Penyebab Oli Bocor Pada Motor Matic

Diposting pada

Penyebab Oli Bocor Pada Motor Matic – Halo sob.! Dikesempatan yang berbahagia ini kembali akan hargaindo.com sampaikan pembahasan terkait mengenai penyebab oli bocor pada motor matic. Akan tetapi pada pertemuan sebelumnya, kami juga sudah mengulas pembahasan terkait mengenai Nah untuk memperjelas apa yang menjadi topik pembahasan kita kali ini, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Oli Bocor Pada Motor Matic

Seperti yang kita ketahui bersama, yang mana Oli motor ialah merupakan salah satu bagian yang sangat krusial terutama terhadap semua komponen yang terdapat di dalam mesin motor.

Kemudian Oli juga mempunyai fungsi sebagai pelumas mesin motor, perananya sangat penting yakni untuk menjaga setiap komponen yang ada di dalam motor dari adanya korosi/ adanya karat, kemudian untuk tetap menjaga kebersihan mesin dan juga guna menjaga keadaan suhu pada mesin motor.

Namun Terkadang ada sejumlah pemilik motor yang mengalami suatu masalah terkait mengenai oli yang terdapat pada motor mereka cepat habis karena adanya kebocoran yang belum bisa terselesaikan.

Sudah pasti adanya perkara ini akan sangat menganggu baik terhadap performa dan kinerja motor tersebut ataupun terhadap sipemiliknya, sebab apabila tidak segera di tindak lanjuti akan berakibat suara mesin motor akan menjadi kasar dan akhirnya akan berakibat juga terhadap setiap komponen yang ada di dalamnya.

Selain itu akibat adanya kebocoran tersebut sudah dapat kita pastikan volume oli di dalam tank juga sudah pasti akan berkurang sehingga beberapa komponen baik yang di dalam maupun diluar akan menjadi basah karena terkena oli.

Kemudian tidak menutup kemungkinan , yang mana jika sejumlah part secara terus menerus terkena oli, maka hal tersebut akan menyebabkan sejumlah faktor yang sangat fatal bagi kondisi dan juga penampilan motor yang selalu kotor karena dipenuhi oleh oli.

Baca Juga :  Warna Kabel Sepeda Motor

Maka oleh sebab itu, apabila kalian dapati terjadi masalah pada kendaraan kalian terutama masalah mengenai adanya oli yang bocor segeralah untuk ditangani.

Penyebab Oli Bocor Pada Motor Matic
Penyebab Oli Bocor Pada Motor Matic

Nah di bawah ini terdapat sejumlah faktor yang biasanya dapat menjadi penyebab mengapa oli pada motor matic sering bocor, simak ulasan selengkapnya sebagai berikut ini :

1. Seal Oli Sudah Rusak

Nah yang menjadi faktor penyebab yang pertama mengapa oli bisa mengalami kebocoran adalah karena disebabkan seal oli yang sudah rusak.

Seperti yang kita ketahui bersama, yang mana kegunaan daripada seal oli sendiri ialah sebagai pencegah agar oli ayang ada di dalam mesin tidak merembes keluar.

Sehingga dengan demikian tidak akan membuat oli yang seharusnya berada ditempatnya, masuk kedalam ruang proses pembakaran atau keluar dari ruangannya.

Kemudian biasanya Seal oli akan alami kerusakan sesuai dengan masa penggunaannya atau menjadi aus.

Sebab secara umumnya ekonomis masa umurnya kurang lebih sekitar 10 tahun. Namun apabila sebelum masa umurnya seal sudah rusak, maka tetap harus segera diganti, agar tidak menimbulkan adanya penebalan pada bagian luar seal, yang diakibatkan kotoran dan oli saling menumpuk dan membuat bagian lainya juga ikut terkena kotorannya.

Nah apabila kalian melakukan pergantian pada seal yang sudah rusak, maka untuk pemasangan juga harus pas sehingga dapat menutup seluruh bagian disekitarnya.

2. Volume oli

Kemudian yang menjadi faktor penyebab mengapa oli bocor keluar selanjutnya adalah karena diakibatkan oli yang dimasukkan ke dalam ruangan oli tersebut terlalu berlebihan dari yang seharusnya, sehingga kemudian dengan adanya guncangan membuat oli akan bocor keluar.

Nah agardapat mengatasinya perkara tersebut ialah perlu bisa sedikit menguranginya/ bisa juga dengan mengganti oli yang baru dan pengsian harus sesuai takaran pabrikannya.

3. Komponen As Aus

Keudian yang menjadi faktor penyebab selanjutnya mengapa oli bocor ialah karena disebabkan dengan seiring habisnya masa pemakaian dari pada komponen as, sehingga membut fungsinya semakin menurun.

Baca Juga :  Aki Motor Baru Tapi Tidak Bisa Starter

Maka cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti part yang bermasalah tersebut dengan yang baru.

Namun apabila masih tetap ingin mempertahankan ialah anda dapat sedikit memotong letak pegas seal oli agar dapat membuat daya cengkeramnya akan menjadi maksimal lagi.

4. Packing Mesin Sudah Hancur

Kemudian yang menjadi faktor penyebab mengapa oli bocor selanjutnya ialah karena disebabkan oleh packing mesin sudah rusak.

Sehingga dengan rusaknya packing tersebut menyebakan terjadinya rembesan oli yang keluar dari setiap sela mesin motor.

Nah hal yang seperti ini biasanya kerap dialami pada semua mesin motor yang sudah lama atau karena tidak dirawat dengan baik.

Maka agar dapat mengatasi perkara ini ialah cukup dengan mengganti packing pada mesin dengan yang baru dan yang original serta sesuai dengan tipe kendaraan.

5. Baud oli Sudah Dol / Rusak

Kemudian faktor penyebab selanjutnya adalah karena baut oli dol atau rusak. Nah biasanya perkara seperti ini paling sering di temukan pada setiap motor yang baud pada penutup olinya sudah dol atau longgar oleh sebab penggunaannya.

Kemudian cara untuk mengatasinya terbilang sangat mudah yaknicukup dengan mengganti baud oli tersebut dengan baud yang baru.

Sebab apabila masih dipaksakan menggunakannya akan menyebabkan oli akan terus selalu berkurang dan tidak menutup kemungkinan adanya hal tersebut akan berimbas terhadap komponen lainnya.

6. Seal Kruk As Sudah Rusak

Penyebab selanjutnya ialah karena disebabkan seal pada kruk as yang sudah rusak,sehingga akhirnya menyebabkan adanya kebocoran oli yang masuk kedalam cvt pada motor matic.

Nah dalam hal ini untuk mengatasinya ialah dengan melakukan penggantian seal kruk as dengan yang baru, sebab kualitas yang tentunya lebih baik dan menjepit sehingga dapat menutupi jalur oli.

7. Seal As Engkol Sudah Rusak

Yang menjadi faktor penyebab selanjutnya ialah masih mengenai seal yang rusak. Namun pada seal yang satu ini berbeda dari pada seal sebelumnya sebab kebocoran ini bisa terjadi pada seal dibagian engkol.

Baca Juga :  Stang Motor

Nah kasus ini biasanya kerap terjadi pada motor matic yang akinya sudah soak atau habis sehingga akhirnya kerap memakai engkol untuk menyalakan motor, yang akhirnya membuat seal engkol cepat rusak karena pemakaiannya.

Nah dalam hal ini untuk mengatasinya ialah dengan mengganti seal tersebut dengan seal yang baru.

8. Seal Cover Tutup Cvt

Kemudian faktor penyebab mengapa oli motor matic bocor selanjutnya ialah karena disebabkan adanya kerusakan pada seal, sehingga akhirnya menyebabkan adanya rembesan oli yang masuk ke cvt bahkan hingga masuk ke bagian belt cvt.

Nah dengan adanya kebocoran ini , bisa menyebabkan belt cvt selip dan membuat motor tidak dapat berjalan dengan normal. Maka untuk mengatasinya ialah cukup dengan hanya mengganti seal cvt dengan seal yang baru

9. Seal As otomatis Sudah Rusak

Kemudian yang menjadi penyebab mengapa oli bocor selanjutnya ialah seal as otomatis sudah jebol atau rusak, nah kasus ini juga sangat sering terjadi pada seal as.

Seperti yang kita ketahui bersama, yang mana fungsi dari pada seal as sendiri ialah guna menghambat pergerakan oli agar tidak keluar dari tempatnya.

Adapun cara untuk mengatasinya ialah cukup dengan mengganti seal as tersebut dengan yang baru yang sesuai atau standaran pabrikannya.

Nah mungkin itu saja yang bisa hargaindo.com sampaikan kali ini mengenai penyebab oli bocor pada motor matic.

Sedikit saran apabila kasus ini terjadi pada motor sobat dirumah, hal pertama yang harus dilakukan ialah lakukan pengecekan pada motor anda dengan secara berkala.

Apabila sudah sobat dapati yang menjadi faktor penyebabnya, maka segeralah lakuakan perbaikan. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga :