Cara Mengecat Motor Dengan Pilox

Diposting pada

Cara Mengecat Motor Dengan Pilox pada dasarnya tidaklah terlalu sulit jika kita tahu bagaimana teknik yang tepat dan akurat.

Agar sepeda motor dan berbagai jenis kendaraan lainnya yang di cat tampak bersih dan hasilnya sangat memuaskan.

Nah, mungkin bagi Anda yang masih bingung tentang cara mengecat mesin, dan metode ini juga bisa digunakan untuk mengecat mobil, lalu cara melukis mesin yang bagus dan adil.

Cara Cat Motor Menggunakan Pilox

Cara Mengecat Motor Dengan Pilox
Cara Mengecat Motor Dengan Pilox

Nah untuk lebih jelasnya bagaimana prosesnya simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

Bahan Dan Alat

Adapun bahan dan alat yang akan digunakan diantaranya yaitu:

  • Siapkan amplas yang tidak terlalu kasar atau halus, misalnya amplas 400, dan siapkan juga amplas halus.
  • Kemudian persiapkan juga sabun
  • Tentu saja dalam hal ini penggunaan airnya tidak terlalu berlebihan , tetapi penting untuk mencuci badan mesin sampai bersih.
  • Keringkan dengan menggunakan lap bersih atau kanebo untuk membersihkan debu dan mengeringkan bidang / badan motor dari air.
  • Cat semprot krim / perak / Pilox untuk panduan dan warna cat yang diinginkan.
  • Pilox / warna transparan sehingga tampilan sepeda Anda maksimal dan mengkilap.

Coba juga untuk memilih tempat yang tepat, bukan di tempat yang terlalu panas dan berangin. Mungkin Anda bisa memilih tempat di dalam ruangan, misalnya karena wilayah udara relatif tenang.

Tahapan Proses Pengecetan

Setidaknya ada 6 langkah untuk hasil yang cemerlang, dengan menerapkan beberapa tahapan yang perlu anda lakukan apabila ingin mendapatkan hasil yang baik, berikut ini penjelasannya.

 1. Proses Pengamplasan

Baik cat kompresor atau kaleng semprot sangat penting untuk melakukan proses pengamplasan. Tujuan dari fase pengamplasan sendiri ialah merupakan sebuah langkah untuk membersihkan kotoran, jamur dan oli yang melekat dibagian badan motor.

Baca Juga :  Kruk As : Pahami Tanda Kerusakan dan Modifikasinya

Kemudian tidak ada yang salah pada proses pengamplasan berlangsung anda sedikit menambahkan dengan sabun.

Pada dasarnya tidak mengapa jika kita tidak menggunakan proses pengamplasan ini, tetapi hal ini bisa menyebabkan cat bisa dengan mudah terkelupas dalam waktu kurang dari 3 bulan.

Gunakan amplas halus apabila anda ingin melakukan pengamplasan supaya pada saat mengecet. Mesinmotor.com sangat merekomendasikan penggunaan amplas air halus dengan nomor 400.

Selain merek Amplas yang baik, RMC lebih tahan dan tidak mudah sobek, meskipun basah selama berhari-hari.

Seperti yang telah disebutkan, apabila pada body terdapat partikel minyak atau silikon, maka cat tidak dapat menempel meski berulang kali disemprot dengan cat.

 2. Proses Epoxi Filler

Kemudian tahap berikutnya, tubuh motor dilapisi dengan poxy ketika dek motor kering. Tujuan dari lapisan epoksi pertama adalah agar cat tidak mudah cepat lepas.

Tanpa pelapis dengan resin epoksi atau dicat langsung, sebenarnya tidak masalah asalkan kondisi bodi memang belum pernah di cat sebelumnya/ masih bawaan dealer.

Namun apabila sudah pernah dicat ulang, maka sebaiknya terlebih dahulu anda harus melapisi bodi tersebut dengan poxy agar dapat menghindari warna menjadi kriting/mengkerut.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, maka Anda bisa menggunakan cat epoksi samurai dengan harga 44 ribu seberat 500gr.

 3. Tahapan Pengecetan Dasar

Sebelum ditimpa dengan cat, tentu saja, Anda harus terlebih dahulu menunggu cat berbasis epoksi mengering.

Biasanya mengering dalam 2-3 jam tergantung pada merek yang digunakan. Agar tidak kasar, poxy terlebih dahulu harus diampelas.

Anda juga dapat menggunakan amplas nomor 400. Pastikan permukaan poxy benar-benar halus untuk mendapatkan lapisan mengkilap baru.

Proses pelapiasan ini hanya diaplikasikan hanya pada warna tertentu. Jika warnanya merah, maka warna dasarnya adalah putih / merah muda, tidak seperti jika Anda menginginkan warna coklat yang lebih gelap, warna dasarnya harus matt hitam.

Baca Juga :  Harga Lampu Projie : Beat, Vixion, Jupiter dan Mobil

Jika Anda ingin melukis warna hijau stabilo, Anda harus menerapkan cat dasar berwarna putih terlebih dahulu.

Sekali lagi, jika Anda ingin mengecat warna candy, maka cat dasarnya /alasnya musti berwarna perak agar warnanya bisa keluar.

Kemudian apabila ingin menggunakan warna emas, maka warna dasarnya juga harus berwarna silver/ perak metalik.

Selain mengecat cepat, fungsi lain dari warna dasar adalah untuk membuat warna lebih kuat sehingga tidak mudah lepas.

 4. Proses Cat

Sebelum dicat ulang, maka proses pengamplasan dapat anda lakukan setelah cat dasar mengering.

Untuk membuat cat lebih halus, Anda harus menggunakan kertas amplas # 400 kedua yang digunakan untuk mengampelas poxy sebelumnya. Pasir sampai halus, sampai tidak ada lagi debu dan butiran pasir.

Kemudian segera keringkan. Jangan biarkan warnanya larut. Pertama-tama jalankan ujung semprotan pada jarak 20 cm atau sekitar satu tangan dari area yang dicat.

Selama proses pengecatan, Anda dapat membuat hingga 3 level dengan mengambil jeda di setiap level hingga semua permukaan rata.

Tidak kalah penting untuk menggunakan masker saat mengecat tubuh motorik untuk melindungi paru-paru. Sebagai rekomendasinya, gunakan cat samurai Pilox dengan kualitas cat yang hampir cocok dengan cat kompresor.

 5. Proses Clear Coat

Untuk membuat warna Pilox lebih mengkilap, proses terakhir adalah dari lapisan transparan. Sobat bisa menggunakan samurai warna transparan 2k01, yang hanya berharga 46 ribu / kaleng.

Seperti halnya cat, lapisan bening diaplikasikan hingga 3 lapisan dan dioleskan terlebih dahulu. Cukup bersihkan dengan kain kering dan lembut.

Tidak seperti cat yang cepat kering, 8 hingga 10 lapisan bening dibutuhkan untuk mengeringkan dengan keras. Jadi Anda perlu kesabaran dan jangan menyentuh tangan Anda.

Banyak orang yang keliru ingin cepat kering dan mengeringkan hasil pengecetan tersebut di bawah sinar matahari secara langsung.

Baca Juga :  Harga Ban Michelin Terbaru dan Terlengkap

Sebenarnya, panas matahari dapat membuatnya cepat kering, tetapi sifat pengeringan kekuatan ini membuat cat cerah dan tidak berdaya dan dapat merusak struktur lapisan cat.

 6. Tahapan Pemolesan

Akhir dari langkah terakhir adalah langkah pemolesan dengan menerapkan komponen yang berwarna putih.

Sebelum memoles, pastikan bahwa lapisan bening pertama mengering dengan kuat. Di bawah ini adalah penjelasan tentang cara memoles cat mesin baru: Oh ya, langkah pemolesan ini berfungsi untuk menghaluskan bagian permukaan cat.

Amplas transparan pertama dengan nomor amplas 2000. Proses pengamplasan ini bertujuan untuk menghilangkan warna kulit jeruk dan menghilangkan debu dan binatang kecil yang menempel padanya.

Kemudian oleskan secara merata kompon putih dan gosokkan dengan gerakan memutar menggunakan tekanan. Proses ini harus diulangi sampai amplas sebelumnya menghilang dan catnya menjadi seterang cat mobil.

Beda lagi jika Anda memiliki mesin pols yang tidak perlu lagi menggunakan lebih banyak energi untuk memolesnya. Untuk menjaga kualitas warna mengkilap seperti yang terakhir, Anda bisa melakukan proses waxing.

Hal ini dapat anda lakukan dengan menyiapkan obat ringan bisa dengan menggunakan kit, turtell wax atau sejenisnya.

Kemudian Tuang turttel tersebut ke dalam busa yang disertakan dengan gosokkan berulang kali seperti halnya anda mencuci .

Tujuannya tidak hanya untuk meningkatkan kinerja proses waxing, tetapi juga untuk menghapus sisah bekas kompon yang masih melekat.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkait pembahasan mengenai Cara Mengecat Motor Dengan Pilox, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :