Penyebab Lampu Motor Mati Semua

Diposting pada

15 Penyebab Lampu Motor Mati Semua dan Cara Mengatasinya – Hay sahabat hargaindo.com semua.! Yang menjadi penyebab mengapa lampu pada kendaraan bermotor kerapkali mengalami putus, adanya gejala dan gangguan ini harus diketahui supaya kita lebih mudah menganalisa dan mencari tahu dimana letak kerusakannya.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa lampu ialah merupakan sebuah media penerangan, yang mana tentu saja lampu menjadi sebuah kebutuhan yang paling utama bagi semua kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor.

Selain itu kini penggunaan lampu juga sudah diterapkan dalam undang-undang peraturan lalu lintas.

Bahkan tidak sedikit para pengguna kendaraan bermotor yang terkena sanksi tilang dari polisi oleh sebab tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan yakni tidak menyalakan lampu motornya pada saat berkendara.

Apabila sobat menginginkan kenyamanan serta keamanan pada saat mengendarai motor anda.

Maka selalu lakukan pemeriksaat keadaan fisik dan kinerja kendaraan anda terutama pada sistem penerangan jalan.

Supaya tidak secara tiba-tiba lampu kendaraan anda mengalami putus ketika sedang diperjalanan yang akhirnya dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.(Baca Juga : Cara Potong Rantai Motor

Nah di bawah akan hargaindo.com sajikan ulasan terkait beberapa penyebab lampu kendaraan mati semua dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

15 Penyebab Lampu Motor Mati Semua dan Cara Mengatasinya
15 Penyebab Lampu Motor Mati Semua dan Cara Mengatasinya

15 Penyebab Lampu Motor Mati Semua dan Cara Mengatasinya

Adanya kendala lampu yang sering mati pada motor sobat biasanya kerapa terjadi pada ketika rpm mengalami putaran yang berlebihan karena motor sering digeber.

Baca Juga :  Cara Kerja Lampu Kepala

Biasanya terjadinya gejala ini karena disebabkan ada beberapa komponen pada motor yang telah tidak berfungsi dengan baik/lemah sehingga membuat strum yang mengalir ke lampu sudah tak lagi stabil seperti semestinya.

15 Penyebab Lampu Motor Mati Semua dan Cara Mengatasinya
15 Penyebab Lampu Motor Mati Semua dan Cara Mengatasinya

Kiprok yang Rusak

Gejala pertama adalah dapat juga disebabkan karena kiprok yang seharusnya berfungsi dengan baik mengalami kerusakan.

Sehingga akhirnya arus listrik yang mengalir menuju ke lampu masuk dengan berlebihan, sehingga membuat lampu menjadi cepat panas.

Nah bagaimana cara mengatasinya adalah denga melakukan penggantian kiprok dengan yang baru.

Sebab kiprok sendiri mimiliki peranan dan fungsi sebagai penahan serta penyerap adanya tegangan yang berlebihan, sehingga dengan adanya kiprok membuat arus listrik yang dialiri dari aki yang berlebihan akan menjadi optimal dan akan disesuaikan dengan kapasitas lampu.

Jadi apabila sudah kita ketahui bahwa kiprok yang ada pada motor kita sudah tidak bekerja dengan baik, maka cara mengatasinya adalah menggantinya dengan yang baru.

Sebab apabila tidak segera diganti, maka akan berakibat terhadap semua lampu yang ada, dan lampu akan selalu menjadi putus meskipun lampu sudah diganti dengan yang baru.

Spull Penerangan Sudah Error

Kemudian faktor penyebab lampu motor mati selanjutnya adalah adanya gangguan pada bagian spull error.

Hal ini karena disebabkan adanya kerusakan pada Spull penerangan yang mungkin sudah tak bekerja secara optimal.

Dengan tidak bekerja spull tersebut, sehingga menyebabkan tegangan arus yang mengalir menuju kiprok sudah tidak lagi sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan.

Maka dalam hal ini cara untuk mengatasinya adalah dengan menggulung ulang kembali spull, atau sobat menginginkan hal yang lebih praktis, maka sobat bisa mengganti dengan yang baru.

Rumah Lampu Sudah Jelek dan Sudah Goyang

Adanya hal ini juga bisa sangat mempengaruhi terhadap kinerjanya lampu motor.

Baca Juga :  Fungsi Kiprok Motor & Kendala yang Terjadi Jika Rusak

Maka oleh sebab itu, apabila sobat semua mengalami hal demikian, maka sebaiknya sobat harus dengan segera mengganti dudukan lampu itu dengan yang baru.

Kurangnya Massa Pada Lampu atau Kiprok

Apabila hal ini terjadi pada motor sobat, maka cara mengatasinya adalah dengan melakuan pengecekan terhadap kabel yang berwarna hitam yang langsung menuju ke bagian lampu (lakukan pengecekan terhadap rangkakaian lampu) atau lakukan pengecekan terhadap massa pada kiprok.

Gejala ini selain dapat mengakibatkan lampu kerap putus, kemudian kendala lainnya juga lampu akan menjadi redup yang disebabkan kekurangan massa dari kiprok tersebut.

Balon Lampu Putus

Kemudian penyebab lainnya adalah karena balon lampu yang putus, sehingga menyebabkan lampu tidak menyala. Maka apabila lampu sudah putus, cara untuk mengatasinya adalah menggantinya dengan yang baru.

Saklar Kotor

Kemudian penyebab selanjutnya adalah terjadi gangguan pada saklar lampu, yang mana saklar ialah merupakan sabuah komponen lampu yang memiliki fungsi guna mengatur mati dan hidupnya lampu.

Biasanya gejala yang kerap terjadi pada komponen ini adalah karena disebabkan oleh menumpuknya kotoran atau karatan sehingga akhirnya bisa menghabat tegangan arus listrik yang masuk menuju ke lampu.

Nah dalam hal ini untuk mengatasinya adalah dengan melepaskan saklar tersebut, lalu lakukan pembersihan karatan dan kotoranyang menghalanginya dengan menggunakan bahan amplas halus, selain itu anda juga dapat menggunakan cairan anti karat.

Gangguan Ada Socket

Kemudian penyebab lainnya adalah adanya gangguan pada socket, yang mana biasanya kerap disebabkan banyaknya kotoran yang melekat pada bagian ujung socket.

Selain itu penerapan yang tidak sesuai pada socket juga bisa menjadi menjadi pemicunya, sehingga menyebabkan lampu motor tidak bisa menyala.

Baca Juga :  Indikator Bensin Motor

Menggunakan Lampu Sesuai Dengan Tegangan

Supaya lampu penerangan kendaraan anda bisa bertahan lama, maka alangkah baiknya jika anda memakai jenis lampu sesuai dengan kapasitas kekuatan arus yang sudah ditetapkan.

Sebab apabila sobat memakai jenis lampu yang memiliki tegangan yang lebih besar daripada ukuran standarnya, maka dengan hal tersebut dapat dipastikan bahwa nantinya bohlam motor sobat akan mudah cepat putus.

Namun dari keseluruhan yang telah hargaindo.com sampaikan hal yang paling utama yang harus diperhatikan adalah tentang penggunaan regulator rectifier ( kiprok).

Sebab pada salah satu komponen satu ini merupakan sebuah komponen yang memiliki pengaruh yang besar terhadap ketahanan bohlam motor anda.

Demikianlah yang bisa hargaindo.com sampaikan mengenai 15 Penyebab Lampu Motor Mati Semua dan Cara Mengatasinya, semoga serangkaian ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga :