Cara Menutup Kartu Kredit BNI

Cara Menutup Kartu Kredit BNI

Kamu tentunya sangat merasa terbantu sekali dengan menggunakan kartu kredit BNI sebab kamu bisa melakukan berbagai transaksi tanpa harus repot laukan pembayar diawal. Dan terkadang akhirnya membuat kamu merasa ketagihan dengan cara pembayaran tersebut. Namun kamu sudah tahu kah Cara menutup Kartu Kredit BNI.

Akirnya tagihan kartu kredit tidak jarang juga membuat kamu kurang maksimal menggunakan kartu kredit, Akhirnya membuat tagihan kartu kredit kamu makin banyak yang disebabkan karena terlambatnya pembayaran dan tentunya membuat kamu merasa stress atas tagihan yang tidak henti2,Maka kamu pun berniat untuk menutup kartu kredit BNI.

Namun kali ini banyak yang belum mengetahui cara menutup Kartu Kredit BNI, serta banyak yang belum tahu juga bila mana menutup kartu Kredit, tenyata dapat kamu lakukan sendiri tentunya yang pasti dengan catatan kamu sendiri sudah mengetahui prosedur dan alurnya.

Nah,Sebelum kita bantu seperti apa sih cara dari menutup kartu kredit BNI ini.Ada baiknya jika kamu mengetahui tentang kegunaan dan kewajiban yang harus kamu patuhi saat gunakan kartu kredit.

Penggunaan Kartu

  1. Kegunaan Kartu Kredit ini sendiri ialah alat atau Media pembayaran pada tiap transaksi belanja di merchant atau penarikan tunai di ATM.
  2. Pemilik Kartu dilarang menggunakan Kartu Kredit BNI dijadikan transaksi tarik tunai di merchant.
  3. Pemegang/pemilik Kartu harus mencantumkan tandatangannya pada kertas panel yang tersedia pada bagian belakang Kartu.
  4. Kelalaian atau kecerobohan Pemegang Kartu untuk menandatangani sales draft, slip penarikan tunai tidak akan melepaskan Pemegang Kartu dari kewajiban atas penggunaan Kartu tersebut.
  5. Pemegang Kartu diwajibkan untuk menjaga Kartu agar tidak jatuh kepada pihak lain, merahasiakan Nomor Kartu Kredit, Kode OTP (One Time Password), CVV/CVC, PIN serta data pribadi lainnya untuk menghindari penyalahgunaan Kartu.
  6. Seluruh kerugian dan biaya yang timbul akibat penyalahgunaan Kartu, PIN atau kehilangan Kartu yang belum dilaporkan ke BNI baik karena kesalahan/kelalaian Pemegang Kartu, menjadi tanggung jawab Pemegang Kartu.

Syarat Penutupan Kartu Kredit BNI

Tentunya menutup kartu kredit BNI yang telah kamu pakai memiliki persyaratan dan prosedurnya tersendiri dari pihak bank,Yaitu syarat utama yang kamu lakukan ialah kamu harus melunasi semua tagihan kamu baik itu sisa tagihan maupun denda yang sudah berjalan.

Nah, jelas sekali kan!maka kamu sebelum menutup kartu kredit selalu Pastikan juga bahwa kamu membayar tagihan tepat waktu agar tidak terkena biaya keterlambatan. Bahkan apabila beberapa bulan tidak membayar tagihan kartu kredit, maka nama kamu bisa masuk dalam data blacklist Bank Indonesia.

4 Cara menutup Kartu Kredit BNI

Ada beberapa cara pun yang harus kamu lakukan dalam penutupan kartu kredit bank BNI. Cara-cara yang akan hargaindo.com sampaikan cukuplah mudah, adapun cara menutup kartu kredit BNI silahkan simak dibawah ini;

1. Menghungi Call Center BNI

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menutup kartu kredit BNI yaitu kamu dapat menghungi call center BNI di nomor 1500046 dan kamu pengajukan untuk menutup kartu kredit. Silahkan sertakan alasan yang kuat mengapa kamu ingin menutup kartu kredit.

Pastikan kembali juga kamu tidak akan tertarik tawaran-tawaran yang diberikan petugas call center. Untuk pengajuan penutupan kartu kredit, kamu akan diberikan arahan oleh petugas bank serta syarat-syarat yang harus dibawa dalam penutupan kartu kredit di kantor bank BNI.

Perlu kamu ketahui juga jika proses menutup kartu kredit BNI sendiri ialah kamu sebagai nasabah harus semua tagihan sudah di bayarkan. Dengan kata lain, Jika kamu masih terdapat tagihan, walau hanya beberapa Rupiah, maka pihak bank menolak untuk penutupan kartu kredit. Kamu sebagai nasabah pun dapat mengajukan penutupan kartu kredit melalui BNI Call untuk menutup kartu kredit baik secara sementara bila sewaktu-waktu kartu tersebut akan kamu gunakan kembali maupu kamu menutupnya secara permanen.

2.  Melalui Bank BNI Terdekat

Cara lainnya selain kamu menutup dengan melalui call center, untuk cara menutup kartu kredit lainnya adalah melalui kamu bisa datang langsung ke Bank BNI terdekat diwilayah kamu tinggal. Oleh sebab itu, jika kamu benar-benar dan sudah yakin ingin menutup kartu kredit, silahkan datangi kantor bank BNI terdekat. Pastikan sebelum kamu mendatangi kantor BNI, kamu perlu persiapkan beberapa persyaratan terlebih dahulu. Adapun syarat wajibnya seperti kartu identitas diri KTP/ SIM / Passpor atau NPWP.

Jika kamu sudah siap, langsung datangi dan ambi nomor antrian. Namun berhubung sedang pandemi, kemungkinan pada beberapa bank akan membatasi pelayanan dan dialihkan online. Namun untuk pastinya, kamu bisa langsung datangi ke bank-nya dan tanyakan kepada petugas Security apakah bank melayani atau tidak.

Nah, jika bisa dan kamu pun sudah di panggil nomor antriannya, kamu bisa langsung menuju ke customer service dan beritahukan bahwasanya kamu mau menutup kartu kredit. Pastikan kamu juga dapat menjelaskan alasan yang tepat dan jelas, misalnya kamu merasa terbebani pembayarannya karena terdapat kendala finansial.

Jika syarat penutupan kartu kredit BNI dapat diterima dan sudah dipenuhi, dan kamu juga sudah melunasi semua tagihan, maka nantinya petugas bank langsung memproses penutupan kartu kredit.

3. Menonaktifkan Segala Tagihan

Mungkin selama ini kamu menghubungkan segala pembayaran tagihan dengan kartu kredit. Beberapa tagihan kamu yang biasa dihubungkan dengan kartu kredit BNI kamu seperti Listrik, Internet, PDAM, TV Kabel hingga lainnya.

Bagi kamu yang igin menutup kartu kredit, sebaiknya menonaktifkan fitur auto debet yang ditagihkan ke rekening kartu kredit kamu

4. Meminta Surat Bukti

Setelah proses penutupan kartu kredit telah berhasil, sebaiknya kamu jangan lupa untuk meminta surat bukti nonaktif kartu kredit kepada petugas customer service. Surat bukti tersebut terbilang cukup penting, karena sebagai bukti bahwa kartu kredit kamu sudah benar-benar ditutup serta untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Berapa Pulsa yang Dikenakan Untuk Menghubungi Call Center BNI?

Beberapa sumber seperti hargaindo.com menyebutkan, bahwa besaran biaya telpon nasabah ke call center adalah sebagai berikut :

  • Kartu As: Rp1.016 per menit
  • XL: Rp600 per menit
  • Telkomsel Simpati: Rp1.800 per menit
  • Indosat: Rp990 per menit
  • Smartfren: Rp990 per menit
  • Axis: Rp 600 per menit
  • 3 (Tri): Rp1.980 per menit

Namun bisa saja kebijakan tersebut berubah seiring berjalannya waktu. Maka pastikan sebelum kamu menghubungi Call Center BNI, kamu perlu isi saldo pulsa yang cukup ya agar komunikasi tidak terputus tiba-tiba.

Bila dilihat secara teori menutup kartu kredit BNI memang mudah. Tapi dalam praktiknya memang tidak sedikit nasabah mengalami beberapa kendala. Adapun kendala yang kerap terjadi salah ialah susahnya menghubungi Corporate Sosial Responsibilit (CSR).

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi terkait cara menutup kartu kredit BNI yang dapat hargaindo.com berikan untuk kamu semuanya. Bagaimana? apakah kamu sudah memutuskan untuk menutupnya? terlepas itu semua,Semoga ini bisa menjadi pertimbangan serta bermanfaat menambah wawasan kamu. Terima kasih

Baca juga,