Prinsip Kerja Motor Listrik

Diposting pada

Prinsip Kerja Motor Listrik – Halo sobat semua.! Pada kesempatan kali ini kembali akan kami sampaikan pembahasan terkait mengenai prinsip kerja motor listrik. Namun pada pertemuan sebelumnya, yang mana kami juga telah mengulas pembahasan mengenai CDI Motor. Nah melengkapi isi dari tema pembahasan kita kali ini maka, mari kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Motor Listrik

Apa yang diamaksud dengan Motor listrik? yakni merupakan suatu mesin yang memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan terhadap energi listrik yang kemudian diubah menjadi energi mekanik/pemutar.

Dimana untuk penggunaannya sendiri didalam berbagai macam jenis peralatan rumah tangga biasanya motor listrik bisa kita jumpai misalnya seperti :

Pada alat pengering rambut ,mesin cuci, mesin pompa air, kipas kemudian mesin jahit, blender dan masih banyak lagi beberapa jenis mesin lainnya.

Kemudian penggunaan mesin ini di dalam perindustrian motor listrik biasanya mesin kerap dimanfaatkan sebagai impeller pompa, kemudain fan, mesin penggerak kompresor , mesin blower dan lain sebagainya. 

Komponen Motor Listrik

Prinsip Kerja Motor Listrik
Prinsip Kerja Motor Listrik
  • Stator Coil
  • Rotor Coil
  • Main Shaft
  • Brush
  • Bearing
  • Drive pulley
  • Motor Housing

Prinsip Kerja Motor Listrik

Prinsip Kerja Motor Listrik
Prinsip Kerja Motor Listrik

Kemudian mengenai Prinsip kerja motor listrik sendiri ialah melakukan suatu perubahan mula-mula dari tenaga listrik yang kemudian diubah menjadi tenaga mekanik/Tenaga pengerak.

Yang mana proses Perubahan dilangsungkan dengan cara merubah tenaga listrik menjadi magnet yang biasanya kerap dikenal dengan sebutan tenaga elektromagnit.

Kemudian dengan berdasarkan sifatnya, yang mana beberapa kutub magnit yang senama akan saling tolak-menolak sedangkan pada beberapa kutub yang tidak senama akan melakukan saling tarik-menarik.

Baca Juga :  Sistem Pengapian : Pengertian, Konvensional, Fungsi, dan Cara Kerja

Dengan demikian apabila pada sebuah magnet diletakan pada sebuah poros yang dapat berputar kemudian pada magnet lainnya dalam suatu kedudukan yang tetap maka dengan langkah demikian akan diperoleh gerakan atau akan terjadi suatu proses perputaran.

Bagian Bagian Motor Listrik

Ada banyak bagian motor listrik tapi, sejatinya motor listrik hanya memiliki komponen utama yaitu stator dan rotor. Berikut ini bagian-bagian motor listrik :

Stator

Apa itu stator? pengertian stator sendiri ialah merupakan salah satu bagian dari motor listrik yang tidak dapat mengalami pergerakan.

Kemudian stator juga merupakan penghasil medan magnet, baik hal tersebut dalam bentuk elekromagnetik maupun medan magnet yang tetap. Nah pada Stator sendiri tersusun atas beberapa bagian yang diantaranya ialah :

  • Badan Motor, pengertian badan motor disini ialah merupakan sebuah tempat lilitan stator, yang mana stator ini tersusun atas rumah dengan rangkaian jalurnya yang dibentuk dari beberapa pelat yang dipejalkan beserta dengan tutupnya.
  •  Kumparan Stator, ialah merupakan elektromagnetik yang memiliki kegunaan sebagai penghasil medan magnet bias yang kemudian dirubah dengan medan magnet tetap yang mempunyai dua kutub magnet yang masing-masing saling berhadapan, nah kedua kutub tersbut ialah utara dan kutub selatan

Rotor

Pengertian rotor ialah merupakan suatu bagian dari motor listrik yang bergerak, nah pada rotor ini juga terdiri atas beberapa bagian yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Sikat, yang berfungsi sebagai penghubung antara arus yang diterima dari sumber tegangan yang kemudian akan dilepaskan ke komutator dari kumparan.
  • Komutator, peranan komutator sendiri ialah sebagai pengubah/untuk membalikan arah arus yang mengalir pada kumparan suapaya dapat menghasilkan putaran pada motor. (dalam artian Tidak mengalami pergerakan secara bolak-balik) sehingga dapat membantu dalam transmisi arus antara rotor dengan sumber daya.
Baca Juga :  Bagian Bagian Motor

Terminal 

Pengertian terminal adalah titik penyambungan sumber tenaga listrik dengan ujung kumparan motor.

Bearing 

Apa yang dimasud dengan bearing? pengertian ialah merupakan suatu bantalan AS motor

Body Motor

Apa itu body motor ? pengertian bodi motor disini ialah merupakan suatu rangkaian penutup motor untuk supaya dapat terlindung dari lingkungan sekitar.

Celah Udara

 Apa itu celah motor? pengertian celah motor ialah merupakan suatu jarak antara posisi kedudukan stator dengan rotor.

Jenis Jenis Motor Listrik

Secara umum motor listrik dapat dibagi menjadi dua jenis sumber tegangannya motor listrik yang diantaranya ialah :

Motor AC {Alternating Current} atau jenis Motor Listrik yang bermuatan Arus yang Bolak-Balik dan kemudian Motor DC {Direct Current} atau biasa disebut Motor Listrik dengan Arus Searah.

Nah Dari 2 jenis motor listrik itu aa beberapa klasifikasi jenis motor listrik yang menurut prinsip kerjanya, konstruksi, operasi dan karakternya. Bisa kita perhatian rangkaianya seperti berikut ini :

Prinsip Kerja Motor Listrik
Prinsip Kerja Motor Listrik

Motor DC {atau disebut dengan Arus Searah}

Pengertian Motor DC ialah merupakan salah satu jenis motor listrik yang membetuhkan sumber tegangan DC agar dapat beroperasi.

Dimana pada Motor DC sendiri dapat dibedakan lagi dari sumber dayanya yang diantaranya ialah seperti di bawah ini:

Separately Excited ( yakni merupakan jenis Motor DC dengan Sumber Daya yang saling Terpisah)

Self Excited ( merupakan jenis Motor DC yang memiliki Sumber Daya Sendiri) Nah dengan didasarkan dengan konfigurasi supply medan terhadap kumparan motor, kemudian pada jenis Motor DCSelf Excited juga bisa dibedakan lagi menjadi berikut :

  • Motor DC Seri. Jenis motor yang gulungan medannya dihubungkan secara seri dengan gulungan kumparan motor,
  • Motor DC Shunt. Jenis motor yang gulungan medannya dihubungkan secara pararel dengan gulungan kumparan motor
  • Motor DC Campuran/Kompon. Jenis motor yang gulungan medan dihubungkan secara pararel dan seri dengan gulungan motor listri.
Baca Juga :  Suara Mesin Motor Bunyi Tek Tek

Motor AC {Bolak-Balik}

Apa yang dimaksud dengan Motor AC ? yakni merupakan salah satu jenis motor listrik yang membutuhkan sumber tegangan AC agar dapat bekerja. Kemudian jenis Motor AC ini juga dapat dibedakan lagi dari sumber dayanya yang diantaranya ialah:

Motor Sinkron{Atau disebut juga Motor Serempak}, jenis motor ac yang bekerja pada kecepatan tetap pada sistem frekuensi tertentu, motor jenis memiliki torsi yang rendah dan memerlukan arus dc untuk pembangkitan daya.

Motor Induksi{Atau disebut juga Motor Tak Serempak}, yakni merupakan salah satu jenis motor listrik AC yang beroprasi dengan menurut induksi medan magnet yang berlangsung diantara rotor dan stator. Kemudian jenis Motor induksi bisa diklasifikasikan atas dua kelompok yang paling penting, yakni sebagai berikut :

  • Motor 1 Fasa, yakni merupakan salah satu jenis motor yang bekerja dengan daya dengan menggunakan 1 fasa supaya dapat memperoleh tenaga mekanik.
  • Motor 3 Fasa, yakni merupakan jenis motor yang bekerja dengan daya 3 fasa agar dapat memperoleh tenaga mekanik.

Demikianlah pembahasan kita kali ini Prinsip Kerja Motor Listrik, semoga apa yang telah disampaikan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :