Cara Pasang Relay Klakson

Diposting pada

Untuk diskusi kali ini, kita akan memeriksa bagaimana cara memasang relay pada sepeda motor, supaya Anda dapat mengerti dan memahami lebih banyak tentang terkait mengenai rangkaian pemasangan ini, maka anda dapat lihat tips lengkap di bawah ini.

Seperti yang kita ketahui bersama yang mana Klakson merupakan sebuah komponen yang sangat penting karena digunakan sebagai penanda saat mengemudi.

Kemudian Klakson dapat dikatagorikan sebagai sebuah kmponen yang memang membutuhkan jumlah listrik yang cukup besar.

Akan tetapi sangat disayangkan, yang mana kabel yang terdapat pada klakson yang masih standar tidak akan mempu memberikan energi yang cukup besar untuk memengaruhi sakelar.

Jika daya tidak sesuai /mati, besar kemungkinannya hal tersebut akan berisiko sakelar juga akan ikut rusak oleh klakson.

Sebab pada saat setiap kali ditekan, maka saklar tersebut akan menimbulkan percikan api yang muncul pada kontak logam di dalamnya, yang akhirnya akan menjadi aus dan juga plastik case juga akan ikut meleleh. Demikian juga, ketika pada saat kita memasang lampu dengan daya yang lebih tinggi, yang mana akan mengalami hal serupa dengan kejadian diatas. Untuk mengatasi ini, kita membutuhkan bantuan komponen tambahan, yaitu relay.

Relai adalah komponen yang biasanya kerap digunakan sebagai penghubung atau untuk memutuskan hubungan arus dengan beban yang tinggi dan kemudian akan dikendalikan oleh sinyal listrik arus rendah.

Saat menggunakan relai, kabel untuk sakelar tidak memerlukan kabel tebal, karena arus yang terhubung ke sakelar sangat tipis.

Banyak relay yang sudah marak beredar di pasar, kemudian terdapat berbagai merek yang sudah sangat terkenal dan juga banyak yang palsu.

Sebagian besar pengguna sepeda motor rata-rata lebih suka menggunakan relay BOSCH asli dan demikian pula dengan pemilihan socketnya.

Baca Juga :  Penyebab Mesin Mati Saat Lepas Gas

Cara Pasang Relay Klakson

Sebelum anda memulai akan memasang relai klakson, maka hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu adalah komponennya.

Coba juga untuk menyiapkan perangkat pendukung agar instalasi berfungsi dengan baik. Perhatikan juga bahwa pemasangan dilakukan dengan sistem positif atau negatif.

1. Jenis Komponen Yang Wajib Ada

  • Relay dasar dengan menggunakan merek Bosch
  • Menggunakan Terminal konektor relai Bosch
  • Menggunakan Bosch relay yang kakinya berjumlah 4 dengan tipe 0 332019453
  • Menggunakan fusbox dan terminal yang sesuai dengan beban motor
  • Diameter kabel serat tebal 5mm
  • Menggunakan ring 10mm
Cara Pasang Relay Klakson
Cara Pasang Relay Klakson

2. Cara Pasang Relay Klakson

Sistem kelistrikan relay didasarkan pada voltase positif atau negatif. Sistem negatif biasanya memiliki 2 kabel, sedangkan sistem positif menggunakan satu kabel untuk sakelar kontrol dan satu kabel untuk badan motor atau grond. Ikuti instruksi di bawah ini untuk memasang relai kabel negatif atau positif

System Negatif

Cara Pasang Relay Klakson
Cara Pasang Relay Klakson

System Negatif

  • Bagian Ujung relay dengan no. 30 menuju ke arah baterai positif (kabel harus tebal, karena datang langsung terhubung ke baterai)
  • Pada bagian Relay no. 87 menuju kearah klakson positif (kabelnya bisa tebal atau sedang).
  • Pada bagian Ujung 85 relai mengarah ke kabel klakson A
  • Pada bagian Relay no. 86 Menuju kearah kabel klakson B.
  • Saat memasang bagian ujung 85 dan 86, Anda dapat mengubah polaritasnya

System Positif

Cara Pasang Relay Klakson
Cara Pasang Relay Klakson

System Positif

  • Pada bagian Ujung relay no. 30 Menuju kearah baterai positif (kabel harus tebal, karena langsung terhubung ke baterai)
  • Pada Relay no. 87 menuju kerah klakson yang positif (kabel tebal atau sedang).
  • Pada bagian Ujung 85 relai menuju ke kabel klakson A
  • Relay no. 86 terhubung ke bagian tubuh motor (massa / kurang)
Baca Juga :  17 Helm Keren : Full Face, Half Face, dan Retro Termurah

3. Manfaat Memasang Relay Klakson

  • Klakson mempunyai suara yang semakin keras
  • Klakson akan menjadi jauh lebih tahan lama.

Dapat dikatakan bahwa dibutuhkan ketelitian saat memasang relai. Selalu perhatikan ujung kabel dan pasang ke bagian yang benar. Jangan izinkan pemasangan kabel yang salah karena dapat merusak komponen lain.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkait pembahasan mengenai Cara Pasang Relay Klakson, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :