4 Cara Blokir ATM BRI saat Kartu ATM Hilang Atau Tertelan

Mungkin kamu termasuk salah satu orang yang rajin menyimpan kartu ATM didalam dompet baik2, Namun hari sial datang pada kamu saat kamu ke gerai ATM BRI untuk mengambil uang atau ingin transfer yang mana ATM kamu terterlan pada mesin ATM. Tapi kamu jangan terburu2 panik dan cemas,silahkan kamu bisa ikuti 4 Cara Blokir ATM BRI saat Kartu ATM Hilang Atau Tertelan

Berbicara tentang atm yang hilang atau tertelan pastinya membuat kamu panik apalagi kartu atm sangatlah diperlukan untuk mendukung transaksi kamu seperti ingin mangambil uang,bayar tagihan,dan masih banyak lagi.

Nah,bila atm tertelan ada baiknya kamu hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan segera untuk memblokir akses ATM.

Namun sebelum kita membahas tentang ATM yang tertelan ada baiknya jika kamu menyimak tips memakai atm dengan aman.

Tips Menggunakan ATM dengan Aman

  • Simpan ATM kamu di tempat yang aman seperti dompet kartu yang khusu untuk menyimpan kartu2 penting.
  • Gunakan pin yang mudah kamu ingat namun tidak terlalu sederhana.
  • Bawa kartu ATM hanya ketika bepergian saja
  • Gunakan mesin ATM bila lingkungan di sekitar terasa benar-benar aman atau tidak ada orang yang terlihat seperti mencurigakan.
  • Jangan lupa juga untuk selalu mengambil kartu ATM ketika selesai menggunakan mesin ATM.
  • Selalu simpan bukti transaksi untuk melindungi diri dari pemakai kartu tanpa izin.

Nah,Bila kamu sudah cukup merasa menyimpan kartu dengan baik dan aman namun kartu kamu tiba-tiba kartu ATM kamu tertelan.

Baca Juga :  Cara Menghubungi Halo BCA Bebas Pulsa

Maka ada baiknya kamu ikuti penjelasan yang sudah kami siapkan mengenai atm yang tertelan,Simak penjelasannya berikut ini;

1. Cara Mengurus ATM Hilang atau Tertelan

Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan jika ATM kamu benar hilang agar tidak terjadi hal2 yang diinginkan.

  • Segera Hubungi Call Center Customer Bank BRI

Hal pertama-tama yang harus kamu lakukan bila mengetahui ATM BRI kamu hilang atau tertelan maka langkah awal adalah kamu dengan segera menghubungi call center BRI di nomor Call BRI 14017 atau (021)1500 017 untuk segera meminta agar memblokir ATM kamu secepatnya.

Pada saat kamu menghubungi call center makaa pihak call center akan menayakan beberapa pertanyaan seperti, nomor rekening kamu dan memberikan nomor rekening beserta nama yang pemilik ATM yang tertera pada kartu.

Agar proses pemblokiran kartu ATM BRI segera dapat dengan cepat di selesaikan, jawablah pertanyaan-pertanyaan dengan benar.

  • Segera Mengunjungi Customer Service Bank 

Langkah selanjutnya yang kamu harus lakukan adalah kamu bisa dengan segera datang atau mengunjungi kantor Bank BRI yang terdekat di wilayah kamu. Dan custamer service akan membantu untuk melakukan pemblokiran atm.

Sebelum kamu mengunjungi kantor Bank ada baiknya untuk menyiapkan dan membawa dokumen2 yang akan hal yang membantu persyaratan pemblokiran atm dan dokumen yang perlu kamu bawa seperti KTP, Buku Tabungan dan surat keterangan kehilangan dari kepolisian terdekat.

Nah, setelah itu kamu bisa minta bantu kepada custamer service untuk mengantikan kartu AtM yang baru, yang nanti bakal kamu gunakan.

2. Cara Blokir ATM BRI Lewat M Banking BRI.

Semakin maju dan berkembangnya teknologi membuat transaksi berbankan dapat di lakukan hanya dengan menggunakan smartphone yang kamu miliki . Tidak hanya untuk melakukan untuk cek saldo, transfer uang antar bank, pembelian pulsa , atau pembayaran, dengan menggunakan M Banking BRI kamu juga bisa memblokir kartu ATM. Bagaimana caranya, simak penjelasannya berikut di bawah ini.

Baca Juga :  Bokeh Museum Xxnamexx Mean xxii xxiii xxiv Barat 2020 Indonesia

1. Silahkan buka aplikasi M Banking atau BRI Mobile yang terinstal di handphone kamu.
2. Kemudian cari dan klik pada menu Pelayanan Nasabah.
3. Lalu pilih dan klik submenu Enable/Disable Kartu.
4. Selanjutnya kamu di minta PIN M Banking kamu,silahkan masukkan PIN BRI Mobile kamu.
5. Selanjutnya secara otomatis sistem akan mengirim SMS ke nomor handphone yang terdaftar berupa pemberitahuan kartu ATM BRI Anda telah di nonaktifkan.
Jika kamu ingin menggunakannya kembali kartu ATM BRI, kamu bisa mengaktifkannya kembali dengan cara yang sama seperti diatas. Disable kartu ATM bukanlah cara blokir ATM secara sepenuhnya, sehingga kamu masih tetap bisa menggunakan M Banking dan Internet Banking BRI. Untuk mengaktifkan kembali, kamu tidak perlu ke bank.

3. Cara Memblokir ATM BRI Lewat Internet Banking

Cara memblokir kartu ATM BRI dengan mudah lainnya ialah dengan memanfaatkan layanan internet banking. yang kamu pastikan mengaktifkannya terlebih dahulu sehingga kamu bisa menggunakanya. Sebagai berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama kamu dapat Buka browser baik di laptop atau di HP kamu
  2. Lalu Kunjungi situs resmi internet banking BRI.
  3. Setelah itu Ketik pada browser https://ib.bri.co.id.
  4. Tidak lupa juga kamu memasukkan username dan password.
  5. Isi kode validasi di kotak Login.
  6. Setelah masuk di halaman utama.
  7. Kemudian pilih lagi menu Layanan Nasabah.
  8. Pilih menu Disable and Enable Card.
  9. Masukkan kata sandi ATM BRI Anda.
  10. Lalu Tekan OK dan tunggu prosesnya.
  11. Kartu ATM BRI Anda sudah terblokir.
  12. SIlahkan logout dari layanan internet banking.

4. Mengurus Pembuatan ATM Baru

Langkah awal yang harus kamu lakukan jika ingin membuat atm baru adalah mendatangi ke kantor cabang bank terdekat yang telah kamu pilih.

Baca Juga :  Videos Yandex Browser Bokeh Video Museum Full Version

Tanyakan kepada security prosedur pembuatan atm lalu mengikuti intruksi dari security untuk pengambilan nomer antrian dengan tujuan ke customer Service

setelah nomor kamu dipanggil petugas akan mengarahkan ke customer service yang tertera sesuai nomer antrian kamu. Kamu akan ditanyakan permasalah yang akan mereka bisa bantu. lalu kamu menjelaskan apa yang kamu ingnkan yaitu membuat atm baru. kamu juga harus melampirkan bukti identitas yang kamu miliki yang masih berlaku atau terbaru seperi KTP atau SIM serta melampirkan fotocopy buku tabungan.

Customer service biasanya menanyakan seputar permasalahan kepetingan pembuatan atm baru dan biasanya menyakan seputar saldo yang terakhir kamu miliki.

Jika kamu telah menyelesaikan lankah diatas customer service langsung segera memproses pembuatan ATM baru dengan nomer rekening yang sama kamu miliki dengan tidak merubah kata sandi yang lama.

Mintalah print bukti rekening koran agar kamu dapat memasikan tidak ada transaksi pernarikan disaldo rekening kamu

Ada beberapa permasalah yang sering terjadi dalam pengrurusan pembuatan ATM baru diantaranya :

  1. Kartu tertelan dimesin ATM
  2. Kartu tertinggal dimesin ATM setelah transaksi selesai
  3. Kartu ATM patah , terbakar atau rusak
  4. Kartu ATM hilang jatuh atau kecopetan

kesimpulan

Demikianlah Pembahasan kita kali ini mengenai 4 Cara Blokir ATM BRI saat Kartu ATM Hilang Atau Tertelan dan tidak lupa juga kita ingatkan buat kamu agar bisa menghindari kartu ATM tertelan dengan tidak meletakkannya di permukaan yang kasar karena hal tersebut bisa menggores sensor pada kartu.

Semoga bermanfaat.

Baca juga,