Cara Kerja Lampu Kepala

Diposting pada

Cara kerja lampu depan di sepeda motor. Fungsi dan pengoperasian lampu depan sistem penerangan sepeda motor di jalan umum memerlukan berbagai standar keselamatan seperti lampu plat, lampu dan indikator rem, dan lampu depan termasuk keselamatan.

Jenis balok tertutup sering digunakan dalam kendaraan, konstruksi yang terdiri dari filamen kaca dan reflektor dalam satu unit. Listrik yang mendukung cara kerjanya. Antara lain dengan motor.

Rangkaian lampu pada indikator arah sepeda motor dan indikator arah bahaya pada indikator arah sepeda motor pada sirkuit sistem penerangan kendaraan.

Fungsi relai untuk pemutus sirkuit atau pemutus sirkuit yang membutuhkan arus listrik besar membutuhkan relai.

Dengan kata lain, untuk pengoperasian lampu ini, lampu dekat dimatikan ketika lampu jarak jauh dihidupkan dan sebaliknya.

Bola lampu jenis ini sering digunakan sebagai lampu depan pada sepeda motor. Terkadang kita melihat bahwa ada lampu utama yang menyala secara otomatis ketika mesin menyala, dan ada yang standar.

Hal ini bisa disebabkan karena, 1 dari posisi on lampu saat dimatikan tidak aktif. 3 jenis seri headlamp untuk motor dari Amrie Muchta.

Ada dua jenis lampu depan, yaitu jenis sealed beam dan bola lampu. Sistem pengisian daya Sistem pengisian daya dan sistem pencahayaan seperti lampu depan Lampu depan Lampu rem Lampu rem Lampu rem Lampu arah Indikator arah Lampu arah.

Lampu depan adalah sistem pencahayaan utama, yang fungsinya untuk menerangi jalan dalam gelap.

Cara Kerja Lampu Kepala
Cara Kerja Lampu Kepala

Terutama sama dengan sistem headlamp DC, tetapi karena sumber utama alternator berputar sesuai dengan kecepatan mesin, regulator pembatas tegangan harus dipasang sehingga tegangan pada headlamp tidak melebihi tegangan sistem adalah 12 volt, bahkan jika kecepatan mesin tinggi.

Baca Juga :  Cara Memasang Aki Mobil & Melepasanya dengan Benar

Misalnya, ketika menggunakan lampu atau klakson di mobil atau motor jika perlu. 2 posisi 1 di posisi ini adalah lampu depan dan belakang lampu kota dan 3 posisi 2 di posisi ini adalah lampu hidup lampu depan dan lampu kota. Video ini tidak tersedia

Cara Kerja Rangkaian Lampu Kepala

Cara Kerja Lampu Kepala
Cara Kerja Lampu Kepala

1. Rangkaian lampu kepala pada saat saklar lampu dekat (56a) ON

Perhatikan seri lampu depan di bawah ini. Bagaimana headlamp bekerja pada saat sakelar lampu dekat dalam keadaan ON, maka arus listrik dari baterai akan mengalir ke saluran 56a (near light circuit).

Oleh karena itu menyebabkan relai berliku menjadi medan magnet yang menyebabkan titik breakout di platinum untuk membuka dan menutup dengan cepat.

Ini menyebabkan arus yang lebih besar pada saluran 87 yang dialirkan ke filamen lampu tetangga dan menyebabkan lampu tetangga menyala.

2. Rangkaian lampu kepala pada saat saklar lampu jauh (56b) ON

Perhatikan lampu depan berikut ini. Bagaimana cara mengoprasikan sirkuit headlamp ketika sakelar lampu jauh dalam keadaan menyala sehingga arus listrik dari baterai mengalir ke saluran 56b (sirkuit lampu dilepas).

Ini mengubah relai yang berliku menjadi medan magnet, yang dengan cepat membuka dan menutup titik-titik pelepasan platinum.

Hal ini menghasilkan arus yang lebih besar pada saluran (87) yang diarahkan ke filamen lampu yang dilepas, menyebabkan lampu yang dilepas terbakar secara intens.

Komponen Rangkaian Lampu Kepala

Berikut ini merupakan komponen rangkaian kepala.

  • Lampu Depan (Head Lamp)  ;
    • Lampu depan digunakan untuk memberikan penerangan dibagian depan pada kendaraan, khusunya pada saat kendaraan sedang berjalan di malam hari dan dalam periode tertentu seperti cuaca berkabut, hujan deras dan situasi lain yang membutuhkan penerangan.
  • Relay
    • Relai menghasilkan arus yang dihasilkan langsung dari baterai untuk mengurangi beban kerja baterai.
  • Saklar Pembagi (Saklar Dim)
    • Kemudia pada Sakelar pembagi (sakelar dimmer) memiliki kegunaan untuk menghidupkan dan mematikan lampu.
  • Saklar Utama
    • Saklar utama digunakan untuk memfasilitasi pencahayaan dari pencahayaan kota yang baik, lampu depan atau sebaliknya.
  • Sekring (Fuse)
    • Adapun fungsi dari sekring sendiri ialah sebagai perlindungan terhadap kerusakan pada jaringan sistem pencahayaan dan korsleting.
  • Baterai
    • Baterai memberikan daya selama putaran awal motor (stater), menstabilkan tegangan dalam sistem kelistrikan dan menyediakan daya untuk aksesori dan peralatan lainnya.
Baca Juga :  Lampu Hazard

Demikianlah yang dapat hargaindo.com sampaikan terkait pembahasan mengenai cara kerja lampu kepala, semoga ulasan diatas ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :