Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah

Diposting pada

11 Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah – Pada kesempatan kali ini kembali akan kami sampaikan pembahasan mengenai Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah. Namun dikesempatan sebelumnya kami juga telah mengurai pembahasan mengenai. Komponen Kopling Sepeda Motor . Nah untuk melengkapi isi dari topik pembahasan kita kali ini, maka simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Busi Motor Basah

11 Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah
11 Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah

Busi pada kendaraan anda seringkali basah sehingga terkadang membuat kendaraan anda sulit sekali menyala, hal tersebut terkadang memang sangat mengganggu.

Bahkan sudah kita bersihkan tetap saja tidak selang lama busi tersebut akan kembali mengalami basah kembali dan membuat motor menjadi mogok.

Nah hal tersebut terkadang bukan hanya karena disebabkan oleh kondisi businya, namun ada sejumlah faktor lainnya yang dapat mempengaruhi, sehingga busi pada motor anda kerap kali menjadi basah, yang diantaranya ialah.

1. Setelan Karburator Kurang Pas

Apabila kita asal-asalan dalam menyetel karburator sehingga kemudian membuat tekanan udara dan bahan bakar menjadi tidak seimbang (terlalu gemuk), yang kahirnya akan mengakibatkan busi pada kendaraan motor anda selalu mengalami kebanjiran/dibasah oleh bensin.

Yang mana stelan standar menurut aturan pabrik pada karburator ialah 14 : 1 atau 14 gram udara berbanding 1 gram bensin.

2. Kebocoran Oli Mesin

Kemudian bisa karena disebabkan oleh adanya kebocoran oli mesin, yang mana kebocoran oli ini dapat terjadi sebab packing yang terdapat mesin motor anda telah hancur , sehingga akhirnya mengakibatkan oli rembes yang keluar dari sela-sela seal pada poros engkol atau li keluar melalui seal presneling yang mungkin juga sudah mulai rusak.

Baca Juga :  Warna Kabel Sepeda Motor

3. Air yang Masuk ke dalam Mesin

Kemudian faktor penyebab selanjutnya ialah karena mesin dimasuki air, sehingga air tersebut masuk ke dalam mesin motor anda, yang kemudian membuat rumah busi menjadi sering basah dan menggenggu proses pengapian.

Cara Mengatasi Busi Motor yang Basah

Apabila motor anda sering mengalami mogok karena disebabkan busi selalu basah, maka alangkah baiknya anda jangan tergesah-gesah untuk mengganti busi yang baru. Namun pastikan dan cek terlebih dahulu mengapa kendaran motor anda bisa mogok. Nah apabila anda sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab busi motor anda basah, maka anda dapat menyelidiki dengan sebagai berikut.

  • Cara yang dapat dilakukan pertama ialah dengan mencoba untuk mengembalikan terlebih dulu setelan karburator motor anda kesetelan awalnya (setelan standar)
  • Kemudian apabila yang menjadi penyebab busi motor anda selalu basah karena diakibatkan oleh rembesan oli mesin, maka anda harus segera mengganti seal dengan yang baru
  • Kemudian apabila kedua langkah diatas sudah semua normal, maka selanjutnya anda bisa mencoba mengecek filter udara. Apabila filter tersebut kemasukan air, maka anda bisa hanya cukup membersihkannya.

Penyebab Umum Busi Motor Cepat Mati

11 Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah
11 Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah

Di bawah ini terdapat beberapa hal yang sering kali kerap menyebakan busi pada motor anda selalu cepat rusak dan mati, berikut ini merupakan faktor penyebabnya:

1. Pemasangan Kurang Tepat

Penyebab yang pertama adalah karena pemasangannya kurang tepat walaupun terkesan sepele namun anda harus lebih hati-hati dalam memasang busi.

Selain itu Pemasangan tidak tepat lainnya bisa karena diakibatkan karena terlalu longgar, atau kedudukan busi tidak pada karena disebabkan oleh jalur baut (jalur ulir) sudah mengalami kerusakan.

2. Kebocoran Kompresi Mesin

Kemudian faktornya penyebab selanjutnya ialah karena Kompresi mesin mengalami kebocoran sehingga mengakibatkan tekanan yang seharusnya terjadi pada silinder di ruang pembakaran atau combustion chamber menghilang.

Baca Juga :  Menghidupkan Motor Matic

Yang menjadi ciri khas mengenai tanda-tanda terjadinya kebocoran pada kompresi mesin ialah nantinya tenaga mesin akan menjadi mengempos, sistem pembakaran yang tidak bekerja secara normal, sehingga membuat busi menjadi cepat mati.

3. Setelan Bahan Bakar

Kemudian faktor penyebab selanjutnya ialah pemilihan jenis bahan bakar, yang mana dalam hal ini apabila memilih tingkat oktan terlalu rendah , maka hal tersebut bisa mengakibatkan hisapan bensin akan menajdi kebanyakan.

Kemudian selain membuat sepeda motor bisa menjadi semakin lebih boros, pada busi juga akan cepat mati sebab karena terlalu kebanyakan disiram bensin.

Nah agar dapat mengeceknya, maka Anda dapat memperhatikan pada bagian elektroda busi. Apabila bahan bakar menjadi semakin boros, maka akan membuat bagian atas busi akan menjadi basah.

4. Korsleting Jalur Pengapian

Kemudian yang menjadi faktor penyebab mengapa busi cepat mati selanjutnya ialah karena terjadinya korsleting pada jalur pengapian. Indikatornya yang terkadang sering membuat motor menjadi brebet.

Selain itu, akan membuat motor menjadi mati total (tidak dapat dinyalakan ) pada saat usai motor dimandikan.

Kemudian bukan hanya mengakibatkan busi cepat mati saja, melainkan adanya korsleting yang terjadi di jalur pengapian dapat mengakibatkan beberapa komponen lain, misalnya CDI, koil dan spul akan menjadi cepat mati.

Cara Mengatasi Busi Motor Cepat Mati

  • Langkah pertama adalah dengan memastikan posisi pada saat memasang busi sudah tepat/pas.
  • Kemudian apabila kompresi -pada mesin motor anda mengalmi kebocoran, maka cepatlah bawa motor ke bengkel agar dapat segera diukur nilai kompresi mesinnya dengan memakai compression tester.
  • Kemudian upayakan agar anda selalu memakai jenis bahan bakar yang memiliki nilai oktan yang standar yakni sekitar 90 (pertamax)
  • Lakukan penyetelan pabrik pada setelan bahan bakar. Sebab secara umum kendala ini, sering terjadi pada jenis kendaraan motor yang masih memakai sistem karburator.
  • Lakukan pengecekan pada jalur pengapian dan perhatikan juga apakah ada bagian kabel yang terbakar.
Baca Juga :  Harga Ban Pirelli Semua Ukuran Murah dan Terbaik

Penyebab Utama Busi Motor Hitam

Kemudian bukan hanya basah, beberpa masalah yang biasanya kerap terjadi dan di alami pada busi motor ialah bagian pangkal/bawah busi yang biasanya sering menghitam,.

Nah setelah hargaindo.com selusuri penyebab dari adanya masalah ini yakni masalah busi motor menghitam ialah karena disebabkan oleh Campuran bensin yang berlebihan/ banyak.

Sehingga kemudian menyebabkan campuran bensin dan udara menjadi tidak seimbang/tidak sesuai dengan standar.

Dimana Ukuran standar pabrik dalam menyetel karburator ialah 14 : 1 atau 14 gram udara dengan berbanding 1 gram bensin. Kemudian mengenai penyebab motor yang sering kali menjadi boros ialah disebabkan oleh:

  • Pengaturan sekrup udara yang tidak sesuai/tepat
  • Kemudian Ukuran pilot jet karburator yang kebesaran
  • Kemudian terjadi kemampetan pada Filter
  • Kemudian kondisi Choke karburator masih dalam posisi tertutup

Cara Mengatasi Busi Motor Hitam

Langkah pertama ialah terlebih dahulu melakukan pengecekan pada bagian filter udara motor. Caranya ialah melepas filter kemudian melihat keadaan permukaan filter tersebut.

Jika kondisi filter sangat kotor, maka pada kotoran yang mengendap di permukaan filter tersebut bisa menghalangi udara yang akan masuk ke intake.

Sehingga kemudian membuat kevakuman pada selang udara disetelan filter menjadi besar pada saat mesin sudah mulai bekerja, hal inilah mengakibatkan bensin yang terhisap ke venturi akan manjadi semakin besar.

Demikianlah pembahasan kali ini Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :