Cara Memasang Lampu Led di Motor Beat

Diposting pada

Cara Memasang Lampu Led di Motor Beat – Lampu LED juga mempunyai berbagai keunggulan jika dibandingkan lampu biasa, Adapun kelebihannya ialah seperti konsumsi energi yang rendah, umur panjang, tidak menyebabkan panas berlebihan dan memiliki lampu yang lebih dingin.

Untuk sepeda motor, lampu LED 3 sisi dan 6 sisi adalah lampu LED yang paling populer. Kemudian untuk yang 4 sisi juga ada, tapi tidak banyak pilihan untuk jenis lampu LED ini.

Lampu LED dengan 6 sisi banyak digunakan dan dipilih untuk reflektor dengan satu lampu, sedangkan lampu LED 3 sisi digunakan untuk reflektor 2 lampu.

Dengan hal-hal ini, gaya sepeda motor Anda akan menjadi lebih dingin dan lampu akan menyala ketika Anda balapan di malam hari. Bagaimana dengan orang yang tertarik mengganti lampu sepeda motor Anda dengan lampu LED?

Cara Memasang Lampu LED Pada Motor

Cara Memasang Lampu Led di Motor Beat
Cara Memasang Lampu Led di Motor Beat

Sebelum Anda melanjutkan dengan pemasangan lampu LED pada sepeda motor Anda, mari kita lihat dulu berbagai lampu LED.

Ada tiga jenis lampu LED yang biasa digunakan untuk sepeda motor, yaitu lampu LED 3 sisi, 4 sisi, dan 6 sisi.

Selain jenis lampu LED, berbagai merek juga tersedia, masing-masing merek memiliki kualitas dan keunggulan yang sama.

Sementara itu, lampu LED umumnya terdiri dari 4 komponen utama, yaitu lampu LED dengan kipas, tipe Socet + yang berbeda (biasanya H6, H4 dan HS1), tiga kabel (kabel negatif, lampu jarak dekat dan lampu jauh) dan driver atau modul, yang berfungsi sebagai pergantian adaptor AC atau DC.

Kemudian suatu hal yang sangat penting ketika anda akan memasang lampu LED adalah Anda perlu memperhatikan listrik di mesin, sehingga listrik di mesin Anda tidak diabaikan dan baterai dan lampu LED tidak mudah putus.

Baca Juga :  Penyebab Busi Motor Cepat Mati

Untuk motor dengan arus searah penuh dapat dipasang langsung. Untuk motor yang masih mengonsumsi arus bolak-balik saat Anda ingin memasang lampu LED, ada empat opsi. Berikut cara memasang lampu LED pada motor dengan tipe AC.

1. Pasang Socket/fitting

Untuk memasang lampu LED pada sepeda motor biasantya hal yang harus dilakukan terlebih dahulu ialah, pilih fitting yang sesuai untuk engine. Biasanya digunakan untuk tipe H6 itu untuk motor bebek dan matic.

Sementara untuk tipe H4 biasanya kerap digunakan untuk jenis motorsport. Perakitannya sebenarnya terbilang cukup sederhana, karena ada lubang di bagian atas lampu LED tempat mur diatur.

Kemudian anda tinggal mengatur fitting tersebut dengan baut lalu rekatkan dengan mur.

Fitting juga nantinya dapat digerakkan ke depan dan menyesuaikan instalasi mesin sehingga cahayanya tidak terlalu tinggi atau lampu tidak menempel pada speedometer.

2. Pemasangan Pada Reflektor

Selain itu, pemasangan lampu LED diposisikan pada motor untuk posisi lampu sehingga lampu LED dapat dipasang seperti bola lampu normal pada reflektor yang ditekan lalu diputar.

3. Perkabelan

Pemasangan lampu LED berikutnya adalah mengenai rangkaian kabel yang mungkin bagian ini menjadi sebuah bagian yang agak rumit.

Sambungan lampu utama sepeda motor harus diputus atau setidaknya diperiksa pada kabel standar.

Kemudian sambungkan setiap kabel dengan kabel LED, yang merupakan kabel hijau untuk arus negatif (umur lampu), kabel biru untuk jarak jauh utama dan kabel putih untuk lampu jarak dekatnya.

Kemudian tidak luput juga bahwa setiap koneksi harus diisolasi dengan menggunakan solasiban atau bisa dengan menggunakan selang bahan bakar agar lebih aman.

4. Pengaturan

Cara terakhir untuk memasang lampu LED adalah mengatur lampu LED agar tidak sampai mentok.

Baca Juga :  Jadwal Servis Motor

Jika lampu LED menempel pada speedometer pada saat pemasangan, maka sebaiknya posisi lampu harus dibalik dengan mengulangi langkah 1.

Jika lampu menyala terlalu jauh atau terlalu dekat, pemasangan lampu LED pada reflektor harus dimundurkan dengan sedikit memajukan fitting sejauh mungkin hingga sesuai.

Jika lampu utama pada motor masih terasa menyilaukan, lampu dapat diatur ulang dengan melonggarkan pengaturan baud yang biasanya ditemukan di bawah rumah lampu dan kemudian menurunkannya secara maksimal.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkait pembahasan mengenai cara memasang lampu led di motor beat, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :