Cara Memasang Lampu HID Motor

Diposting pada

Lampu HID sebenarnya dirancang untuk perangkat keamanan ekstra, sebab cahaya yang ditimbulkan oleh lampuber-Gas itu memiliki penerangan yang baik dalam menemani anda diperjalanan.

Bisa saja beberapa pengendara roda dua yang masih sekuler tentang bagaimana cara memasang lampu hid pada sepeda motornya, mereka menggali terus informasi yang terbaik dalam pemasangan menggunakan cara yang mudah.

Sebelum memasang lampu HID, kita wajib perlu tahu dulu bagaimanakah lampu tersebut dapat menyala dengan benar.

Berbeda dengan lampu halogen normal yang tetap terhubung sesuai dengan jumlah kaki yang ada di konektor lampu besar.

Lampu HID sangat butuh tegangan listrik yang stabil, dan itu dapat diperoleh dari tegangan baterai motor.( Baca Juga : Fungsi Roller

Cara Memasang Lampu HID Motor Sendiri

Cara Memasang Lampu HID Motor
Cara Memasang Lampu HID Motor

Tata cara dalam memasang lampu HID pada mesin injeksi dapat dilakukan dengan mengubah suatu arus listrik menjadi arus searah atau langsung, yaitu cukup dengan cara melepaskan kabel kuning yang berada didalam kiprok.

Sedangkan bagi mereka yang tidak memiliki sistem injeksi, arus searah (gelombang penuh) juga harus dibuat agar baterai tidak mudah dilepas.

Bagaimana cara Anda bisa menerapkan Honda Tiger Kiprok ? Perhatikanlah juga kondisi baterai sepeda motor, jika tegangannya kurang dari 12 volt, lebih baik menggantinya dengan yang baru.

Jika tidak mempengaruhi sistem kelistrikan lainnya yang kurang maksimal. Dan jika sepeda motor Anda memiliki lampu AHO atau lampu otomatis yang dapat menyala sendiri, sebaiknya pasang juga sakelar hidup / mati.

Saat memasang lampu HID sebagai penggunaan sehari-hari, perhatikanlah juga spesifikasi catu daya dan gunakanlah catu daya minimal 35 watt serta maksimum 55 watt. Jika ballast terlalu besar, reflektor akan dapat meleleh dengan sangat cepat.

Baca Juga :  Cara Kerja Sistem Suspensi

Dan untuk sementara ukuran lampu dapat digunakan antara 4300 K dan maksimum 6000 K. Agar lampu HID itu dapat benar-benar memiliki suhu panas yang cukup, sehingga udara di reflektor dapat bekerja secara optimal.

Tidak perlu untuk melepasnya karena akan dapat memudahkan masuknya kotoran di dalamnya, bisa juga Anda menggunakan busa kecil di lubang itu sehingga kotoran tidak dapat menembus masuk.

Dan terakhir kali Anda menyalakan mesin, jangan langsung menyalakan lampu jeda kurang dari 3 menit, dengan cara ini tegangan baterai dapat terus dalam keadaan normal.

Demikian pula pada ketika apabila hendak mematikan motor, maka matikan terlebih dahulu lampunya, kemudian baru sobat matikan mesin. Namun tak jarangn hal demikian kerap diabaikan oleh setiap para pengguna kendaraan bermotor sehingga akhirnya mengakibatkan ballast menjadi mudah rusak

Berikut ada beberapa cara lainnya yang perlu sobat ketahui:

  • Langkah pertama hubungkan kabel lampu HID secara langsung ke aki sesuai aturan, yang mana kabel yang berwarna merah ke kutub positif (+) dan untuk kabel yang berwarna hitam ke kutub negatif (-).
  • Kemudian letakan ballast pada tempat yang sesuai/pas.
  • Kemudian letakan lampu bohlam HID dirumah reflektor yang besar.
  • Hubungkan kabel lampu yang berwarna biru dan coklat agar dapat mengatur high dan low.
  • Kemudian hubungkan juga soket lampu HID ke ballast.
  • Hubungkan juga relay HID ke bagian ballast.
  • Maka setelah semua selelsai Lampu HID sudah bisa digunakan.

Kelebihan Lampu HID Motor

Dalam hal ini supaya sobat bisa semakin yakin untuk mengganti lampu stkamur dengan lampu HID, maka di bawah ini terdapat beberapa keutamaan dari penggunaan lampu ini, yang diantaranya ialah :

  • Kualitas lampu mampu memberikan Kecerahan yang bahkan tiga kali lipat lebih terang jika dibandingkan menggunakan lampu stkamur. Yang mana lampu tetap akan terang meski dalam cuaca yang tidak memungkinkan seperti misalnya pada saat kondisi hujan atau cuaca berkabut. Kemudian dengan beragam perpaduan warna biru dan putih sehingga membantu dalam meningkatkan penglihatan menjadi lebih jelas.
  • Kemudian selain cahaya lampu HID yang terang , ternyata penggunaan lampu ini sangat hemat dalam penggunaan energi listriknya, yakni hanya berkisar 35 watt sedangkan untuk lampu halogen sendiri bisa sampai 65 watt.
  • Selanjutnya penggunaan Lampu HID ini juga lebih awet dan mampu digunakan dalam waktu yang cukup lama. Yang mana hal ini dikarenakan oleh terdapat suatu rangkaian lampu yang merupakan suatu sistem pertahanan sehingga mampu menjaga keawetan lampu ini jauh lebih baik. Bukan hanya itu saja, yang mana dengan menggunakan lampu ini meskipun terjadi suatu kerusakan, maka lampu ini tidak akan secara langsung mati.
Baca Juga :  Cara Memperbesar Pengapian Motor

Demikianlah yang bisa hargaindo.com sampaikan mengenai , semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :