Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga

Diposting pada

Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga saat dijalankan atau “terkunci” ketika digas karena disebabkan banyak faktor.

Tetapi memang pada dasarnya mesin yang terkunci itu dikarenakan kehilangan kompresi.

Bisa jadi juga penyebabnya ialah umur kendaraan atau hal-hal lainnya misal kenyataannya bahwa mesin motor tersebut tidak pernah diservis.

Selanjutnya hal- hal yang menyebabkan motor 2 tak ini tidak memiliki tenaga lagi akan dijelasankan seperti berikut ini :

Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga

Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga
Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga

Sepul Yang Sudah Lemah

Komponen mesin motor yang lain juga bisa bermasalah atau membuat mesin 2 tak tidak punya tenaga lagi itu disebut sepul.

Sepul ialah suatu komponen mesin motor yang mempunyai peran atas proses pembakaran yang sedang terjadi di dalam mesin sepeda motor.

Sepul berfungsi menjadi pusat api, jadi apabila sepul menjadi lemah itu dikarenakan terjadinya suatu penurunan api pembakaran yang sedang terjadi dalam proses pembakaran dan menjadikan pembakaran yang tidak optimal.

Proses pembakaran yang tidak optimal itu dapat terjadi pada mesin 2 tak dan bisa menyebabkan pengurangan suplai sumber tenaga ke mesin dan menjadikan mesin kekurangan tenaga, apabila terus dibiarkan maka akan tidak terkendalikan sama sekali.

Umur Sepeda Motor

Tidak bisa dipungkiri bahwasannya faktor U juga dikenal sebagai faktor umur mesin sepeda motor tersebut, pengaruhnya ialah mengurangi kinerja mesin sepeda motor.

Sepeda motor seperti ini belum diproduksi atau dipasarkan lagi dalam waktu yang sudah cukup lama.

Baca Juga :  Penyebab Tarikan Motor Lambat

Penyebabnya ialah karena suatu peraturan emisi sepeda motor yang dikeluarkan oleh pemerintah pada tahun 2005 agar dapat memenuhi standar Euro 2.

Dan juga sekarang peraturan dari pemerintah yang terbaru ialah mensyaratkan apabila sepeda motor yang akan diproduksi pada zaman ini harus dapat mencapai standar Euro 4.

Jika pada 2019 sepeda motor tua tersebut sering tidak memiliki tenaga, semestinya itu dapat dimengerti, mengapa? sebab umur sepeda motor tersebut lebih dari 14 tahun.

Dan apalagi sepeda motor itu diproduksi sebelum masuk tahun 2005, dapat dipastikan pada sepeda kesayanganmu itu sudah berumur.

Pilot Jet Motor Ada Masalah

Hal- hal lainnya yang wajib kita waspadai saat motor sudah tidak memiliki tenaga lagi ialah komponen pilot jet di karburator.

Komponen tersebut memiliki fungsi sebagai pengalirnya sebuah bahan bakar di saat rpm dalam kondisi rendah menuju rpm menengah.

Selanjutnya, apalah problem yang terjadi pada pilot jet?

Umumnya pilot jet mendapatkan masalah kebuntuan oleh sebab kotoran yang tersumbat.

Kita bisa menanggulangi suatu persoalan ini dengan melakukan pembersihan pada bagian pilot jet.

Jika pilot jet itu benar-benar kotor dan sudah waktunya untuk diganti yaitu segera membeli suku cadang yang baru.

Harga sebuah komponen pilot jet cukuplah murah, sekitar Rp.30.000,-. Jadi total harga keseluruhan komponen baru serta biaya pemasangannya tidaklah membebani kantong kita, hanya berkisar anatar Rp.80.000,-.

Filter Udara yang Kotor

Jika mesin Anda mengalami kondisi yang kotor, ini akan secara otomatis menyebabkan filter udara menjadi kotor juga.

Lubang saluran udara didalam mesinpun juga tertutup. Kondisi seperti ini juga membuat mesin sepeda motor 2 tak menjadi kekurangan udara.

Mesin sepeda motor 2 tak yang mengalami kekurangan udara dapat menyebabkan lambatnya kinerja mesin tersebut, karena udara ialah faktor utama dalam proses pembakaran.

Baca Juga :  Motor Kopling : Cara Mengendarai di Tanjakan

Konsekuensi fatal lainnya dari filter udara yang kotor ialah mesin menjadi terlalu panas dengan cepat disebabkan tidak adanya perubahan udara sebagai pendingin mesin tersebut.

Perawatan Kurang Maksimal Terutama Karburator

Merawat sepeda motor tua haruslah lebih sabar daripada merawat sepeda motor baru yang modern.

Terutama dalam melakukan perawatan mesin sehingga tidak muncul permasalahan teknis yang bisa saja mengganggu kinerja mesin sepeda motormu.

Mesin-mesin yang tidak dijaga secara maksimal jelasnya akan menjadi penyebab motor 2 tak tidak memiliki tenaga.

Komponen lainnya yang perlu diperiksa ialah karburator. Karburator tersebut ialah suatu proses pembakaran antara bahan bakar dan juga udara.

Karburator yang telah rusak, apalagi pada pilot jet dan main jet, menyebabkan daya tarik tenaga mesin motor tersebut turun secara drastis.

Pusat Pengapian Sudah Lemah

Pusat pengapian pada mesin 2 tak tersebut dinamakan sepul. Jika sepul yang bertindak untuk titik pengapian telah lemah, bisa jadi api pada pembakaran juga akan kecil serta proses pembakaran akan menjadi semakin tidak kuat.

Proses pembakaran yang tidak lengkap pada mesin sepeda motor 2 tak pasti menyebabkan tenaga mesin sepeda motor tersebut menurun secara drastis.

Jika sepul itu tidak segera diperbaiki, bisa jadi sepeda motormu tidak akan memiliki tenaga lagi.

Selanjutnya,mari kita cari tahu apakah sepul tersebut benar-benar salah satu penyebab mesin sepeda motor 2 tak itu tidak bertenaga lagi.

Oli Mesin Jarang Diganti

Salah satu alasan lama untuk mesin sepeda motor 2 tak tidak memiliki tenaga, yaitu jarangnya mengganti oli mesin yang teratur.

Oli mesin digunakan untuk melumasi serta melindungi komponen mesin sepeda motor agar tidak saling bergesekan dan menyebabkan cepat aus.

Oli juga berfungsi membersihkan mesin sepeda motor. Karena itu, Moladiners diharuskan untuk melakukan penggantian oli mesin secara teratur.

Baca Juga :  Sistem Pengapian : Pengertian, Konvensional, Fungsi, dan Cara Kerja

Jika kualitas dan kuantitas oli tidak memadai, mesin sepeda motor akan menjadi terlalu panas dengan cepat dan menyebabkan tarikan yang kurang kuat.

Untuk pengingat, mesin sepeda motor 2 tak memiliki dua jenis oli, yaitu oli samping dan oli mesin.

Tentunya tidak inginkan mesin sepeda motornya menjadi lebih bermasalah serta tenaga tarikannya melemah, lebih baik mengganti oli sesering mungkin.

Berikut ini ialah beberapa alasan mengapa mesin sepeda motor 2 tak tidak memiliki tenaga.

Jika ditelusuri, masalah utamanya ialah karena umur motor tua serta kurangnya perawatan oleh pemilik sepeda motor tersebut dapat mengurangi tarikan tenaga mesin sepeda motor itu.

Untuk mendapatkan mesin sepeda motor yang lebih baik lagi, Maka segeralah bawa sepeda motor favoritmu ke bengkel sepeda motor khusus untuk motor 2 tak yang dekat dari kediamanmu agar dapat segera mengetahui masalah apa yang tengah dialami sepeda motor tua mu itu.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkait pembahasan mengenai Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :