Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Cara menggunakan aplikasi peduliLindungi – Saat ini aplikasi pedulilindungi telah menjadi aplikasi yang sangat penting untuk digunakan. Namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan apk pedulilindungi ini.

Jika memang kalian masih bingung bagaimana cara menggunakan aplikasi pedulilindungi ini, maka disini akan memberikan kalian informasi secara lengkap

Namun, sebelum masuk ke pembahasan lebih dalam, kami disini akan menjelaskan kepada kalian aplikasi ini secara detail

Aplikasi pedulilindungi ini memang menjadi apk yang paling penting untuk kalian download di hp kalian masing-masing.

Karena memang apk pedulilindungi ini merupakan apk penting yang sudah ditetapkan oleh pemerintah kita sendiri dan menjadi salah satu syarat dalam melakukan perjalanan.

Di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, kita harus menerapkan protokol kesehatan agar kasus covid-19 ini lebih menurun.

Salah satunya adalah dengan menaati aturan pemerintah untuk menggunakan apk pedulilindungi.

Aplikasi yang satu ini harus kalian gunakan saat kalian ingin melakukan perjalanan baik menggunakan transportasi udara, laut, darat dan lain sebagainya.

Ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan apk pedulilindungi ini. Pasalnya aplikasi ini baru gencar digunakan sekarang.

Nah, pada artikel kali ini kami ada memberikan informasi kepada kalian mengenai cara menggunakan apk yang satu ini.

Jika memang kalian penasaran dan belum tahu caranya, kalian dapat melihat caranya dibawah ini yang sudah kami siapkan

Cara Membuat Akun Di Aplikasi PeduliLindungi

Hal yang pertama yang harus kalian lakukan sebelum menggunakan apk pedulilindungi ini adalah membuat akun terlebih dahulu.

Kalian harus membuat akun terlebih dahulu agar kalian bisa menggunakan apk ini dengan mudah dan tidak perlu ribet.

Cara membuat akunnya sangatlah mudah sekali, kalian hanya tinggal mendownload apk nya saja yang sudah tersedia di Google Play Store dan juga App Store.

Buat kalian yang belum mengetahui cara membuat akun di apk pedulilindungi ini kalian tenang saja karena pada artikel ini kami sudah siapkan semua caranya, agar dapat memudahkan kalian.

Baca Juga :  Gaji Pegawai BNN Non PNS Semua Lulusan UPDATE 2022

Dibawah ini adalah langkah-langkah membuat akun di aplikasi pedulilindungi sebagai berikut:

  • Pertama kalian download aplikasi PeduliLindungi melalui Google Play Store dan juga  App Store.
  • Setelah kalian selesai mendownload dan menginstall maka kalian bisa langsung membuka apk tersebut.
  • Lalu kalian “izinkan akses” untuk lokasi, penyimpanan dan kamera
  • Untuk selanjutnya kalian akan bisa membuat akun dengan menggunakan data diri kalian yang diminta dari aplikasi tersebut, seperti nama lengkap, KTP, Nik dan juga nomor hp kalian yang masih aktif
  • Setelah kalian pastikan semuanya benar, maka kalian bisa langsung klik “Daftar”.
  • Kemudian kalian masukkan “kode OTP” yang sudah kalian terima melalui nomor telepon kalian.
  • Lalu kalian klik “Confirm”.
  • Selesai. kalian sudah bisa menggunakan apk pedulilindungi.

Setelah kalian sudah memiliki akun, maka kalian bisa mengakses apk pedulilindungi dengan menggunakan nomor telepon yang sudah terdaftar.

Nantinya kalian akan dikirimkan kode OTP melalui nomor telepon kalian untuk melakukan verifikasi ke apk nya.

Nah, seperti cara-cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat akun didalam apk pedulilindungi

Itulah tadi langkah-langkahnya pastikan kalian mengikut langkah-langkah diatas dengan benar dan baik.

Baca Juga: Fm whatsapp

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi Melalui Hp

Seperti yang sudah kami bilang diatas tadi, bahwa apk pedulilindungi ini sangat-sangat dibutuhkan dan menjadi syarat utama untuk kalian bisa melakukan perjalanan jauh.

Cara menggunakan apk ini sangatlah mudah sama seperti kalian menggunakan apk pada umumnya

Memang apk ini baru-baru ini sangat gencar digunakan jadi wajar saja jika masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Nah, oleh karena itu, kami disini akan memberikan kepada kalian informasi mengenai cara menggunakan apk pedulilindungi ini.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan aplikasi pedulilindungi melalui hp di bawah ini yang sudah kami sajikan buat kalian.

  • Pertama-tama kalian buka aplikasi “PeduliLindungi” yang sudah kalian download, lalu kalian “Login” menggunakan nomor telepon kalian yang sudah terdaftar.
  • Nantinya kalian akan dikirimkan kode OTP. Setelah kalian menerima kode OTP kalian masukkan “Kode OTP” ke dalam kolom yang tersedia disana.
  • Jika proses login telah selesai, maka kalian akan langsung dibawa ke halaman utama apk nya.
  • Di dalam halaman utama aplikasi nya terdapat banyak sekali menu, antara lain, Diary Perjalanan, Scan Code QR, Teledokter, Pendaftaran Vaksin, Paspor Digital
  • Kalau kalian ingin menggunakan apk ini sebagai syarat perjalanan, maka kalian bisa langsung buka dan klik menu “Paspor Digital”.
  • Nantinya akan muncul informasi berupa sub menu Sertifikat Vaksin dan Hasil Test Covid-19.
  • Nah, dengan adanya informasi ini kalian bisa menunjukkan bukti hasil test Covid-19 kalian kepada petugas.
Baca Juga :  Gaji Umr Malang

Bagaimana, sangat mudah bukan menggunakan apk ini, Tetapi ada satu cara lagi yang bisa digunakan melalui apk pedulilindungi ini.

Cara ini adalah scan barcode, apakah diantara kalian semua sudah pada tahu cara penggunaannya, jika memang kalian belum mengetahuinya kalian tenang saja, kalian dapat melihat caranya dibawah ini sudah kami sedia.

Cara Melakukan Scan Barcode Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Kalian tidak hanya melakukan perjalanan saja, namun apk ini juga kerap kali dibutuhkan untuk memasuki tempat umum, seperti cafe, mall dan lain sebagainya.

Tahukah kalian sudah ada beberapa daerah yang menerapkan hal ini dimana kalian akan menggunakan scan code QR yang ada didalam apk pedulilindungi.

Cara menggunakan scan barcode melalui apk pedulilindungi ini sangatlah mudah sekali, tetapi bagi kalian yang belum mengetahuinya pasti masih merasa bingung, kalian tidak perlu bingung karena disini kami akan memberikan informasinya kepada kalian.

Berikut ini merupakan langkah-langkah melakukan scan barcode melalui aplikasi pedulilindungi bawah ini:

  • Kalian buka aplikasi “PeduliLindungi”, lalu kalian klik “Login” ke dalam apk ini menggunakan nomor telepon yang sudah terdaftar.
  • Setelah berhasil masuk, maka di halaman utama kalian pilih menu “Scan Code QR”.
  • Jika sudah terbuka, maka kalian langsung saja klik “Scan Code QR” yang terdapat di lokasi, lalu kalian bisa perlihatkan hasilnya kepada petugas.
  • Berikutnya, kalian tunggu hasilnya apakah kalian diperbolehkan untuk masuk atau tidak.
  • Jika memang kalian mendapatkan hasil yang berwarna “hijau” itu artinya kalian “diperbolehkan masuk”, namun jika kalian mendapatkan hasil dengan warna “kuning” artinya kalian harus “melakukan scan code ulang”, tetapi jika kalian mendapatkan hasil dengan warna “merah” artinya kalian “tidak di boleh masuk”.

Buat kalian yang mengikut langkah-langkah diatas ini pastikan kalian mengikutinya dengan benar, agar pada saat kalian mengikuti langkah-langkah diatas tidak terjadi kesalahan.

Cara Download Sertifikat Vaksin Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Cara download sertifikat vaksin ini sangatlah mudah sekali, tetapi masih banyak yang belum mengetahuinya dan masih banyak yang merasa kebingungan.

Baca Juga :  Cara Menghitung cc Motor

Setelah kalian sudah memiliki akun di apk peduli lindungi, maka kalian sudah bisa menggunakannya untuk mengecek sertifikat vaksin tersebut.

Berikut ini langkah-langkah download sertifikat vaksin melalui aplikasi pedulilindungi dibawah ini:

  • Pertama kalian buka aplikasi PeduliLindungi lalu kalian klik “Login” dengan menggunakan nomor telepon kalian
  • Kemudian kalian masukkan kode OTP yang sudah kalian terima pada kolom yang tersedia
  • Lalu kalian pilih “Paspor Digital” dan klik “Nama” dan pilih “Sertifikat Vaksin
  • Jika sudah semua, kalian Klik “Unduh” untuk menyimpan sertifikat vaksin.

Bagaimana sangat mudah bukan cara mendownload sertifikat vaksin ini. Jadi buat kalian yang baru pemula tidak perlu bingung karena cara mendownload sertifikat vaksin ini sudah terbilang sangatlah mudah sekali.

Baca Juga: Aplikasi sadap wa

Cara Daftar Vaksin Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Nah, seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, bahwa aplikasi pedulilindungi ini telah menyediakan menu pendaftaran vaksin.

Jadi buat pengguna pedulilindungi yang ingin mendapatkan vaksin, bisa langsung melakukan pendaftaran melalui aplikasi pedulilindungi.

Jika memang kalian belum mengetahui cara daftar vaksin ini, kalian tidak perlu khawatir karena di bawah ini kami sudah menyiapkan langkah-langkahnya agar dapat memudahkan kalian semua.

Berikut ini adalah langkah-langkah daftar vaksin melalui aplikasi pedulilindungi dibawah ini:

  • Buka aplikasi PeduliLindungi lalu kalian klik “Login” dengan menggunakan nomor telepon kalian
  • Selanjutnya, kalian KIik menu “Pendaftaran Vaksin” 
  • Lalu kalian isi data diri kalian berupa nama lengkap, tanggal lahir, nomor ponsel, NIK,jenis kelamin, alamat sesuai KTP
  • Jika sudah kalian klik “Selanjutnya” dan masukkan ke kode verifikasi

Nah, itulah tadi langkah-langkahnya bagaimana mudah bukan cara daftar vaksin ini? buat kalian ingin divaksin kalian dapat mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar.

Kesimpulan

Sebenarnya cara menggunakan aplikasi pedulilindungi ini sangatlah mudah sekali, tetap bagi kalian yang belum mengetahuinya kalian dapat melihat informasinya diatas ini yang sudah kami sediakan.

Baca Juga: Cara daftar shopee food

Itulah tadi informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian, semoga dengan adanya pembahasan ini dapat berguna dan menjadi bermanfaat buat kalian semua yang membacanya sampai jumpa lagi pada pertemuan berikutnya.