Busi Vespa

Diposting pada

Busi Vespa merupakan komponen utama dalam kendaraan yang berfungsi menghasilkan api untuk pembakaran.

Salah satu kendaraan yang memekai busi adalah vespa.motor tua ini memang perlu perawatan khusus.apalagi dengan komponen vespa yang mungkin sudah tidak banyak toko yang menjual sparepart cadangan untuk vespa.

Vespa memiliki busi yang rentan basah dan kotor,dikarenakan pembakaran oli samping dan bensin yang kurang sempurna.

Di motor vespa busi seringkali mengalami banjir,yaitu kondisi dimana bensin jatuh ke dalam busi karena kemiringan motor ke arah kanan.

Hal ini menyebabkan bensin yang membasahi pemantik api yang berada dalam bagian busi.

Alasan Kenapa Busi Vespa Cepat Menghitam Dan Gosong

Busi Vespa
Busi Vespa

Berdasarkan pengalaman dan membaca serta meneliti informasi dari berbagai sumber, warna lilin yang baik adalah merah bata, jika lilin hangus, maka jelas ada sesuatu yang salah.

Di bawah ini adalah beberapa penyebab busi Vespa yang cepat terbakar.

1. Bensin Terlalu Boros

Seperti yang kita semua tahu, bahwa bahan bakar Vespa 2 tidak memerlukan campuran oli samping.

Jadi, jika bensin yang memasuki ruang bakar melebihi kebutuhan mesin, itu berarti bahwa bahan bakar yang dicampur dengan minyak tidak terbakar sepenuhnya di ruang bakar.

Jadi apa yang menyebabkan bensin boros? Salah satu faktor mungkin berasal dari karburator Vespa.

Mulai dari ukuran spuyer yang tidak tepat, sehingga pengaturan angin tidak sepenuhnya benar, jarum dan pelampung bermasalah dan sebagainya.

2. Kebanyakan Oli Samping

Jumlah campuran oli samping yang berlebihan juga dapat menyebabkan pembakaran busi menjadi cepat gosong, namun lebih baik kelebihan oli daripada harus kekurangan oli.

Baca Juga :  Cara Memasang Lampu Led di Motor Beat

Masalahnya adalah jika oli lateral sedikit/kurang, atau malah justru tidak menggunakan ali, maka bersiaplah vespa anda akan mengalami ngejim, dan bahkan akan menyebabkan kerusakan pada mesin.

3. Sil/seal Kruk As Bocor

Ini bisa terjadi karena usia poros crankshaft yang telah aus karena faktor usia, oleh karena itu harus cepat diganti.

Namun bisa juga karena disebabkan pemasangan yang salah, Yang akhirnya mengakibatkan oli mesin masuk kedalam ruang pembakaran.

Adapun yang akan dihasilkan dari oli mesin yang memasuki ruang pembakaran adalah, motor anda akan mengeluarkan asap melalui knalpot yang sangat banyak.

Selain itu hal ini juga dapat mengakibatkan busi menajdi tertutup oleh kerak yang disebabkan oleh proses pembakaran yang buruk, sehingga akhirnya menyebabkan mesin vespa menjadi sulit untuk dinyalakan.

4. Pengapian yang Tidak Sempurna

Adapun dampak pengapian yang buruk/tidak sempurna juga dapat mengakibatkan busi Vespa menjadi cepat hangus.

Sebab jika sistem pengapian tidak sempurna, maka secara otomatis bahan bakar yang bekerja di ruang bakar menjadi tidak maksimal.

Cara Merawat Busi dan Mengatasi Busi Yang Bermasalah

Di bawah ini terdapat tips merawat dan membersihkan busi vespa supaya bisa awet.

  • Selalu bersihkan busi Vespa anda dengan secara teratur yang biasanya cenderung basah karena disebabkan oleh bensin atau air, Lakukan pembersihan setiap 2 hngga 3 hari supaya sistem pengapian bisa bekrja dengan baik. Sebab apabila busi selalu dirawat dan dibersihkan akan membuat busi tersebut menjadi lebih awet dan mesin tetap selalu dalam keadaan prima.
  • Kemudian lakukan pembersihan pada pematik api, sebab pada bagian ini sangat terhadap rentan terhadap kotoran yang dihasilkan dari sisah proses pembakaran, lakukan penggosokan dibagian pematik dengan menggunakan amplas halus.
  • Bersihkan koil yang mana komponen yang satu ini juga merupakan bagian yang perlu selalu diperhatikan kebersihannya, Sebab koil ini merupakan penghubung antara koil dan busi, lakukan pembersihan dengan menggunakan sikat kering agar sistem pengapian tetap lancar tanpa hambatan.
  • Memcahkan casing elektroda ialah merupakan salh satu trik apabila busi Vespa Anda mati, langkah selanjutnya dapat anda terapkan kembali busi tersebut.
  • Namun ada yang perlu diingat jika anda sudah memecahkan keramik, mungkin fungsi dari busi tersebut sudah tidak lagi dapat bertahan lama, maka apabila penggunaan busi tersebut dirasa sudah cukup lama dimulai dari waktu anda memecahkannya, segeralah mengganti busi tersebut dengan yang baru.
Baca Juga :  Cara Setel Klep Satria Fu

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkait pembahasan mengenai Busi Vespa, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :