Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi

Diposting pada

Kopling Motor Tidak Berfungsi – Halo Sob.! Seperti yang kita ketahui bersama yang mana kopling ialah merupakan salah satu komponen aktif yang menentukan energi dari mesin ke transmisi ketika kita memasuki gigi.

Namun pada dasarnya fungsi kopling tidak cuma hanya sebatas untuk memasukan gigi saja, melainkan kopling juga digunakan untuk konstruksi agar motor tetap diam pada saat posisi mesin sedang menyala tanpa harus menetralkan gigi terlebih dahulu seperti misalnya pada saat berhanti karena terjebak macet.

Lantas bagaimana jika mesin masih berjalan ketika kopling ditekan? Ini merupakan suatu masalah yang bisa jadi karena disebabkan oleh banyak hal.

Bisa jadi karena kopling macet, atau hanya karena penyesuaian yang salah. Nah di bawah ini terdapat beberapa penyebab yang perlu sobat semua ketahui. Apa saja penyebab itu, berikut ini ulasannya.

Cara Kerja Kopling Manual Sepeda Motor

Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi
Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi

Ada tiga sistem kopling pada sepeda motor, yaitu manual, semi otomatis dan otomatis. Namun yang akan kita bahas disini mengenai kopling manual dan cara kerjanya.

Mengenai cara kerja kopling manual yang mana bekerjanya kopling tersebut diatur oleh tuas yang umumnya dikenal sebagai handle/pegangan kopling, dengan menarik pegangan kopling tersebut, Maka akan membuat pelat tekanan dan pelat gesekan akan dipijat sebuah piringan untuk menekan dengan adanya dukungan pegas kopling untuk memutar kekuatan crankshaft ke roda belakang.

Namun jika handle /pegangan kopling di stang kemudian ditarik maka akan membuat kabel (kawat) kopling bisa menarik alat pembebas kopling, nah nantinya alat pembebas ini akan memberikan tekanan pada batang tekan (pushrod).

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Baret Pada Kendaraan

Fungsi Kopling

Salah satu sistem untuk mentransfer daya dari mesin ke roda adalah melalui kopling. Kopling diperlukan untuk melanjutkan siklus mulai transmisi dan melepaskan koneksi antara poros engkol dan transmisi saat mengganti gigi melalui pegangan kopling.

Di bawah ini terdapat beberapa fungsi dari kopling pada motor :

  • Sebagai penghubung mesin motor ke transmisi sehingga kecepatan mesin dapat ditransfer ke transmisi.
  • Sebagai pemutus hubungan motor dari set transmisi saat mengganti transmisi.
  • Dengan Secara Perlahan dapat menghubungkan kembali mesin ke sistem drive sehingga sepeda motor dapat berjalan lambat.

Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi

Di bawah ini terdapat beberapa penyebab koplin motor tidak dapat berfungsi dengan baik, yang dintaranya ialah sebagai berikut:

Kampas Kopling Terlalu Tebal / Melengkung

Adanya kesenjangan /jarak yang terdapat antara disc kopling, kampas, dan penutupnya diatur sedemikian rupa sehingga kopling dapat terlepas dan melambat.

Apabila kopling terlalu tipis / aus, dapat menyebabkan traksi yang kuat atau selip mesin, tetapi jika kopling terlalu tebal / melengkung, mesin akan terus berjalan ketika kopling ditekan.

Kemudian apabila kopling terlalu tebal / melengkung, ketika menarik tuas kopling, maka akan membuat motor akan terus berjalan ketika ada penenkan pada kopling. Inilah alasanya mengapa sering kali terjadi motor masih terus berjalan walaupun terdapat kopling.

Plat Kopling Terlalu Tebal

Penyebabnya sama dengan yang pertama, tetapi perbedaan kali ini adalah karena kesalahan yang ditekan, kopling mesin masih berjalan di pelat kopling terlalu tebal, bahkan jika komponennya berbeda, kesimpulan dari sekunder Keduanya selalu sama dengan yang pertama

Kampas Kopling Lengket

Kemudian mengenai kampas kopling, rumahan kopling, dan juga plat kopling yang mana diantaranya sudah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat merapat dan dilepas saat kopling ditekan.

Baca Juga :  Memahami Fungsi Oli Gardan dan Cara Menggantinya

Namun apabila kampas pada kopling tersebut macet karena lengket, hal tersebut akan membuat mesin tidak akan bebas bahkan setelah dikopling. Nah adanya kasus ini biasanya karena disebabkan oleh kualitas minyak yang buruk dan keterlambatan penggantian minyak.

Jarak Setelan Kopling Kurang Tepat

Kemudian yang menjadi faktor penyebab motor masih tetap terus melaju walaupun sudah menekan kopling selanjutnya ialah karena disebabkan pengaturan kopling yang salah atau celah terlalu dekat. Untuk sepeda motor sport atau motor kopling manual, cara untuk memastikan bahwa pengaturan kopling sudah benar adalah dengan seperti berikut ini;

  • Tetap Biarkan mesin dengan kondisi mati
  • Mengubah persneling ke gigi 1
  • Cobalah untuk menarik tuas kopling
  • Kemudian lakukan pemputaran roda bagian belakang
  • Namun apabila tidak memutar atau terasa keset, bisa jadi jarak tuas kopling mungkin terlalu dekat

Atur ulang celah dengan memutar mur penyetelan kopling. Kemudian lakukan pengulangan dari langkah kontrol seperti sebelumnya. Nah apabila roda belakang berputar dengan baik”, itu artinya sepeda motor “sudah normal” dari penyakit, motor akan berjalan pada saat kopling ditekan.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan kali ini terkait pembahasan mengenai penyebab kopling motor tidak berfungsi, semoga ulasan ini bisa beramnfaat ya sob.

Baca Juga :