Klep Satria FU Berisik

Diposting pada

Klep Satria FU Berisik – Mesin satria panas dan suara pada mesinnya berisik terkadang sering mengganggu, bukan hanya mengganggu pemiliknya saja, melainkan orang disekitarnya juga.

Secara umum gejala ini sering muncul pada semua RPM, selain itu beberapa motor juga akan mengalami hal ini apabila telah mencapai RPM 7000 keatas.

Sebab seiring terus meningkatnya putaran mesin maka akan semakin cepat juga beberapa komponen pada mesin saling melakukan interaksi antara satu dengan yang lainnya untuk memenuhi laju lecepatan.

Sehingga dengan hal tersebut suara yang akan dihasilkan akan semakin menjadi sangat keras.

Namun, seperti yang kita ketahui bahwa didalam kinerja mesin sudah tersedia sistem pelumas yang mana sistem tersebut akan bekerja untuk melumasi setiap komponen mesin supaya apabila terjadi gesekan maka tidak mengakibatkan terjadinya friksi atau bunyi pada saat gesekan.

Akan tetapi masih banyak saja beberapa jenis mesin yang terkadang masih kerap mengeluarkan bunyi berisik walaupun sudah diberi oli yang baru.

Hal ini yang masih banyak dirasakan oleh sebagian orang, bahkan banyak diantaranya sering mempelajari kasus ini, namun mereka masih bingung mengapa kondisi motor yang normal, masih mengeluarkan bunyi yang sangat mengganggu?

Nah di bawah ini hargaindo.com akan sedikit mengulas masalah yang mungkin selama ini sudah mengganggu, berikut merupakan penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Ampuh Penyebab & Cara Mengatasi Mesin Satria FU Berisik Ketika Panas

Ampuh Penyebab & Cara Mengatasi Mesin Satria FU Berisik Ketika Panas
Ampuh Penyebab & Cara Mengatasi Mesin Satria FU Berisik Ketika Panas

Terdapat banyak hal yang bisa mengakibatkan mengapa mesin sering mengeluarkan suara yang sangat kasar.

Yang mana hal ini juga bisa disebabkan karena sejumlah komponen mesin yang masih terbuat dari material logam.

Misalnya saja pada mesin Satria, yang mana beberapa pemilik mengungkapkan masalah mengenai suara kasar tersebut bisa karena disebabkan juga, seperti berikut ini.

Penyebab Komponen Rantai Timing Yang Kendor

Ampuh Penyebab & Cara Mengatasi Mesin Satria FU Berisik Ketika Panas
Ampuh Penyebab & Cara Mengatasi Mesin Satria FU Berisik Ketika Panas

Apa itu Rantai timing atau biasa dikenal juga dengan sebutan rantai keteng yakni merupakan rangkaian tali baja yang menjadi sebuah penghubung antara poros engkol dan poros nok.

Baca Juga :  Injeksi Vario 125 Bermasalah

Diman fungsinya sendiri ialah supaya pada bagian katup dapat terbuka dan menutup dengan sesuai, karena rantai ini memiliki berbahan besi, jadi sudah pasti akan mempunyai daya renggang , terlebih besi tersebut apabila terkena panas dengan secara terus menerus. 

Sehingga akhirnya membuat rantai secara perlahan mengalami suatu pemuaian, dengan terjadi pemuaian tersebut sehingga akhirnya terjadi suatu gangguan pada pembukaan katup.

Bukan hanya itu saja hal tersebut juga sangat berdampak pada suara mesin yang akhirnya suaranya menjadi sangat berisik.

Seperti yang kita ketahui bahwa ukuran rantai ini memang sangat kecil apabila kita dibandingkan dengan rantai pada roda.

Namun dengan kekuatan rantai tersebut mampu membuat suatu putaran hingga mencapai 5.000 Rpm. Mak wajar saja apabila mesin mulai pantas, sehingga akhirnya suara mesin tersebut akan terdengar keluar.

Adanya kasus ini pada awalnya sangat mudah untuk diatasi yakni cukup dengan hanya melakukan penggantian pada tensioner chain dengan tipe yang manual.

Mengapa dengan yang manual? ya’ hal ini supaya mempermudah kita untuk melakukan penyesuaian dalam menyetel ketegangan rantai. Nah sedangkan pada penggunaan tensioner standar sudah tidak bisa dilakukan penyesuaian sebab sudah atur dengan secara otomatis melawati mekanisme pegas.

Akan tetapi apabila ada kesalahan dalam melakukan penyesuai terhadap penggantian tensioner tipe yang manual, maka hal tersebut akan berimbas pada rantai tersebut, yakni rantai akan menjadi putus.

Maka cara yang dapat kita gunakan untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan cara mengganti rantai mesin dengan baru, yang mana cara ini dianggap sangat aman jika dibandingkan dengan modifikasi tensioner manual.

Untuk melakukan pergantian rantai keteng merupakan hal yang sangat sulit, pasalnya hal ini juga berkaitan dengan top mesin.

Lantas apa yang dimaksud dengan Top mesin? yakni dimana piston tengah bertempat pada kedudukan sudut 0 derajat seiring dengan bekerjanya kompresi. Dengan hal tersebut kemudian dapat membebaskan 4 katup.

Di bawah terdapat beberapa cara tentang bagaiman cara mengganti rantai timming Satria Fu yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu dengan cara membuka cover pada poros engkol kemudian buka juga cover timming gear dibagian atas.
  • Kemudian sesuaikan posisi Top dengan cara saling menyesuaikan adanya coakan yang terdapat di bagian gear engkol serta gear noken terhadap coakan yang terdapat dibagian blok mesin.
  • Nah jika kedudukan piston telah menempati Top, kemudian kita mulai melepaskan cover gear engkol agar dapat memberikan kemudahan pada saat akan melepaskan roda gigi timing.
  • Selanjutnya kita harus melakukan pelepasan gear engkol dan tensioner rantai supaya dapat mengeluarkan rantai dari dalam tempatnya berada.
  • Kemudian apabila anda ingin memasangnya, perhatikan terlebih dahulu bahwa rantai tersebut sudah saling bertautan dengan kedua roda gigi dann dalam kedudukan sudut yang sesuai, kemudian nanti barulah kita mulai pasang gear engkol pada bagian bawah.
  • Kemudian teruskan kembali dengan mengencangkan tensioner supaya dapat memberikan keregangan pada timming chain.
  • Selanjutnya kita pasang semua cover engine yang sudah kita lepas tadi.
Baca Juga :  Harga Suzuki Burgman Street 125 Review Kelebihan & Kekurangan

Baca Juga : Modifikasi Thailook – Beat, Mio, Vario, Scoopy dan Style 2019

Penyebab Bagian Katup Mesin Mulai Aus/Renggang

Dalam kasus Suzuki Satria, teknologi DOHC telah dirancang sedemikian rupa sehingga ada 4 katup yang terdapat di dalam kepala silinder.

Kemudian adanya kebisingan ini juga bisa karena dihasilkan oleh katup ini yang mana apabila ruang yang ada diantara katup terlalu lemah.

Dimana celah standar ini ialah sekitar 0,20 mm pada katup intake dan o 30 mm pada ukuran katup yang berfungsi untuk pembuangan.

Apabila ruang yang ada justru lebih besar dari pada ukuran standarnya, maka hasilnya akan membentuk suatu pukulan yang sangat kuat dari lengan ayun pada bagian batang katupnya.

Sehingga akhirnya membentuk bunyi tik pada ketika mesin mulai bekerja dan suara ini bisa menghilang dengan secara cepat ketika mesin tengah panas.

Namun bukan berarti adanya maslah ini telah terselesaikan, dimana suara yang hilang karena disebabkan katup telah mengalami pengembangan mengembang dengan jarak yang berkurang.

Namun pada saat motor telah menjadi dingin, maka suara tersebut akan kembali seperti semula.

Penyebab Noken As “CamShaft” Mulai Longgar Kocak/Oblak

Kemudian hal yang harus sobat ketahui juga mengenai poros nok yang ada pada mesin Satria sangat berbeda dengan yang ada pada mesin motor lainnya.

Dimana poros nok pada satria, hanya memakai sebuah bantalan tempel yang letaknya ada pada celah yang terdapat diantara pada kepala silinder dan juga cover nok serta bukan memakai bantalan dengan jenis bearing.

Sehingga dengan hal ini menyebabkan terjadinya pembesaran terhadap celah ketika mesin mulai melakukan kinerjanya dengan secara terus menerus.

Yang mana terjadinya Pembesaran celah ini kerena diakibatkan adanya suatu gesekan yang berlangsung diantara poros dan celah ini.

Baca Juga :  Penyebab Oli Keluar Dari Selang Pernafasan Mesin

Maka hal yang bisa dilakukan adalah dimana biasanya beberapa pemilik modifikasi mesinnya dengan cara menambahkan bantalan pada bagian kepala silinder.

Nah penambahan ini bisanya dengan cara membubut bagian kepala silinder kemudian memasang bantalan tambahan yang sebelumnya telah disesuaikan dengan ukuran pada diameter noken as.

Penyebab Oli Mesin Yang Berkurang

Seperti yang kita ketahui bahwa Oli mesin mempunyai fungsi sebagai pelumas komponen mesin, yang apabila berbagai komponen mesin Klep Satria FU tidak dilumasi, maka akan membuat suara mesin menjadi kasar karena disebabkan keausan.

Kemudian beberapa komponen misalnya saja seperti katup dan poros nok biasanya kerap mengalami hal ini, hal ini disebabkan karena kedudukannya yang berada diatas mesin.

Apabila sistem oli masih bekerja secara normal, maka oli tersebut akan distribusi ke semua bagian, meliputi bagian kepala silinder juga.

Akan tetapi apabila oli yang ada di dalam mesin mengalami kekurangan dan tidak cepat diisi kembali, maka proses distribusi pelumasan tidak akan bekerja dengan optimal hingga mencapai 100%.

Kemudian apabila ada komponen yang tidak dilumasi, maka antara komponen satu dengan yang lainnya akan mengalami gesekan.

Sehingga dengan adanya gesekan tersebut akan menghasil mesin akan bersuara berisik yang timbul akibat panas karena keausan. Maka oleh sebab itu slalu lakukan pengecekan dengan menggunakan stik oli supaya bisa mengetahui berapa ukuran volume oli yang terdapat didalam mesin.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Ampuh Penyebab & Cara Mengatasi Mesin Satria FU Berisik Ketika Panas, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :