Cara Cek Bantuan Umkm

Diposting pada
Cara Cek Bantuan Umkm

Cara Cek Bantuan Umkm – Halo, berjumpa lagi dengan hargaindo.com, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak kalian semua untuk membahas mengenai cara cek bantuan umkm, apakah diantara kalian semua sudah pada tahu cara cek bantuan umkm ini.

Jika kalian belum mengtahui cara cek bantuan umkm ini, kalian bisa menyimak dibawah ini yang sudah kami sediakan.

Blt umkm ini adalah salah satu bantuan yang diberikan oleh pemerintah pada masa pandemi. Bantuan yang diberikan pemerintah ini hanya dikhususkan untuk para pelaku usaha.

Apalagi sejak adanya pandemi virus corona ini, banyak sekali para pelaku usaha mikro yang mengalami penurunan pendapatan karena disebabkan adanya virus conan.

Namun tidak hanya itu saja, usaha yang lain pun ikut mengalami hal serupa.

Oleh karena itu, pemerintah akan memberikan bantuan langsung kepada para pelaku usaha mikro di indonesia. Dengan adanya bantuan umkm ini, diharapkan dapat membantu usaha para pelaku mikro supaya lebih berkembang walaupun di tengah masa pandemi.

Selain itu, bantuan ini bisa membuka lapangan pekerjaan dan penopang ekonomi di masa krisis.

Cara cek bantuan umkm online  ini memang perlu kalian katahui agar bisa mengetahui apakah kalian mendapatkan bantuan atau tidak.

Nantinya para pelaku usaha mikro akan mendapat bantuan sebesar 1,2 juta. oleh pemerintah

Untuk jadwal bulan oktober tahun 2021 ini, memiliki jumlah kota sebanyak 500 ribu umkm.

Jika kalian merupakan pelaku usaha dan ingin mendapatkan batu ini, maka kalian bisa mendaftarkan ke dinas koperasi usaha kecil menengah di kabupaten dan kota kalian

Dana yang disediakan untuk bantuan umkm tahap 2 di bulan oktober 2021 ini sebesar 3,5 triliun.

Dana ini akan diberikan kepada para pelaku usaha mikro kecil, dan menengah yang terdampak pandemi virus korona.

Bagi kalian yang masih kurang paham mengenai Cara Cek Bantuan Umkm ini, kalian tidak perlu khi, kalian dapat melihat di bawah ini penjelasannya secara rinci dan lengkap.

Lihat Juga: Cara Daftar Umkm

Info Tentang Bantuan Umkm 2021

Info Tentang Bantuan Umkm 2021

Mungkin diantara kalian semua masih banyak yang belum mengetahui tentang bantuan umkm ini,sekarang ini banyak sekali masyarakat yang masih ragu mengenai bantuan ini.

Baca Juga :  Harga Vario 125

Disini kami akan berikan kepada kalian info penting mengenai bantuan umkm yang diberikan oleh pemerintah.

Info yang akan kami sampaikan kepada kalian, dibawah ini adalah info yang sudah kami rangkum agar dapat memudahkan kalian

Info yang akan kami sampaikan dibawah ini mengutip dari akun kemenkop UKM Twitter. silahkan kalian simak ya

  • Para pelaku UMKM yang sudah pernah mendapatkan bantuan di tahun 2020, akan tetap bisa mendapatkan BLT UMKM di tahun 2021 ini dan kalian tidak perlu mengusulkan ulang lagi.
  • BPUM adalah dana pemberian bukan pinjaman maupun bukan kredit.
  • Bagi para pelaku usaha yang memiliki KTP yang berdomisili berbeda bisa menyesuaikan sesuai domisili usaha dengan melakukan pengajuan ke Dinas Koperasi maupun UKM setempat.
  • Penyalur BPUM adalah PT Pos, Bank milik BUMD dan BUMN.
  • Proses pengusulan yang dilakukan oleh Pembina Kelompok atau Ketua Kelompok Usaha yang akan disampaikan kepada lembaga pengusul.
  • Yang berhak menerima bantuan ini adalah pelaku usaha yang sudah diusulkan oleh lembaga pengusul. Peraturan tersebut harus bisa di sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Menteri Koperasi maupun UKM.

Pencairan UMKM Dan BPUM

Pencairan UMKM Dan BPUM

Berikut ini adalah proses pencairan dana BLT UMKM yang bisa kalian ketahui agar lebih memahami. Untuk itu langsung saja kalian simak dibawah ini pencairan umkm  bpum diantaranya:

  • Para penerima akan mendapatkan info dari bank milik BUMN maupun BUMD dan PT Pos akan memberikan pesan singkat.
  • Penerima bisa mendatangi lembaga penyalur BLT UMKM dengan membawa dokumen yang diperlukan, seperti KK, KTP, fotocopy NIK, dan juga SKU.
  • Bertanggung jawab mutlak akan disetujui sebagai penerima BLT UMKM.
  • Setelah menyelesaikan proses administrasi yang dijalankan, dana akan bisa dicairkan melalui lembaga penyalur dengan jumlah sebesar 1,2 juta. dari pemerintah

Nah, itulah tadi proses pencarian bantuan umkm dan bpum ini, bagi kalian yang belum mengetahui caranya, kalian bisa melihat caranya diatas ini yang sudah tertera.

Syarat dan kriteria dapat bantuan UMKM

Syarat dan kriteria dapat bantuan UMKM

Selain terdaftarnya dipenerimaan blt umkm dan bpum, kalian juga harus memenuhi syarat dan kriteria agar bisa mendapatkan bantuan umkm dari pemerintah.

Berikut dibawah ini adalah syarat dan kriteria yang ditetapkan oleh kemenkop umkm yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan bantuan umkm dari pemerintah.

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki KK dan KTP.
  • Mempunyai usaha mikro dan UMKM.
  • Memiliki SKU dan NIB
  • Tidak sedang mendapatkan KUR ataupun kredit perbankan. 
  • Bukan merupakan Aparatur Sipil Negara seperti anggota Polri, TNI, Pegawai negara sipil maupun karyawan BUMD/BUMN.
Baca Juga :  Harga Vario 150 : Baru, Bekas, Kredit Terbaru

Nah itulah tadi syarat dan kriterianya, bagi kalian yang mau mendapatkan bantu ini, kalian harus penuhi dulu syarat dan kriterianya. Jika kalian merasa belum mengetahui syarat dan kriteria nya kalian tidak perlu khawatir , kalian dapat menyimak di atas ini yang sudah kami sediakan.

Cara Mengecek Bantuan UMKM 2021

Cara Mengecek Bantuan UMKM 2021

Seperti yang telah kami katakan diatas tadi, bahwa bantuan bpum ini akan disalurkan melalui bank milik bumn, nah bank yang akan digunakan adalah bank BRI dan bank BNI

Jika diantara kalian ada yang belum mengetahui caranya, kalian tidak perlu khawatir, karena disini kami sudah menyimak cara-caranya agar dapat memudahkan kalian.

Berikut ini adalah cara cek bantuan umkm lewat hp yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui apakah kalian lolos mendapatkan bantuan atau tidak.

Cara Cek Bantuan UMKM Melalui Bank BRI

Kalian juga bisa mengecek bantuan umkm ini melalui BRI, jika kalian belum mengetahui caranya, kalian bisa menyimak dibawah ini cara-caranya yang sudah kami sediakan, silahkan kalian simak dibawah ini ya

  • Kalian buka laman “bri.co.id” ataupun “bpum”.
  • Kemudian kalian masukkan NIK dan kode verifikasi.
  • Selanjutnya kalian klik “Proses Inquiry”.
  • Nanti akan terlihat apakah kalian terdaftar mendapatkan bantuan atau tidak. Jika kalian terdaftar maka kalian akan diberikan pemberitahuan.
  • Jika kalian terdaftar, maka kalian langsung “reservasi atau pemesanan antrean”.
  • Untuk selanjutnya, kalian akan diminta untuk mengisi semua data diri yang dibutuhkan, seperti NIK, Provinsi Kota maupun Kabupaten, Bank, dan jadwal antrean.
  • Lalu kalian isi “Kode Verifikasi” dan nanti akan muncul nomor antrean kalian.
  • Kemudian, kalian bisa mengunjungi bank sesuai dengan jadwal yang kalian dapatkan. Jika terlambat, maka kalian harus melakukan reservasi ulang.
  • Kalian bisa membawa kartu atm, ktp dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) saat mengunjungi bank tersebut.

Itulah tadi cara-caranya, bagi kalian yang belum mengetahui cara-caranya kalian dapat melihat caranya diatas ini yang sudah kami sediakan.

Cara Cek Bantuan UMKM Lewat BNI

Kalian bisa mengecek bantuan umkm dengan menggunakan bank BNI melalui lama yang sudah tersedia.

Jika memang kalian belum mengetahui cara cek bantuan umk lewat BNI, kalian dapat melihat di bawah ini cara dan langkah-langkah.

Tidak perlu menunggu berlama-lama lagi langsung saja kalian lihat dibawah ini langkah-langkah yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui bantuan umkm.

  • kalian kunjungi laman “banpresbpum.id”.
  • Kemudian, kalian masukkan “NIK” yang terdaftar, selanjutnya kalian klik “Cari”.
  • Nanti akan bisa lihat apakah kalian tercatat mendapatkan bantuan atau tidak. Jika kalian tercatat maka kalian akan diberi pemberitahuan.
  • Jika kalian terdaftar, maka kalian bisa mendatangi cabang BNI dengan membawa SPTJM, kartu ATM, KTP dan juga membawa buku tabungan kalian.
Baca Juga :  Suzuki Inazuma - Harga, Review, dan Spesifikasi Terbaru

Itulah tadi langkah-langkahnya, buat kalian yang belum mengetahui langkah-langkahnya, kalian dapat melihat di atas ini langkah-langkahnya yang sudah tertera.

Faktor Perkembangan UMKM di Negara Indonesia

Faktor Perkembangan UMKM di Negara Indonesia

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan umkm di negara indonesia.

Jika kalian belum mengetahui faktor perkembangannya, kalian dapat melihat penjelasan dibawah ini sebagai berikut:

Pemanfaatkan Sarana Teknologi, Informasi dan Komunikasi

Dizaman sekarang ini semua serba canggih, dapat memudahkan semua pekerja khususnya bagi pekerja pebisnis yang memiliki usaha.

Dengan teknologi yang sudah berkembang membuat para pebisnis dapat memasarkan produknya untuk dijual melalui aplikasi facebook, whatsapp, shopee, dan masih banyak lagi.

Salah satu sumber berita yang sudah beredar mengatakan bahwa pada tahun 2018, kemenkop RI melaporkan bila sudah ada sekitar 9 juta yang sudah beralih ke google digital.

Menurunnya Tarif PPH Final

Menurunnya tarif pph, akan berdampak baik dengan mempermudah para pebisnis umkm untuk menjalankan kewajiban perpajakan di negara.

Dengan menurunnya tarik pph final yang harus disetorkan umkm, dapat memberikan para pebisnis mempunyai kesempatan untuk melakukan investasi dan bisa mencoba membuat usaha yang dikelola supaya lebih berkembang.

Nah, dengan begitu banyak para pebisnis memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya agar usaha yang mereka jalankan bisa berkembang lebih pesat atau cepat.

Peminjaman Modal Usaha Dengan Cepat Dan Mudah

Untuk mendorong pertumbuhan umkm ini harus diperlukan keterbukaan akses pembiayaan dari bank dan alokasi kredit yang khusus untuk umkm.

Hingga saat ini perkembangan UMKM di negara indonesia masih terbilang belum bisa lepas dari dukungan perbankan ditanah air ini, sehingga para pebisnis dapat mudah meminjam modal usaha.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian, mengenai informasi tentang Cara Cek Bantuan Umkm.

Semoga informasi yang kami berikan kepada kalian menjadi bermanfaat dan membantu kalian semua.

Lihat Juga: Cek Daftar Bantuan Umkm

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel hargaindo.com. sampai jumpa lagi pertemuan berikutnya.

Rate this post