Cara Mencuci Motor Matic

Diposting pada

Cara Mencuci Motor Metic – Halo Sob.! pada kesempatan kali ini kembali akan kami sampaikan pembahasan terkait mengenai cara mencuci motor metic.

Namun diperjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan pembahasan mengenai Sensor Motor Injeksi. Baiklah untuk lebih detailnya, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Tips Mencuci & Merawat Motor Injeksi

Cara Mencuci Motor Matic
Cara Mencuci Motor Matic

Secara umum mencuci sepeda motor sangatlah mudah, baik itu membersihkan atau mencuci motor injeksi atau motor yang masih menggunakan sistem karburator, walaupun dari keduanya memiliki tipe yang berbeda, akan tetapi cara untuk mencucinya masih tetap sama.

Yang mana pertama kali yang harus Anda lakukan adalah mencuci hampir semua bagian mesin dengan air bersih, kemudian terus menggosok bagian yang kotor dengan kain lembut dan juga menggunakan sikat kecil yang telah dicampur dengan sabun atau sampo motor.

Namun kondisi ini di khususkan pada mesin injeksi maka yang dapat diterapkan ialah, karena mengingat yang mana pada mesin injeksi ada beberapa komponen, yang jika terkena air maka akan dapat mempengaruhi mesin sehingga dapat menyebabkan kendaraan anda akan mogok.

Nah yang perlu anda perhatikan pada mesin yang sudah menggunakan sistem injeksi apabila anda ingin mencucinya ialah ada tiga komponen utama yakni ECM, throttle body dan juga soket.

Yang mana dari ketiga komponen tersebut kinerjanya sangat bergantung pada daya listrik, kemudian bagian ini ini juga berfungsi untuk melayani jalur pengapian dan bahan bakar.

Namun apabila dari ketiga komponen tersebut terkena air, maka ‘ besar kemungkinannya nantinya motor injeksi tersebut akan menjadi mogok dan akan sangat sulit untuk dihidupkan, sehingga dalam hal ini Anda juga perlu memahami dengan baik bagai mana cara mencuci motor matic dengan benar dan baik agar dapat menghasilkan kebersihan yang maksimal.

Baca Juga :  Komponen Rem Cakram : Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

Cara Mencuci Motor Matic Cepat & Bersih

Ada beberapa hal yang perlu diingat ketika mencuci motor matic, serta cara yang benar dalam mencuci motor metic.

Ini penting untuk dicatat, karena jika bagian dari mesin bersentuhan dengan air selama pencucian, itu dapat membuat mesin injeksi, karena tiga komponen biasanya ditemukan di beberapa bagian sebagai berikut:

  • ECM biasanya posisinya berada di bawah jok motor.
  • Kemudian Throttle Body Biasanya dapat ditemukan di atas mesin.
  • Sedangakan soket sering ditemukan di atas mesin.

Bahkan jika bagian-bagian itu dilengkapi dengan pelindung air, Anda masih khawatir tidak mendapatkan air di masa depan karena biaya penggantian beberapa bagian ini cukup mahal, jadi apa yang harus Anda lakukan? Jadi, di sini kita akan berbagi beberapa tips untuk mencuci mesin motor injeksi dan bagian mana aja yang tidak boleh terkena air serta cara bagaimana cara mencuci agar motor tidak mogok, lihat penjelasan di bawah ini:

  • Pertama lakukan penutupan Lubang Knalpot & juga setiap Komponen Kelistrikan dengan memakai plastik supaya lubang dan beberapa komponen kelistrika tidak terkena air pada saat dicuci.
  • Yang kedua basuh setiap Komponen Kelistrikan cukup dengan menggunakan Spons Atau Lap Yang Dibasahi saja. Hal ini bertujuan agar komonen kelistrikan tidak terkena air secara langsung.
  • Cara Membersihkan Throttle Body Dan Soket
    Kemudian apabila ingin membersihkan Throttle body dan soket yang letaknya di bagian atas mesin, anda pelu berhati -hati apabila ingin mencuci pada wilayah ini, upayakan agar tidak menyiram/menyemprotkan secara langsung pada bagian ini supaya tidak membuat basah semua komponen yang ada di wilayah tersebut. Hal ini disebabkan beberapa soket yang bermuatan listrik yang terdapat diwilayah tersebut sangat rentan apabila langsung terkena air.
  • Harap Berhati-hati pada saat Menyemprotkan Air
    Nah teknik yang dapat anda lakukan untuk menyemprot air yang benar ialah dapat anda awali penyemprotan tersebut dari bagian atas hingga kebawah. Yang mana hal ini bertujuan supaya Throttle body dan beberapa soket bisa terhindar dari adanya tekanan air secara berlebihan sehingga akhirnya bisa mengakibatkan adanya kerusakan pada kedua perangkat injeksi tersebut.
  • Kemudian membersihkan Bagian ECM
    Nah biasanya letak dari pada ECM ini terdapat pada bagian atas spakbor belakang, Apabila anda ingin mencuci bagian spakbor belakang maka anda tidak harus menyemprotnya secara terus menerus. Cara yang benar dan baik ialah cukup semprot sekali dulu dengan diiringi sikat dan lap, kemudian setelah itu baru anda bilas dengan menyemprotkan air keseluruh bagian sepakbor. Maka dengan menggunakan cara ini ECM akan aman dari percikan air.
Baca Juga :  Kaca Helm Motor

Kemudian setelah Anda telah selesai mencuci motor metic Anda maka yang perlu anada lakukan ialah mengeringkan secara langsung dengan menggunakan kain kering atau kanebo agar semua air dapat terserap jangan lupa untuk memanaskan mesin terlebih dahulu setelah mencuci dan mengeringkan.

Nah mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan terkait pembahasan mengenai cara mencuci motor metic, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga :