KPR Syariah, Benarkah Lebih Menguntungkan Dari KPR Biasa

KPR Syariah, Benarkah Lebih Menguntungkan Dari KPR Biasa

Apakah kamu termasuk dari salah satu yang mengunakan KPR Bank untuk mempunyai rumah impian kamu dan kini pun sudah ada KPR Syriah, Benarkah Lebih Menguntungkan Dari KPR Biasa

Memiliki rumah adalah impian bagi semua orang baik itu yang masih single maupun yang sudah berkeluarga sampai-sampai rela menghemat keuangan agar miliki rumah yang menjadi impian mereka.

Mendengar namanya saja sudah syariah pasti kamu berfikir kalau KPR syariah ini tidak banyak memakan riba, seperti yang kita ketahui bahwasanya riba dalam hukum islam ialah haram.

Sementara kini sudah banyak bermunculan bank – bank syariah,Seperti BNI syariah,BRI syariah dan masih banyak lainnya. Namun tidak lantasnya membuat orang tertarik membeli rumah impian mereka melalui KPR Syariah. Namun benarkah KPR Syariah, Benarkah Lebih Menguntungkan Dari KPR Biasa

Lantas seperti apa layanan yang diberikan KPR syariah tersebut dan seperti apa prosedur yang mereka berikan.

Tentang KPR Syariah

KPR Syariah ialah produk serta tarnsaksinya yang di tawarkan sesuai dengan mengikuti dari syariat islam. Dalam hal ini bank syariah dengan mengikut atau menganut prinsip Islam ini yaitu tanpa bunga yang di anggap sebagai riba. Dan sebagai ganti sistemnya akan diganti.

yaitu dengan sistem bagi hasil atau nisbah atau profit sharing. Sistem ini menggunakan total pendapatan usaha dengan mengurangi biaya operasional untuk mendapatkan keuntungan bagi bank.

Yang dimana pihak bank akan melakukan perhitungan biaya-biaya operasional hingga keuntungan diawal. Kemudian untk hal keputusan dan keuntungan akan ditetapkan oleh bank. Setelahnya akan ditetapkan akad yang digunakan oleh bank dan calon nasabah. yang pastinya hal ini berlaku untuk bank apapun, termasuk program KPR syariah BNI. Namun bagaimana dengan hukumnya

Serta untuk masalah pembelian hunian baru maupun bekas, pembiayaannya dapat berjangka pendek, menengah, dan panjang. Namun untuk rata-rata waktu cicilan KPR Syariah lebih cepat dari pada KPR konvensional, yakni 15 tahun saja.

Kelebihan dan Kekurangan KPR Syariah

Setelah berbicara tentang KPR Syariah namun Benarkah KPR Syariah Lebih Menguntungkan Dari KPR Biasa. yang dimana memungkinkan untuk para nasabah dengan membayar cicilan KPR di tiap bulannya di dalam jumlah yang tetap. Tentunya hal ini membuat alur kredit lebih jelas dan kamu tidak perlu cemas akan adanya cicilan yang tiba-tiba naik. Dengan begitu pengaturan cash flow jelas menjadi lebih mudah.

Untu proses pengajuan KPR syariah juga dikenal lebih mudah dan cepat. Sebab proses pengajuan kreditnya ini pun tidak bertele-tele dan tidak memakan waktu yang panjang. Contohnya saja ada dari seberapa ada proses yang tidak memberlakukan pengecekan skor kredit di SLIK. Sebagai gantinya, proses pengecekan dilakukan melalui wawancara dan survei langsung kesiapan nasabah.

Selain itu, KPR Syariah juga tidak mengenal value of money. Dengan demikian Jika kamu terlambat untuk melakukan pembayaran, maka kamu tidak akan dikenakan biaya denda. Begitu juga untuk para nasabah yang sanggup melunasi untuk melunasi. KPR Syariah tidak akan memberatkan beban penalti atau denda seperti kebijakan KPR konvensional.

Walaupun demikian, KPR Syariah juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya tenor atau waktu pinjaman yang ditawarkan kepada nasabah lebih cepat/singkat daripada KPR biasa.Dan toner yang diberikan biasanya hanya sampai 15 tahun, di mana untuk konvensional itu bisa hingga 25 tahun.

Dengan adanya program atau sistem bunga yang ditiadakan dalam skema pembiayaan, DP yang harus dibayar pun menjadi lebih besar. Biasanya pada bank Syariah mengenakan DP sebesar 15-30% dari total harga hunian. Belum lagi saat pada wakutu membayar cicilan nanti nasabah tidak akan bisa menikmati kesempatan membayar cicilan rendah pada waktu bila suku bunga mengalami penurunan. 

Mengapa Menggunakan Syariah KPR?

Bagaimana apa kamu sudah yakin kah atau masih belum yakin untuk menggunakan layanan Kpr syariah ini? Agar kamu lebih Yakin dan kamu bisa meyakinkan diri yaitu kamu bisa simak beberapa alasan yang akan disampaikan pada artikel kita kali ini maka kamu bisa simak ulasanya sebagai berikut;

1. Mudah

Jika kamu perlu membandingkan dengan layanan yang lain, syariah KPR tentunya pun ialah yang menjadi unggulanya. Dimana pada proses pencairan dananya lebih mudah jika dibandingkan KPR konvensional. Kemudahan yang diberikan karena bank menganut atau mengikuti sistem syariah islam yang sakral bagi tiap nasabahnya. Nasabah pun harus mengikuti setiap ketentuan yang diberikan, agar dana yang dibutuhkan dapat segera dicairkan.

2. Tanpa Riba

Satu keunggulan lainnya adalah sistem ini nasabah tidak akan di kenakan riba. Riba atau bunga pastinya yang selalu menjadi perhatian utama bagi banyak nasabah, karena riba dianggap sangat merugikan dan haram bagi kaum muslim. Walaupun demikian, kamu haruslah pintar-pintar untuk memilih dan memperhatikan bunga KPR syariah yang diberikan. Karena terdapat beberapa bank yang tetap menyediakan atau menggunakan bunga dalam sistem syariah.

3. Banyak Pilihan Program

Pihak bank ternyata menyediakan atau memberikan pilihan program yang bisa di pilih oleh nasabah. yang dimana pada tiap kebutuhan nasabah tentu memiliki kebutuhan tiap nasabah yang tentunya berbeda-beda, Oleh sebab itu bank menyediakan banyak program KPR yang dapat dijadikan pilihan. Tugas kamu adalah menentukan layanan mana yang sesuai dengan kebutuhan dan serta mampu jalankan hingga jangka waktu yang diberikan.

Ketiga alasan di atas tentu dapat disimpulkan bahwasanya KPR syariah lebih memberikan keuntungan jika harus dibandingkan KPR konvensial. Tidak heran jika layanan ini lebih banyak di minitai dan disukai oleh banyak orang jika harus dibanding KPR non-syariah.

Layanan KPR Syariah Tanpa Bank

Mugkin sudah Banyak pengguna yang mengetahui tentang produk KPR BNI syariah. Namun masih banyak juga yang belum mengetahui bagaimana bila dengan layanan syariah tanpa menggunakan bank? Dan apakah sudah banyak pengguna yang telah menggunakannya? Dan ternyata sejauh ini masih banyak orang maupun para nasabah yang belum tahu bahwa mereka bisa menggunakan layanan ini. Salah satu ialah karena dari beberapa masyarakat sudah terbiasa dengan kehadiran bank syariah dan segala macam program yang ada didalamnya.

Walaupun terbilang masih belum memiliki banyak nasabah atau pelanggan, layanan ini terus mengembangkan diri. Salah satunya adalah dengan memberikan kemudahan kepada para nasabahnya dengan fleksibilitas yang sanagt tinggi. untuk fitur yang ditawarkan pun cukup beragam, seperti tidak adanya akad yang miliki bayak kendala atau masalah, tanpa adanya denda dan tanpa adanya penyitaan seperti yang mungkin terjadi dalam KPR syariah Bandung atau bank lainnya.

Kesimpulan

Demekianlah penjelasan yang dapat hargaindo.com berikan mengenai KPR Syariah, Benarkah Lebih Menguntungkan Dari KPR Biasa, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi pilihan kamu saat membeli rumah dalam pembiyaan kpr. Terima kasih

Baca juga,