Gaji UMR Papua

Diposting pada
Gaji Umr Papua

Gaji Umr Papua – Sejak munculnya Pandemi Covid-19 telah membuat kondisi perekonomian dunia, Dan akhirnya negara Indonesia pun terkena dampaknya dan membuat perekonomian akhirnya terguncang. apabila adanya kenaikan UMR, maka dunia usaha akan semakin terbebani.

Namun pada tiap provinsi besaran nilai upah yang dibayarkan dapat berbeda – beda. Karena angka UMR di setiap tahunnya dapat mengalami kenaikan dengan jumlah nominal yang berbeda-beda pula apada tiap provinsinya.

Maka pada tahun 2021 pemerintah pun fokus melakukan pemulihan ekonomi untuk di seluruh Indonesia, termasuk Papua.

Dan untuk penetapan UMK dan UMP juga dilakukan atas kesepakatan bersama sehingga ia berharap semua pihak bisa menerima hal tersebut. ” yang pastinya penetapan ini pun sudah berdasarkan atas kesepakatan bersama antara pihak pemerintah, pengusaha, dan buruh

Tetapi bila membicarakan gaji umr yang ada di provinsi papua pastinya akan menarik sekali. Dan bagi kalian yang belum mengetahui papua dan bagi kalian juga yang memang berada provinsi tersebut, Maka kami akan memberitahukan secara singkat tentang Papua yang dikenal mempunyai tambang emas terbesar di dunia.

Papua ialah provisi yang berada diseblah timur indonesia yang berbatasan dengan provinsi Papua Nugini. Pada zaman dulu provinsi papua dikenal banyak orang bernama Irian Jaya. Karena diambil dari nama gunung tertinngi di indonesia yang berada di papua yang bernama puncak jaya wijaya. Yang dimana satu – satunya gunung tersebut masih memiliki salju diatas puncaknya.

Dan untuk Provinsi Papua itu sendiri memiliki luas sekitar 312.224,37 km2, dengan memiliki potensi sumber daya alam di papua yang bernilai ekonomis dan strategis, dan saat ini banyak bangsa asing yang ingin mengusai sumber daya alam yang ada di papua.

Seperti yang kami sampaikan tadi bahsawanya provinsi papua memiliki sumber daya alam yang sangat diincar oleh negara lain. Bukan hanya memiliki sumber daya alam nya saja yang mennjadi para incaran negara lain, namun papua juga miliki objek wisata yang terkenal di manja negara yaitu yang Bernama raja Ampat.

Nah,Bagimana sudah cukup jelas bukan sedikit mengenai provinsi papua ini, maka kami akan membahas ke pembahasan utama yaitu pada gaji UMR Papua. dengan meingkatnya inflansi ekonomi yang ada disana membuat banyak dari para karyawan atau pekerja kantoran yang akhirnya meminta standarisasi gaji mereka menurut penghasilan UMR.

Tentunya untuk disemua wilayah mempuyai besaran tertentu untuk upah UMR, termasuk gaji ataupun upah UMR Papua. Yang mana kalian sebagai karyawan haruslah tahu dan memahami mengenai UMR dan UMK tesebut.

Baca Juga :  Gaji Kurir First Logistics

Gaji UMR

UMR merupakan salary atau upah minimum yang dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawanya, baiki itu perusahaan skala besar maupun yang kecil. di dalam hal menggaji para karyawan atau pekerjanya. Setiap daerah di Indonesia mulai dari tingkat provinsi, kota hingga kabupaten ada standar tersendiri terkait dengan Gaji UMR dan Gaji UMK.

UMR di berikan untuk perusahaan agar bisa lebih menghargai para pekerjanya saat bekerja, yang pastinya dengan kemampuan dan ketetapan job desknya. Selain itu, juga dapat digunakan untuk tolak ukur untuk para pegawai lainnya guna menerima gaji yang layak sesuai standarisasi kelayakan.

Gaji UMR pun dapat bayarkan kepada para karyawan dengan beberapa kriteria. Misalnya mulai dari tingkat pendidikan terakhit, umur, pengalaman kerja (Curicilum vitae) baik itu di dalam maupun luar perusahaan, ketermpilan ataupun skill saat mengerjakan semua tugas yang ditugaskan oleh bos dan dedikasi atau ikut berperan untuk memajukan usaha bisnis atau perusahaan.

Dan untuk kabupaten/kota di Papua sendiri masih berpatokan pada penetapan UMR Papua 2021 yang tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. maka UMR Papua 2021 ditetapkan sebesar Rp 3.516.700. “Demikian juga upah minimum sektoral provinsi Papua, sub sektor minyak dan gas bumi sebesar Rp 3.762.800 per bulan, emas dan tembaga sebesar Rp 3.762.800, jasa konstruksi sebesar Rp 3.692.500 per bulan

Perbedaan Antara Gaji UMR dan Gaji UMK

Untuk sebagian spesifikasi tidak sama di antara keduanya. Beberapa diantaranya dari aspek penetapan upah/gaji untuk karyawan yang berhak menerimanya pada tiap wilayah sesuai pada peraaturan Kementerian Tenaga Kerja Negara Indonesia(KTNI) dan lain-lain. Selain itu juga ada unsur lain, seperti:

1. Berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja

Berdasarkan penetapan Permenaker RI tahun 1999 menyatakan bahwasanya untuk Upah Minimum Regional terbari menjadi 2 jenis. Yakni UMR tingkat satu di Provinsi. Kemudian level kedua masuk dalam tingkatan kabupaten atau kota.

Baca Juga :  Gaji Kurir Indah Logistik

Namun makin adanya perkembangan, ketentuan direformasi kembali ke dalam Permenaker tenaga kerja no. 226 pada th. 2000. Isinya yaitu menyatakan UMR tingkat 1 .Sedangkan untuk level 2 berganti menjadi upah mimimum kota kabupaten (UMK)

2. Berdasarkan Penetapan Gaji UMR dan Gaji UMK

Selanjutnya dalam prosesnya, yang berhak menentukan upah tiap provinsi untuk UMP adalah Gubernur. Sedangkan tipe UMK yaitu sesungguhnya mirip saja.tetapi karena memperoleh masukan dari para dewan DPD tingkat provinsi, Kota sampai kabupaten.

Contohnya menetapkan UMR di Provinsi Jawa Tengah, yang memutuskan UMRnya adalah Ganjar pranowo (Gubernur Jateng Periode 2019-2024). Sedangkan UMK bagian Kabupaten atau Kota yakni lewat Bupati atau Walikota. kemudian wewenang dari seorang DPD adalah meneliti dan turun secara langsung ke masyarakat guna mencari information tertentu.

3. Kriteria Pekerja yang Menerima Gaji UMR

Lalu untuk membedakan selanjutnya adalah dari jenjang karyawannya. Apabila karyawan bekerja dengan status belum menikah atau single maka keperluan dan tanggungannya lebih sedikit, ketimbang dengan para karyawan yang sudah menikah atau berkeluarga yang mana pastinya memiliki tanggung jawab mensekolahkan anaknya.

Tidak hanya itu saja khususnya karyawan yang bekerja mengunkan proses kontrak borongan atau harian, gaji yang akan diperoleh lewat akumulasi absensi saat bekerja pada setiap bulannya.Jika mereka kerjanya libur di hari Minggu, maka haknya dibagi menjadi 25 hari kerja, dihitung dari mulai kerja.

4. UMR Bukan Bagian dari Gaji Pokok

Dan dalam waktu beberapa terakhir ini tidak sedikit orang yang mengira bila upah / gaji minimum mereka sesuai dengan kuantitas keseluruhan atau net bersih dikala kalian pada saat diupah oleh perusahaan per bulannya. Namun sepertinya para karyawan akan menerima lebih dari satu keuntungan berbentuk tunjangan maupun bonus khusus.

Misalnya seorang karyawan mendapatkan bonus Tunjangan Hari Raya (THR) ketika bulan Ramadhan tiba ataupun pas libur hari raya besar. namun biasanya juga menerima Tunjangan kesehatan berbentuk BPJS maupun asuransi kesehatan lain, kacamata gratis dari kantor dengan nominal khusus jika miliki mata minus dan lain sebagainya.

5. Ketentuan Gaji UMR Dan UMK Pada Tiap Daerah

Untuk sistem pengupahan pekerja ataupun buruh ini telah disahkan di dalam UU Ketenagakerjaan No. 13 tahun 2013. Selain hal itu juga di regulasikan dalam ketetapan paling terbaru oleh pemerintah pada tahun 2015. Yaitu terkait bersama dengan adanya bantuan gaji. Apakah benar telah sesuai mengikuti ketetapan upah UMR maupun UMK suatu wilayah.

Baca Juga :  Gaji Kurir Pandu Logistik

Ketetapan di dalam ketentuan UU selanjutnya berlaku untuk semua jenis badan usaha atau perusahaan seperti cv maupun PT bersama dengan kuantitas pegawai minimal kurang lebih 10 orang, Supaya para karyawan berhak mendapatkan gaji UMR atau upah minimum regional.

6. Sistem Pembayaran Gaji UMR Maupun UMK

Jika bagi para karyawan yang memiliki kontrak maka sudah pasti menerima upah minimum regional. Karena pada saat perusahaan menerima karyawan baru biasanya akan dikontrak sedikitnya min 2 sampai 5 tahun lamanya. Sistem kerjanya pun seperti pada umumnya hanya du puluh lima hari kerja dalam sepekan. Untuk gajinya bakal diterima tiap tanggal 21 atau 1 tiap bulannya.

Sedangkan bila pekerjanya mengunakan sistem kerja lepas atau harian maka untu gajinya akan diberikan pada tanggal 25 pada tiap bulanya. yang mana karena kerjanya hanya libur sehari saja selama satu Pekan. Tetapi para pekerja ini tidak memperoleh bonus seperti para pegawai yang sudah diangkat menjadi karyawan tetap di perusahaan itu.

Spesifikasi dari Gaji UMR

Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 07 th. 1990 menunjukkan bahwasanya untuk Gaji UMR dibagi menjadi tiga bagian. yang pertama yaitu berisi gaji pokok. Dengan ketetapannya diperoleh bersamaan dilihat pada aspek jabatan ataupun jenis pekerjaan yang telah di setujui bersama antara buruh dan perusahaan.

Unruk bagian yang kedua adalah berkenaan tunjangan utama berasal dari perusahaan itu sendiri. Biasanya diberikan untuk karyawan yang sudah menikah atau sudah memililiki berkeluarga. Dan berupa tambahan yang akan diperoleh anak, dan berupa ongkos kendaraan saat kalian rapat di luar kantor.

Selanjutnya bagian ke tiga yaitu berupa bantuan di luar gaji pokok. seperti pada umumnya bersifat mengenai biaya makan, Dan untuk Metode pengajiannya bisa diupahkan secara setiap hari maupun secara setiap minggu.

Kesimpulan

Demikian ulasan mengenai Gaji UMR pada provinsi papua yang dapat HargaIndo.com berikan. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian dan kami doakan semoga gaji kalian segera naik tahun ini.

Baca juga,

Rate this post