapat mengurangi jumlah kecelakaan di jalan.

Oleh karena itu, lampu ini berisi perangkat keselamatan kendaraan aktif yang secara aktif menjamin keamanan pengguna dan mesin itu sendiri.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa indikator arah dapat menyala .. ?? Indikator arah ini terputus dan secara teratur menghubungkan listrik ke lampu. Ini menciptakan output dalam bentuk indikator arah.

Lampu Stop

Lampu belakang atau lampu rem/lampu stop ialah merupakan salah satu lampu sinyal yang memiliki fungsi sebagai bagian dari penyedia perlindungan mesin karena berada di belakang.

Lampu rem ini berfungsi sebagai sumber informasi bagi pengguna kendaraan bermotor di belakangnya bahwa ada kendaraan di depannya. Ini berguna saat gelap.

Dalam kondisi seperti ini, pengemudi seringkali tidak menyadari bahwa ada kendaraan di depannya. Dengan lampu rem ini, pengemudi tahu ada kendaraan di depannya.

Mirip dengan lampu utama, lampu rem ini memiliki dua jenis lampu. Artinya, lampu belakang dan lampu rem, lampu belakang menyala secara otomatis ketika lampu depan dinyalakan.

Perbedaan ini berarti bahwa lampu rem bersinar lebih terang dari lampu belakang, sehingga pengguna kendaraan di belakang tahu kapan tuas rem ditarik bahwa kendaraan di depan sedang mengerem.

Untuk jenis lampu ini, ada yang menggunakan filamen tunggal, sementara ada juga filamen ganda. Ada tiga klem di lampu filamen ganda, satu ground dan dua lainnya untuk sakelar rem dan kunci kontak.

Baca Juga :  10 Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Soak, Rusak, atau Mati Paling Ampuh

Meskipun hanya ada dua koneksi pada satu filamen, ini memiliki perbedaan tegangan. Tegangan yang memasuki lampu rem dari tuas rem tertekan lebih besar dari tegangan lampu belakang, sehingga cahayanya juga lebih terang.

Lampu Dashboard

Di area dashboard, kita jangan lupa bahwa lampu ini hanya berguna saat berkendara di tempat gelap atau malam hari.

Biasanya, panel layar dasbor sulit dilihat karena gelap dan lampu dasbor menerangi semua panel kontrol dan terlihat jelas bahkan di malam hari. Lampu ini juga aktif sesuai dengan proyektor.

Jika proyektor dimatikan, lampu ini akan secara otomatis ikut mati. Sebagai gantinya, lampu dashboard menyala ketika lampu depan diaktifkan.

Lampu DRL “Optimal”

Lampu ini hanya ditujukan untuk mesin tertentu untuk meningkatkan penampilan sepeda motor. Lampu DRL adalah lampu sebagai aksesoris dengan cahaya tidak terlalu terang yang dapat digunakan sebagai cahaya matahari.

Awalnya, lampu DRL digunakan sebagai lampu berjalan siang hari untuk mobil dengan daya lampu kurang, sehingga Anda tidak perlu khawatir membuang-buang energi.

Tetapi sekarang banyak sepeda motor yang tampaknya menggunakannya. Ini karena terlihat lebih menarik dari sudut model.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkait pembahasan mengenai sistem penerangan sepeda motor, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :