Harga Seragam Sekolah Tahun Ajaran Baru 2018

Harga Seragam Sekolah Tahun Ajaran Baru 2018 – hampir semua sekolah memiliki seragam sekolah dan untuk pengertian seragam sekolah itu merupakan seperangkat pakaian standar yang dikenakan di lembaga pendidikan. Seragam sekolah umumnya dikenakan oleh pelajar sekolah dasar dan sekolah menengah di berbagai negara. Penggunaan seragam sekolah ditetapkan berdasarkan aturan berbusana di sekolah atau negara yang bersangkutan.dan untuk  mengenakan seragam sekolah bermula pada abad ke 16.

Praktik ini kemudian diadopsi oleh negara-negara lain dan saat ini umum dijumpai di seluruh dunia. Seragam sekolah berfungsi sebagai sarana untuk mempromosikan kesetaraan sosial di kalangan siswa dan menunjukkan identitas sekolah namun praktik ini juga dikritik karena dianggap mempromosikan bentuk karakteristik keseragaman dalam militer .dan di Indonesia seragam sekolah diwajibkan bagi setiap pelajar.

Seragam sekolah yang dikenakan di setiap jenjang pendidikan adalah sebagai berikut:
Siswa Sekolah Dasar (SD) mengenakan kemeja berwarna putih dan rok/celana berwarna merah
Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengenakan rok/celana pendek berwarna biru laut dan kemeja lengan putih.
Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) mengenakan kemeja lengan pendek berwarna putih dan rok/celana panjang berwarna abu-abu.

Untuk sekolah negeri di Indonesia menghargai kebebasan beragama. Dan siswi yang beragama Islam memiliki pilihan untuk mengenakan atasan lengan panjang rok panjang, dan jilbab sebagai penutup kepala.

Kebanyakan sekolah di Indonesia juga memiliki seragam batik dan biasanya dipakai setiap hari Rabu atau Jumat. Jenis seragam ini umumnya berupa kemeja batik lengan pendek atau panjang, dipadukan dengan celana panjang untuk pria dan rok panjang atau pendek untuk wanita. Motif dan warna batik ditetapkan oleh sekolah yang bersangkutan.

Sebagian sekolah di wilayah perkotaan juga mewajibkan pemakaian dasi bagi para pelajar. Seragam pramuka dikenakan di sebagian besar sekolah di Indonesia setidaknya sekali seminggu.

Seragam ini berupa kemeja lengan panjang atau pendek berwarna coklat muda dan rok atau celana panjang berwarna coklat tua.untuk pelajar sekolah di Indonesia tentu identik sekali dengan seragam dengan beragam corak warna dari berbagai jenjang pendidikan SD hingga SMA.

Corak warna yang berbeda-beda tersebut lantas menjadi identitas tersendiri bagi setiap pelajar sekolah: warna merah-putih untuk jenjang sd dan biru-putih untuk jenjang smp kemudian  abu-putih untuk jenjang sma. Bagi para siswa sekolah penggunaan seragam ini ada yang merasa bahagia dan ada pula yang tidak menyukainya.

Dan seperti yang telah kita ketahui untuk  di beberapa negara lain pelajar tidak diwajibkan mengenakan seragam bahkan tidak ada aturan mengenakan seragam sekolah. Indonesia pun sebenarnya pernah menerapkan pakaian bebas ke sekolah namun itu pada zaman dahulu kala tepatnya pada masa pendudukan kolonial Belanda.untuk penggunaan seragam di Indonesia mulai gencar diterapkan pada masa pendudukan Jepang di tanah air.

Namun belum diberlakukan adanya corak warna untuk setiap jenjang pendidikan. Negara Jepang yang sarat dengan militeristik membawa nilai disiplin yang tinggi bagi masyarakat Indonesia termasuk para pelajar.

Kemudian setelah Indonesia berhasil mendapatkan kemerdekaannya dari para penjajah dan Jepang angkat kaki dari tanar air dan budaya berseragam sekolah ini masih terus diterapkan hingga sekarang.

Karena sudah menjadi kebiasaan untuk  akhirnya pada masa pemerintahan Presiden Soeharto tahun 1982 turunlah Surat Keputusan dan untuk pendidikan dasar dan Menengah yang berisi tentang penggunaan seragam sekolah bagi para siswa tepatnya pada 17 Maret 1982.untuk sk tersebut bukan hanya berisi tentang penyeragaman pakaian sekolah, tetapi juga mengatur corak warna yang berlaku bagi tiap tingkatan sekolah di Indonesia sebagaimana yang dikenakan para pelajar sekolah Indonesia saat ini.

Dahulu aturan penggunaan seragam sekolah ini sesungguhnya juga dibuat untuk menutupi kesenjangan sosial antarsiswa.
Dibawah ini jenis seragam dan harga sebagai berikut:

Harga Seragam Sekolah Tahun Ajaran Baru 2018


Harga Seragam Sekolah Tahun Ajaran Baru 2018

Harga Seragam Sekolah Tahun Ajaran Baru 2018

Harga Seragam Sekolah Tahun Ajaran Baru 2018

Harga Seragam Sekolah Tahun Ajaran Baru 2017
Harga Seragam Sekolah Tahun Ajaran Baru 2018
Itulah ulasan saya mengenai Harga Seragam Sekolah Tahun Ajaran Baru 2018, semoga bermanfaat dan ikuti terus update hari terbaru di blog ini setiap hari, terima kasih... salam pelajar Indonesia


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Harga Indo