Setting APN Indosat

setting apn indosat

Setting APN Indosat – Internet sekarang ini menjadi suatu kebutuhan pokok bagi manusia. Karena buntut adanya perkembangan ponsel atau telepon genggam yang semakin canggih. Yang harus dan membutuhkan koneksi internet untuk memaksimalkan penggunaan ponsel pintar tersebut.

Internet biasanya di sediakan oleh layanan penyedia jasa internet yang biasa di sebut dengan PJI.atau biasa juga di sebut dengan internet service provider. Penyedia layanan internet di indonesia banyak ragamnya. Seperti telkomsel, indosat dan masih banyak lagi.

Kalian jika ingin menggunakan internet pastinya harus membeli layanan tersebut, dari pihak penyedia layanan tentunya. Dengan membayar biaya yang sudah di tentukan dari penyedia layanan yang bisa berbentuk paket kuota dan juga paket bulanan rutin.

Wifi adalah salah satu bentuk dari layanan yang di sediakan oleh provider seperti indihome. Yang di peruntukan untuk layanan internet skala rumahan atau juga bisa perindustrian. Namun kita sangat jarang sekali memasang wifi ini, selain penggunaan yang terbatas juga sedikit mahal.

Berbeda dengan layanan internet yang berbentuk kuota, kita biasa membeli sesuai dengan kebutuhan kita masing – masing. Sehingga harga yang di bayarkan bisa lebih murah dan kuota internet juga lebih fleksibel karena bisa di gunakan kemana – mana.

Pengaturan Internet Pada Ponsel

apn indosat

Namun sebelum kalian menggunakan internet kalian harus mengatur yang namanya APN. Apa itu APN? APN adalah singkatan dari access point name, APN ini bisa di ibaratkan jalan atau jembatan menuju jaringan yang di sediakan oleh internet service provider.

Jadi fungsi APN adalah untuk mengenali jaringan yang kita pakai, biasanya jaringan yang umum di pakai oleh masyarakat indonesia adalah gprs, 3G, 4G dan hingga 5G. Namun penggunaan jaringan yang paling sering di gunakan di indonesia adalah 3G, dan 4G. Kalau 5G masih jarang.

Untuk mengatur APN biasanya kita harus melihat dahulu dari JPI atau ISP yang kita gunakan. Apakah kita menggunakan layanan dari indosat atau dari layanan telkomsel. Jadi kita bisa mengetahui pengaturan APN yang akan kita atur di pengaturan jaringan ponsel.

Untuk mengatur APN akan saya jelaskan di dalam artikel ini. Saya akan memberikan penjelasan mengenai APN indosat. Karena banyaknya pengguna indosat di sekitar saya jadi saya akan membahas ini terlebih dahulu. Nanti di artikel selanjutnya saya juga akan membahas yang lainnya.

Langsung saja kita masuk ke dalam pembahasan mengenai pengaturan APN indosat, selengkapnya di bawah ini.

Cara Setting APN Indosat

Sebelum masuk ke dalam penjelasan mengenai setting apn indosat, kalian harus pastikan terlebih dahulu, kalian menggunakan indosat. Jika bukan indosat maka kalian tidak bisa setting dengan pengaturan – pengaturan yang saya berikan nanti.

Dan untuk letak menu pengaturan di setiap ponsel pastinya berbeda – beda. Jadi apa yang saya jelaskan tidak mungkin sama dengan ponsel yang lainnya. Jadi intinya kalian harus menemukan menu pengaturan di ponsel kalian sendiri.

Langsung saja kita masuk ke dalam pembahasan mengenai setting apn indosat di bawah ini. Ikuti step by step nya yang sudah saya berikan.

  • Pertama kalian bisa buka menu pengaturan pada ponsel kalian.
apn indosat 2021
  • Lalu pilih menu jaringan dan kartu sim.
indosat apn tercepat
  • Selanjutnya kalian bisa pilih salah satu penyedia layanan provider kita yaitu indosat.
  • Dan kalian bisa pilih menu yang bernama nama titik akses. Jika ponsel kalian berbahasa inggris maka artikan seperti itu.
cara atur apn
  • Lalu kalian akan masuk ke dalam pengaturan. Pilih icon tambah di bagian bawah layar. Dengan keterangan apn baru.
apn indosat terbaru
  • Lalu kalian bisa masukkan sesuai yang saya berikan di bawah ini.
atur apn indosat

Atur APN Indosat Biasa

Untuk kalian yang ingin mengatur apn indosat yang biasa di gunakan oleh orang – orang kalian bisa isikan di dalam kolom yang tadi sudah saya jelaskan. Di dalam menu apn barunya.

Nama apn :indosat apn 1
APN : indosatgprs
Proxy :10.19.19.19
port : 8080
nama pengguna : indosat
kata sandi : indosat
server : empty (no data entry)
mmsc : empty (no data entry)
proxy mms : empty (no data entry)
port mms : empty (no data entry)
mcc :510
MNC : 01
Jenis autentikasi :
Jenis apn : default,supl
protokol apn : ipv4
protokol roaming apn :ipv4

isikan data yang saya berikan di atas sesuai kolom yang ada di dalam menu apn baru. Tidak perlu kalian modifikasi atau setting ulang lagi. Jika kalian ingin mencoba settingan apn indosat yang lainnya kalian bisa ikuti pengaturan di bawah ini.

Pengaturan Apn Indosat Internet Cepat

Setelah kalian selesai mengatur apn yang sesuai pengaturan di atas, maka setelah itu kalian bisa menggunakan internet dari penyedia layanan indosat. Namun saya ingin memberikan sebuah informasi yang mungkin bisa di katakan penting.

Karena informasi ini adalah saya akan memberikan pengaturan cara setting apn indosat super cepat. Kecepatan yang di hasilkan dari settingan pertama lebih dari dua kali lipatnya. Jadi kalian bisa mengatur spn yang baru lagi dengan pengaturan sebagai berikut.

Nama : Indosat4G

APN : indosatgprs

Proxy : 10.19.19.19

Port : 8080

Nama penguna atau Username: indosat

Kata Sandi atau Password : indosat

Server : wap.indosat.com

Masukkan saja pengaturan pada kolom yang sesuai dengan pengaturan di atas. Jika kolom tidak ada maka keterangannya jangan di isi dengan kode atau angka apapun. Jadi kalian ikuti saja pengaturan dan nama setiap kolom yang tersedia di atas.

Mengapa Harus Setting APN Sebelum Menggunakan Internet?

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, pasti timbul pertanyaan yaitu mengapa kita harus setting apn indosat. Jawabannya adalah apn sebagai penghubung antara kita dengan jaringan internet dari penyedia layanan internet. Semacam jalan atau jembatan.

Sehingga jika tidak ada apn maka kita tidak bisa menggunakan jaringan yang tersedia dari penyedia layanan internet. Walaupun kita sudah membeli kuota atau memasang wifi, tetap kita harus menyetting apn ini.

Karena kadang di setiap provider berbeda – beda, ada yang harus menyetting apn secara manual dan juga provider yang sudah secara otomatis apn tersedia. Jadi artikel ini untuk berjaga – jaga, jika sewaktu – waktu apn yang kalian atur mengalami gangguan.

Maka kalian bisa gunakan pengaturan apn yang lainnya untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih cepat dari pada apn yang sudah ada. Jadi sudah paham ya mengapa kita harus setting apn indosat dan apn lainnya.

Penutup

Sekian yang dapat saya sampaikan di dalam artikel ini yang menjelaskan bagaimana cara setting apn indosat. Jadi jika kalian mengalami kesulitan di dalam menggunakan jaringan internet kalian bisa mengatur jaringan selulermu sendiri.

Jika ada kesalahan dalam saya membawakan penjelasan kali ini saya sangat mohon maaf. Jika kalian ada pertanyaan lain mengenai masalah apn indosat ini, kalian bisa tanyakan di kolom komentar yang sudah saya sediakan di akhir artikel.

Dan jangan lupa juga kunjungi artikel saya yang lainnya, yang menjelaskan topik – topik yang menarik mengenai game dan juga aplikasi android. Kalian bisa kunjungi lewat link yang sudah saya sediakan di bawah ini.

Ganti Password Wifi IndiHome ZTE

Filter IG Jedag Jedug