Injeksi Vario 125 Bermasalah

Diposting pada

Injeksi Vario 125 Bermasalah – Salah satu masalah yang kerap terjadi pada motor vario 125, adalah rasa pada bagian injeksi nya yang sehingga menyebabkan gas sering kali menjadi tidak lancar atau terasa seperti tersendat-sendat.

Namun bukan hanya itu, yang mana ternyata banyak sebagian orang yang merasakan motornya terasa seperti ngempos.

Belum lagi fakta menyatakan yang mana teknologi injeksi masih dianggap merupakan sistem yang baru diterapkan, sehingga pengetahuan masyarakat mengenai cara memperbaikinya masih sangat terbatas.

Jadi, di bawah ini dijelaskan penyebabnya dan juga cara memperbaiki masalahnya.

Penyebab Motor Vario Bermasalah & Cara Mengatasinya

Injeksi Vario 125 Bermasalah
Injeksi Vario 125 Bermasalah

Bahan Bakar yang Kurang Sesuai

Bahan bakar sepeda motor tentu memiliki tingkat oktan yang berbeda untuk masing-masing jenis bahan bakar.

Level-level ini secara spontan memengaruhi proses pembakaran. Yang mana pabila semakin tinggi nilai oktan, maka akan semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untukproses pembakaran.

Kemudian mengenai jenis bahan bakar oktan yang rendah sangat mudah terbakar dan meninggalkan banyak residu. Nah dari bekas sisahan Bahan bakar yang ada ini dari semakin hari akan semakin menumpuk dan berubah dan akan berubah menjadi kerak sehingga nantinya dapat menghambat proses kerja /aktivitas busi dan beberapa komponen lainnya.

Namun, sebagian besar memilih pertalite atau premium karena murah, meskipun kedua tingkat oktan lebih rendah dari 92. RON.

Setidaknya nilai oktan yang sesuai dengan mesin injeksi adalah 92 RON, Pertamax atau lebih baik, $ 95, Pertamax Plus. Jadi mulai sekarang, ganti sepeda Anda dengan yang lebih baik.

  • Pada Vario 125 PGM-FI penggunaan bahan bakar dengan RON 88 dianggap tidak cocok. Sebab hal ini bisa menyebabkan penumpukan kerak karbon pada busi , bahkan hal ini juga dapat menyebabkan adanya penyumbatan caralitic converter sehingga bisa menimbulkan kerusakan terhadap fungsi oksigen sensor.
  • Kemudian upaya agar Motor jangan terlalu lama dalam keadaan idle “putaran stasioner” karena busi juga memerlukan ushu hingga mencapai 450-870 derajat celcius supaya busi dapat membersihkan endapan karbon dengan sendirinya.
  • Namun jika anda masih tetap menggunakan jenis bahan bakar premium maka:
    Dalam hal ini Busi perlu diganti dengan tipe busi yang dapat tahan terhadap panas “seperti contohnya: Iridium” yang mana pada jenis busi ini memiliki grade yang jauh lebih dingin dari standarnya.
    Kemudian anda juga perlu memperbesar pengapian “namun hati-hati sebab sistem ECM bisa menagalami kerusakan”.
  • Kemudian upayakan penggunaan motor pada saat mengemudi jangan sering digunakan terlalu pelan.
Baca Juga :  Kruk As : Pahami Tanda Kerusakan dan Modifikasinya

Filter Udara Kotor

Seperti yang kita ketahui yang mana Filter memiliki fungsi untuk menyaring udara yang dimasukkan ke dalam ruang bakar agar tetap bersih.

Karena itu, ketika keadaan filter terlalu kotor, campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar menjadi kurang optimal, sehingga penyerapan energi lebih sedikit.

Karena mesin fuzzy yang lebih baru menggunakan filter basah, tidak ada pilihan lain selain mengganti filter ketika kondisinya sangat kotor.

Injektor Tersumbat

Kemudian mengenai fungsi dari pada injektor adalah untuk membawa bahan bakar ke ruang bahan bakar dengan mengubahnya menjadi kabut.

Seperti pada poin sebelumnya, penyebab masalah injeksi 125 disebabkan oleh kualitas bahan bakar, karena dapat mempengaruhi injeksi yang dihasilkan oleh injektor.

Waktu bahan bakar bisa perlahan-lahan menyumbat injektor, sehingga gas bisa mati lemas.

Masalah pada Busi Motor

Kemudian yang menjadi penyebab adanya masalah yang kerap terjadi selanjutnya pada sepeda motor adalah pada businya. Yang apabila busi tersumbat oleh konstruksi karbon sehingga tidak dapat menghasilkan bunga api secara optimal, yang akhirnya menjadi penghambat dari proses pembakaran.

Jika masih memungkinkan, Anda dapat membersihkan sendiri bagian yang kotor. Namun, jika Anda harus menggantinya, ganti dengan busi yang asli, sehingga tahan lebih lama dan tidak mudah meleleh.

Untuk memasang busi, ruang juga harus diperhitungkan sehingga percikan yang dihasilkan tidak terlalu kecil.

Untuk menjaga performa mesin injeksi agar tetap bagus, selalu gunakan bahan bakar berkualitas baik. Jadi putaran mesin masih cepat dan kinerjanya tetap terjaga.

Penyebab Adanya Endapan Pada Motor Injeksi

Di bawah ini terdapat beberapa faktor penyebab adanya endapan carbon yang diantaranya ialah:

  • Campuran bensin terlalu kaya.
  • Kelistrikan yang buruk.
  • Terlalu lama dalam kondisi rotasi stsioner idle.
  • Motor yang digunakan terlalu lambat.
  • Salah memilih kode busi.
  • Kualitas bahan bakar buruk atau tidak cocok untuk kompresi mesin.
  • Sensor O2 rusak.
Baca Juga :  Cara Menyetel Karburator Mio Agar Irit

Demikianlah yang bisa kami sampaikan terkait pembahasan mengenai Injeksi Vario 125 Bermasalah, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :