Cara Memperbaiki Bendik Stater Motor

Diposting pada

Cara Memperbaiki Bendik Stater Motor – Starter listrik mati terkadang keadaan sangat menyebablkan. bagaimana tidak adanya kondisi ini selain mengurangi kemudahan pada saat hendak menghidupkan mesin.

Kemudian apabila anda ingin melacak penyebabnya juga sangat merepotkan karena kita terlebih dahulu perlu memeriksa banyak komponen.

Mulai dari tombol starter, baterai, hingga dinamo starter. Namun, jika semua komponen diperiksa dan hasilnya baik semua, sudah pasti permasalahan ini mungkin disebabkan ada kerusakan pada starter Bendik.

Adapun Fungsi dari starter Bendik itu sendiri sebagai penghubung arus listrik dari baterai ke dinamo starter.

Kemudian bendik ini memiliki bentuk dimana kabel yang satu dari baterai dan yang lainnya ke starter dinamo di dekat mesin.

Kenali Permasalahan Yang Terjadi Pada Bendik Sepeda Motor

Cara Memperbaiki Bendik Stater Motor
Cara Memperbaiki Bendik Stater Motor

Adapun fungsi start listrik sendiri, yang mana guna memberikan kemudahan terhadap pengemudi ketika hendak menghidupkan mesin.

Yakni Cukup hanya menekan tombol yang terdapat pada setang, starter listrik memutar mesin sedikit dengan bantuan baterai.

Tetapi jika terjadi crash atau ngadat, maka kickstarter harus dilakukan secara manual untuk menghidupkan mesin.

Adanya permasalahan pada starter listrik merupakan sebuah permasalahan yang cukup besar, sebab penyebab dari permasalahan ini sangat sulit untuk dilacak, sehingga apabila hal ini timbul, maka yang harus kita cek adalah mulai dari baterai, starter dinamo dan starter Bendik.

Belum lagi bahan koneksi kabel Bendik ini terbuat dari bahan kuningan, sehingga membuat komponen ini mudah berjamur dan dalam hal ini Starter Bendik tentu tidak lagi berfungsi secara normal.

Cara Memperbaiki Bendik Sepeda Motor

Memang hal yang sangat sulit adalah mendiagnosis adanya suatu kerusakan pada sepeda motor, karena sebelum menilai kerusakan sepeda motor, kita harus terlebih dahulu memeriksa bagian lain dari sistem starter listrik.

Baca Juga :  Daftar Harga Ban Tubeless Terbaru dan Terlengkap

Bagian yang paling pertama yang perlu diperiksa adalah baterai. Pastikan baterai dalam kondisi baik untuk memastikan bahwa perangkat yang disebut ammeter digunakan jika kinerja saat ini atau ammeter baterai masih sesuai dengan spesifikasinya, maka hal tersebut bisa dinyatakan bahwa baterai dalam kondisi baik

Dan karena biasanya starter dinamo ini jarang sekali mengalami kerusakan, yang mana adanya kerusakan pada dinamo starter biasanya kerap ditandai dengan munculnya suara keras ketika sepeda motor starter.

Kemudian Jika tidak ada masalah pada baterai dan bagian dinamo, maka bisa dipastikan adanya permasalahan tersebut mungkin terdapat pada Bendik.

Adapun yang menjadi ciri khas apabila bendik mengalami kerusakan biasanya kerap ditandai pada ketika sepeda motor distater, tidak ada sedikitun respon, yang artinya bendik memang sudah rusak.

Biasanya Dalam kondisi normal, ketika tombol starter listrik ditekan, beberapa lampu pada speedometer biasanya akan menyala untuk menunjukkan bahwa banyak arus listrik sedang digunakan dalam baterai untuk memulai sistem dengan starter listrik.

Sekarang bagaimana cara memperbaiki bendik sepeda motor yang rusak, kita bisa mencoba beberapa langkah berikut.

  • Pada langkah pertama, mur di kedua bagian terminal Bendik dilonggarkan.
  • Selanjutnya lepaskan soket yang menghubungkan kabel yang terhubung di sekitar bagian ini.
  • Kemudian kita buka bagian tubuh Bendik lalu lepaskan.
  • Kemudian langkah berikutnya, mari kita amplas dibagian beberapa kutub yang menjadi tempat, yang terletak di Bendik.
  • Berikutnya adalah pegas yang terdapat dibagian bendik itu kita regangkan.
  • Langkah terakhir adalah mengembalikan semua komponen ke posisi awal.

Apabila kita sudah melakukan beberapa langkah diatas, maka tentunya hal ini bukan berarti setiap adanya permasalahan selalu dikaitkan dengan kerusakan pada bendik, sebab hal tersebut bisa karena disebabkan oleh beberpa faktor.

Baca Juga :  Stang Motor

Maka oleh sebab itu sebelum kita berpendapat bahwa adanya kerusakan tersebut karena disebab oleh bendik yang sudah tidak berfungsi dengan baik, maka lakukan terlebih dahulu pengecekan terhadap beberapa komponen yang saling terkait, agar kita dapat memastikan dimana letak kerusakannnya.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkait pembahasan mengenai Bendik Stater dan Permasalahannya Motor,semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :