Cara Mengecas Aki

Diposting pada

Halo sob.! Dikesempatan kali ini akan hargaindo.com paparkan pembahasan mengenai cara mengecas aki. Akan tetapi dikesempatan sebelumnya, yang mana kami juga telah menguraikan pembahasan mengenai Penyebab Tarikan Motor Lambat. Baiklah untuk lebih detailnya, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengecas Aki Basah

Cara Mengecas Aki
Cara Mengecas Aki
  • Kedurkan sedikit penutup aki supaya gas/uap bisa keluar pada saat aki sedang dicas
  • Kemudian rangkaian stop kontak disatukan ke stop kontak PLN
  • Kemudian satukan kabel positip charger ke kabel positip pada aki dan satukan juga kabel yang bermuatan negatip ke kutup aki yang negatip
  • Kemudian arus listrik yang baik akan mengalir rata-rata sekitar 7 s/d 10 amper
  • Kemudian apabila sudah berlangsung 12 jam yang mana biasanya aki yang bagus pada indikator arus ampernya akan menunjukan 3 s/d 5 amper, sedangkan Voltase aki pada saat sedang dicas 15, 6 Volt s/d  15,9 volt, nah dalam hal ini menjadi sebuah pertanda bahwa aki sudah bisa dikatakan seperti baru.

Nah adapun ciri dari pada aki yang bagus ialah seperti terlihat pada dua buah grafik yang terdapat dibawah ini, yang mana nilai 2,6 yang terlihat dalam grafik mengacu terhadap voltage per cell aki, jadi oleh sebab aki motor/mobil terdapat 6 sel, maka total jumlah voltage pengsisiannya ialah sekitar 15,6 volt s/d 15,9 volt

Cara Mengecas Aki
Cara Mengecas Aki

Cara Mengecas Aki MF ( maintenance free)

  • Upayakan pada saat ingin mengecas aki, bersihkan terlebih dahulu tutup pentelasinya, Kemudian anda dapat memakai jarum /klip agar dapat mengeluarkan kotoran yang menempel disaluran ventelasinya.
  • Kemudian sistem voltmeter digital musti terhubung langsung ke terminal positip dan negatip agar dapat mengontrol tegangan aki,
  • Kemudian apabila tegangan dirasa telah mencapai 15,6 s/d 15,9 Volt, maka segera hentikan pengisian, hal tersebut merupakan sebuah pertanda bahwa aki sudah terisi full
  • Nah kemudian mekanisme lainnya ialah sama hal seperti dengan keterangan diatas 
Baca Juga :  Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Sederhana

Ciri-Ciri Aki Yang Bagus dan Buruk

  • Apabila pengisian voltage sudah terisi, maka aki akan mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama jika tegangan sudah mencapai 13 s/d 13,3 Volt dan kemudian pada esok harinya voltase menunjukan nila diatas >12,5 volt
  • Apabila fisik /casing aki dipegang, maka suhunya akan terasa hangat, maka itu merupakan sebuah pertanda bahwa seleruh pelat aki tidak ada sedikitpun resistensi/hambatan. 

Ciri-Ciri Aki Yang Buruk

  • Pada saat dicas maka arus amper akan berada tetap di area 7 amper walaupun waktu pengisian berlangsung hingga 10 jam
  • Kemudian daya/tegangan aki pada saat sedang diisi/dicas tidak akan bisa mencapai diatas 14,5 Volt
  • Kemudian pada saat cas off , maka voltase aki akan dengan segera jatuh di bawah tegangan sekitar 12,6 volt

Cara Menghitung Lama Cas Aki Mobil Yang Benar

Pengisian Lambat

Proses pengisian yang lambat biasanya dilakukan saat mengisi baterai pada malam hari. Yang mana hal ini bertujuan supaya arus listrik yang masuk tidak terlalu cepat, sehingga membuat proses pengecasan dapat berlangsung lebih aman sebab arus maksimal yang berlangsung hanya sekitar 10% jadi sambil menunggu penuh bisa kita tinggal tidur.

Kemudian waktu yang dibutuhkan untuk melakuakan pengisin/ pengecasan aki mobil sangat bergantung terhadap kapasitas akinya.

Misalnya saja seperti apabila aki memilki daya sekitar 12Volt 40AH maka waktu yang dibutuhkan untuk mengecas aki ialah sekitar 12 Jam.

Nah agar sobat bisa lebih memahami tentang bagaimana cara menghitung dalam menentukan waktu pengsian sesuai dengan berdasarkan daya yang dimiliki dari sebuah aki. simak ulasannya sebagai berikut.

  • Cara yang perlu kita tentukan terlebih dahulu ialah mengenai besaran arus pengecasan lalu kita kalikan dengan daya aki. Maka apabila 40 x 10% = nilainya adalah 4 Ampere
  • Selanjutnya setelah diperoleh hasilnya maka masukan hasil tersebut dengan menggunakan rumus (Arus pengisian (AH) + (20% x Arus Pengisian).
  • Maka apabila jika dihitung akan menjadi seperti berikut (40Ah/4Ah)+(20% x 10) =10 + 2 = 2 Jam
Baca Juga :  Fungsi Koil - Pengertian dan Cara Kerjanya

Maka lama pengisian aki mobil dengan arus 10% memerlukan waktu sekitar 7 Jam. Namun terkadang bisa saja waktu yang diperlukan justru lebih lambat atau bahkan malah lebih lambat.

Pengisian Cepat

Untuk Cara pengecasan aki yang selanjutnya ialah memakai teknik pengisian cepat. Nah biasanya penggunakan Teknik harus memanfaatkan arus yang besar, yang hingga mencapai sekitar 40%. Sehingga waktu pengecasan akan menjadi lebih cepat.

Lantas bagaimana cara menghitungnya , caranya sama saja dengan cara yang ada diatas, akan tetapi yang berbeda adalah besaran arusnya harus dirubah terlebih dahulu menjadi 40%.

  • 40×40%= maka hasilnya 16 Ampere
  • Setellah mendapatkan hasilnya,lalu hasil tersebut masukan ke rumus (40Ah/16Ah) + (20% x 2.5) = 2.5 + 0.5 = 3 Jam

Nah dengan menggunakan metode perhitungan di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa waktu pengsian yang dibutuhkan adalah sekitar 3 Jam dengan menggunakan arus sebesar 40%.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan, semoga ulasaan ini bisa bermanfaat untuk sobat sekalian.

Baca Juga :