Gaji Umr Bandung

Gaji Umr Bandung
Gaji Umr Bandung

Gaji umr bandung-Kalian pastinya bercita-cita dan berharap dapat bekerja disuatu perusahaan besar dengan medampakan gaji yang besar serta sesuai umr didaerah kalian bekerja.

Sebagai seorang karyawan tentunya menginginkan upah/gaji yang sesuai dengan tanggung jawab kerjaan. Terutama untuk kalian yang berada di wilayah bandung apakah kalian sudah mengetahui besaran gaji umr serta mengikuti peraturan pemerintah untuk hal memberikan gaji bagi karyawan yang berada di wilayah bandung.

Namun berbicara tentang hal upah minimum regional(UMR) yang mana menjadi topik khusus bagi para karyawan maupun buruh, Akan tetapi apakah kalian tahu bagaimana kalkulasi dari Umr tersebut? Maka sebelum kita membahas tentang besaran gaji umr bandung. Ada baiknya kalian pahami atau simak dahulu apa yang dimaksud dari Umr.

Pengertian UMR?

Upah minimum regional(UMR) ialah merupakan nominal gaji/upah terendah yang harus dipakai sebagai patokan bagi pengusaha atau perusahaan dalam membayar gaji/upah pekerja di perusahaannya. Tujuan dari penetapan upah/gaji minimum oleh pemerintah yakni agar memberikan sistem pengupahan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup layak pekerja/karyawan dan keluarganya. 

Upah minimum pun tidak hanya berlaku tunggal di wilayah Indonesia. Setiap daerah memiliki standar gaji/upah yang berbeda-beda, sepertinya contohnya gaji minimum DKI Jakarta lebih besar dari pada gaji minimum DI Yogyakarta, atau upah minimum Karawang lebih tinggi dari upah minimum Surabaya. Dengan kata lain, di setiap daerah memiliki standarisasi yang berlaku untuk upah minimum.

UMR sendiri ialah upah minimum atau terendah yang berlaku untuk satu daerah, yaitu satu kabupaten atau satu kota Perusahaan yang bergerak di suatu daerah wajib memberikan atau menyesuaikan upah terendahnya dengan UMR di daerah tersebut. 

Namun, sejak adanya keputusan dari menteri tenaga kerja yang merevisi pasal-pasal dalam Permenaker No 01 Tahun 1999, maka istilah UMR tidak lagi digunakan dalam regulasi upah minimum. Dalam Kepmenaker disebutkan beberapa perubahan, yaitu:

  1. UMR Tingkat I diubah menjadi Upah Minimum Provinsi (UMP)
  2. UMR Tingkat II diubah menjadi Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK)
  3. UMP dan UMK ditetapkan oleh gubernur, bukan lagi oleh menteri
  4. Peninjauan terhadap besarnya UMP dan UMK dilakukan 1 tahun sekali, bukan lagi 2 tahun
  5. UMP dan UMK berlaku 1 Januari
  6. UMP ditetapkan selambat-lambatnya 60 hari sebelum berlakunya UMP, atau 1 November
  7. UMK ditetapkan selambat-lambatnya 40 hari sebelum berlakunya UMK, atau 20 November

Selanjutnya, UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003 dan PP Pengupahan No 78 Tahun 2015, menggunakan istilah UMP dan UMK yang berlaku hingga sekarang. Dengan demikian perbedaan UMR dan UMP/UMK adalah kewenangan penetapan, jangka waktu peninjauan upah, dan perhitungan kenaikan.

Berbeda pada Upah Minimum Regional(UMR) yang di tetapkan oleh menteri atas usulan Komisi Penelitian Pengupahan dan Jaminan Sosial Dewan Ketenagakerjaan Daerah setelah mendapat rekomendasi gubernur, Upah mimum Provinsi (UMP) dan Upah minimum Kota(UMK) yang ditetapkan oleh gubernur, berdasarkan kebutuhan hidup layak dengan memperhatikan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi. 

Potensi Perkonomian Bandung

Tidak jarang setiap tahunnya untuk gaji umr wilayah bandung mengalami kenaikan dan mengalami perubahan setiap tahunnya, tentunya hal tersebut karena adanya penyesuaian pertumbuhan masyarakat yang ada diwilayah tersebut.

Dan pemerintah pun pada akhirnya melalukan beberapa mekanisme dengan standarisasi umr dengan segala pertimbangan dari beberapa aspek seperti halnya kondinsi perekonomian dan perdagangan.

Makan sektor perdagangan besar maupun kecil menjadi salah satu sektor penyumbang perekonomian terbesar untuk Kota bandung dalam satu dasawarsa terakhir. Angka dari pertumbuhan nilai produksi sektor ini tumbuh cukup positif dan baik di angka 7% pertahun dengan adanya kontribusi yang cenderung stabil di kisaran angka 23-24 persen.Dari segi pangsa pasar di tingkat provinsi, sektor ini menguasai 23 persen pangsa pasar, sekaligus yang tertinggi di Jawa Barat pada tahun 2019.

Daftar Gaji UMR Bandung 2021

Kota BanjarRp 1,831,884
Kabupaten CianjurRp 2,534,798
Kabupaten CirebonRp 2,196,416
Kota CirebonRp 2,219,487
Kota SukabumiRp 2,530,182
Kota TasikmalayaRp 2,264,093
Kabupaten BekasiRp 4,498,961
Kabupaten KuninganRp 1,882,642
Kabupaten GarutRp 1,961,085
Kabupaten MajalengkaRp 1,944,166
Kota BandungRp 3,623,778
Kabupaten BogorRp 4,083,670
Kabupaten TasikmalayaRp 2,251,787
Kabupaten CiamisRp 1,880,654
Kabupaten PangandaranRp 1,860,591
Kabupaten IndramayuRp 2,297,931
Kabupaten BandungRp 3,139,275
Kabupaten Bandung BaratRp 3,145,427
Kabupaten SumedangRp 3,139,275
Kota CimahiRp 3,139,274
Kota DepokRp 4,202,105
Kota BogorRp 4,169,806
Kabupaten SukabumiRp 3,028,531
Kota BekasiRp 4,589,708
Kabupaten KarawangRp 4,594,324
Kabupaten PurwakartaRp 4,039,067
Kabupaten SubangRp 2,965,468

Dasar Penetapan Gaji UMR dan UMK Bagi Karyawan

Untuk mengambil sebuah keputusan gaji karyawan tentu dibutuhkan riset yang cukup mendalam agar nantinya kedua belah pihak dapat bekerja bersama dengan baik dan tidak ada kesalah pahaman di masa selanjutnya. Refrensinya yaitu dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang sudah melakukan penelitian ke lapangan perihal Kebutuhan Hidup Layak.

Dalam riset untuk Kebutuhan Hidup Layak ini bakal ditentukan sebagai segi tambahan untuk memperoleh kelayakan gaji/upah sesuai standar UMR maupun UMK. Yaitu dapat dilihat dari bermacam perihal layaknya keperluan perumahan atau daerah tinggal, pendidikan, kebutuhan sandang dan pangan hingga kesehatan, kendaraan dan lain sebagainya.

Selain itu juga ada aspek lain berupa kebutuhan fisik dan hidup minimum. Jika pegawai bekerja pada level bawah pasti kebutuhannya dan kesejahteraannya rendah.Kemudain dapat dilihat dari daya beli pegawainya. OLeh sebab itu penentuan gaji kelayakan dirundingkan menyesuaikan kebijakan maupun penetuan dari perusahaan.

Spesifikasi dari Gaji UMR

Dari adanya ketetapan pemerintah Nomor 07 tahun 1990 menunjukkan bahwa Gaji UMR dibagi di dalam tiga tipe. Pertama yaitu berisi gaji utama atau pokok. Yaitu syaratnya pun diterima dengan meninjau berasal dari aspek kedudukan maupun model profesi yang sudah disepakati bersama antara karyawan dan perusahaan.

Poin yang kedua yaitu mengenai bantuan utama berasal dari perusahaan. Umumnya ditujukan bagi karyawan yang sudah berkeluarga. Dan berupa tunjangan untuk anak, istri, cost kendaraan pada saat kalian bekerja atau laksanakan rapat di luar kantor. Urusan selanjutnya dibayarkan sekaligus perbulan.

lalu untuk point ke tiga ialah berupa bantuan di luar gaji pokok. Kebanyakan bersifat seperti cost makan pekerja. Cara pengajiannya mampu dilakukan setiap waktu atau dalam waktu sama. Umpamanya dapat diupahkan dengan cara per hari ataupun dengan cara setiap minggu. Lantaran kebutuhannya tidak krusial seperti lainnya.

Terdapat 5 jenis variasi yang dapat Anda pahami dari gaji UMR Bandung serta gaji UMK Bandung. Yaitu melalui aturan Permenaker, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah atau juga bisa di blog Gajikaryawan.com tentang perincian karyawan yang menerima upah minimum atau gaji UMR.

Kesimpulan

Demikanlah Artikel yang dapat hargaindo.com berikan, semoga informasi ini bermanfaat buat kalian dan kami doakan gaji kalian segera naik tahun ini serta posisi kalian lebih baik lagi di tempat kerja kalian.

Baca juga,